Provinsi Bali Masuk dalam Daerah Waktu Indonesia Tengah

Provinsi Bali masuk dalam daerah Waktu Indonesia Tengah (WITA). Wilayah  Indonesia dibagi menjadi tiga zona waktu yaitu:
  1. Waktu Indonesia Barat (WIB) yang melingkupi pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah (UTC+07:00).
  2. Waktu Indonesia Tengah (WITA) yang melingkupi Sulawesi, Kepulauan Sunda Kecil, serta Kalimantan Utara, Selatan dan Timur (UTC+08:00).
  3. Waktu Indonesia Timur atau WIT yang mencakup Maluku dan Papua (UTC+09:00)
Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:
Pembagian Zona Waktu di Indonesia
Sumber: Wikipedia


Pada gambar di atas wilayah yang masuk zona waktu WIB ditunjukkan oleh warna kuning muda, sedangkan wilayah yang masuk zona waktu WITA ditunjukkan oleh warna hijau muda, dan wilayah yang masuk zona waktu WIT ditunjukkan oleh warna biru muda.

Pembagian zona waktu di atas sudah Berlaku sejak 1 Januari 1988 berdasarkan Keputusan Presiden No. 41 tahun 1987.

Berdasarkan pembagian zona waktu tersebut di atas, provinsi Bali masuk dalam kepualuan sunda kecil. Kepulauan sunda kecil masuk dalam daerah Waktu Indonesia Tengah. Kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara adalah gugusan pulau di sebelah timur Pulau Jawa, dimulai dari Pulau Bali di sebelah barat sehingga Pulau Timor di sebelah timur. Di Indonesia, kepulauan sunda kecil ini meliputi tiga provinsi, yaitu: Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur, sementara pulau Timor bagian timur yang juga masuk kepulauan ini bukanlah bagian dari wilayah negara Indonesia melainkan masuk ke wilayah negara Timor Leste.

Dari pemaparan di atas, dapat kita ketahui bahwa provinsi Bali masuk dalam daerah Waktu Indonesia Tengah (WITA). Jadi bagi kalian yang berasal dari wilayah Indonesia bagian barat jangan heran kalau jika kalian berkunjung ke Bali ternyata waktu di sana punya selisih waktu satu jam dengan jam tangan atau jam di HP kalian. Dan jangan heran pula kalau pas bulan Ramadhan, umat Islam di sana sudah berbuka puasa padahal di jam tangan yang kalian pakai atau jam ponsel kalian masih menunjukkan pukul 17.00 WIB. Ya karena di sana tidak menggunakan WIB tetapi meenggunakan WITA. Meskipun jam WIB kalian menunjukkan pukul 17. 00 tetapi WITA di sana sudah pukul 18.00.

Referensi:

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Provinsi Bali Masuk dalam Daerah Waktu Indonesia Tengah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel