Lusaka, Ibukota Zambia - Edutorial

Lusaka, Ibukota Zambia

Posting Komentar
Lusaka adalah ibukota zambia. Selain itu lusaka juga merupakan kota terbesar di zambia. Kota Lusaka berlokasi di bagian timur tengah negara zambia pada ketinggian 1.400 m. pada tahun 2000 penduduk Lusaka sekitar 1.640.000 jiwa.

via wikipedia.org

Lusaka adalah provinsi terkecil di zambia. Lusaka adalah nama kota dan provinsi di Zambia. Kotanya bernama Lusaka, provinsinya juga bernama Provinsi Lusaka. Luas provinsi Lusaka yaitu 22.000 kilometer persegi sedangkan provinsi utara adalah provinsi terbesar dengan luas 77.650 kilometer persegi.


Lusaka didirikan oleh pendatang dari Eropa pada tahun 1905. Pada tahun 1935, Lusaka menjadi ibu kota Rhodesia Utara (sebuah koloni Britania Raya) menggantikan Livingstone. Namun kemudian lusaka menjadi ibu kota Zambia sejak merdeka tahun 1964 hingga kini.


Republik Zambia adalah sebuah negara yang dikelilingi daratan di benua Afrika bagian selatan. Artinya negara Zambia tidak memiliki garis pantai. Zambia berbatasan dengan Republik Demokratik Kongo di sebelah utara; Tanzania di timur laut; Malawi di timur; Mozambik, Zimbabwe, Botswana, dan Namibia di selatan; dan Angola di barat.

Dulunya Zambia bernama Zambezia Utara kemudian menjadi Rhodesia Utara dan akhirnya menjadi Zambia. Nama Zambia diambil dari nama sungai Zambezi.

Bahasa Inggris adalah bahasa resmi Zambia, yang digunakanuntuk urusan resmi, bisnis, dan dalam pengajaran di sekolah-sekolah. Selain bahasa inggris, ada delapan bahasa daerah utama yang digunakan, yaitu : Cibemba, Chinyanja, Lunda, Chitonga, Kaonde, Silozi, Nkoya and Luvale.

Wilayah Zambia dibagi menjadi 9 provinsi, kemudian dibagi lagi menjadi 73 distrik. Berikut adalah kesembilan provinsi yang ada di negara Zambia:
  1. Tengah
  2. Provinsi Copperbelt
  3. Provinsi timur, Zambia
  4. Provinsi Luapula
  5. Provinsi Lusaka
  6. Provinsi utara, Zambia
  7. Provinsi barat laut, Zambia
  8. Provinsi selatan, Zambia
  9. Provinsi barat Zambia

Sumber:


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter