Contoh RPP K13 - Edutorial

Contoh RPP K13

Posting Komentar
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Oleh
Andri Mulyo (NIM: 2022114060)

Satuan Pendidikan                  : MTsS Simbangkulon 1
Tempat Pembelajaran              : Ruang Kelas VII LA 
Mata Pelajaran                        : Bahasa Arab
Kelas/Semester                        :  VII / Semester 2
Materi Pokok                          : بيتي  (Maharah Qiraah)
Alokasi Waktu                        :  3 x 40 menit (1 kali pertemuan)


A.  Kompetensi Inti 
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1    Menyadari pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah
1.2    Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa Arab
1.3    Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1    Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
2.2    Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa
2.3    Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khasanah keislaman
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1    Mengidentifikasi bunyi kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan بيتي
3.2    Memahami lafal bunyi huruf, kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan  بيتي
3.3    Menemukan makna atau gagasan dari kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan
بيتي
4.      Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
4.1     Merespons gagasan yang terdapat pada teks Qiraah tentang بيتي

Indikator:
1.      Mampu menyebutkan/menghafal mufrodat jadiidat yang ada pada teks qiraah حال بيتي جدتي dan artinya.
2.      Mampu membuat kalimat sederhana dari kosakata baru yang ada pada teks qiraah حال بيتي جدتي dan membacakannya.
3.      Mampu menganalisis susunan mubtada+khobar atau khobar muqaddam+mubtada muakhkharyang ada pada teks qiraah حال بيتي جدتي.
4.      Mampu menerjemahkan teks qiraah حال بيتي جدتي.
5.      Mampu membaca teks qiraah حال بيتي جدتي dengan baik dan benar.
6.      Mampu menjawab soal/pertanyaan tentang teks qiraah حال بيتي جدتي.

C.  Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah proses pembelajaran, siswa dapat menyebutkan/menghafal mufrodat jadiidat yang ada pada teks qiraah حال بيتي جدتي dan artinya.
2.      Setelah proses pembelajaran, siswa dapat menganalisis susunan mubtada+khobar atau khobar muqaddam+mubtada muakhkhar yang ada pada suatu teks berbahasa Arab.
3.      Setelah proses pembelajaran, siswa dapat membaca teks qiraah حال بيتي جدتي dengan baik dan benar dan memahami artinya.
4.      Setelah proses pembelajaran, siswa dapat menjawab soal/pertanyaan tentang teks qiraah حال بيتي جدتي.

D.  Materi Pembelajaran
بيتي (Maharah Qiraah) yang meliputi:
1.      Kosakata baru (mufrodat jadidat) tentang teks Qiraah حال بيتي جدتي.
2.      Teks Qiraah حال بيتي جدتي.

E.  Metode pembelajaran
·         Pendekatan     : Saintifik
·         Metode            :
1.      Audiolingual (Aural Oral)/ Sam’iyah Syafawiyah: Metode ini digunakan untuk pembelajaran Mufrodat tentang teks Qiraah حال بيتي جدتي..
2.      Gramatika Terjemah (Qawa’id Wattarjamah): Metode ini digunakan untuk menganalisis susunan mubtada+khobaratau khobar muqaddam+mubtada muakhkhar serta menerjemahkan teks qiraah حال بيتي جدتي.
·         Teknik: Ceramah, Diskusi, Latihan
·         Model: Active Learning

F.   Media, Alat/Bahan dan Sumber Pembelajaran
1.    Media : Papan Tulis
2.    Alat/Bahan: Sepidol, Penghapus
3.    Sumber Pembelajaran :
Andi Darmawan, Bahasa Arab untuk MTs dan yang Sederajat Kelas VII, (Surakarta: Putra Nugraha) hlm. 26-29 (LKS)

G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan (15 Menit)
·      Guru mengucapkan salam.
·      Guru mempersiapkan kondisi kelas untuk pembelajaran
·      Guru melakukan perkenalan terlebih dahulu
·      Guru menanyakan dan mengulas materi yang telah lalu yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari (tentang mubtada+khobardan khobar muqaddam+mubtada muakhkhar).


2.      Kegiatan Inti (65 menit)
  • Siswa mengamati pelafalan kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang dibacakan guru lalu menirukannya. (observing/mengamati).
  • Siswa membuat kalimat dari mufrodat baru tentang حال بيتي جدتي kemudian mempresentasikannya di depan kelas. (communicating/mengomunikasikan).
  • Siswa membaca teks Qiraah tentang حال بيتي جدتي. (experimenting/mencoba).
  • Siswa menganalisis susunan mubtada + khobar dan khobar muqaddam + mubtada muakhkhar yang ada pada teks Qiraah dengan bantuan guru. (associating/menalar atau mengasosiasi).
  • Siswa menerjemahkan teks Qiraah tentang حال بيتي جدتي dengan bantuan guru. (associating/menalar atau mengasosiasi).
  • Siswa menanyakan materi yang belum dipahami. (questioning/menanya).
3.      Penutup (40 menit)
·         Guru meminta siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran yang sudah disampaikan.
·         Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan soal latihan  yang terdapat dalam LKS halaman 28-29.
·         Berdo’a dan mengucapkan salam.
H.  Penilaian
Penilaian hanya pada aspek kognitif.
1.      Teknik evaluasi :  Tes Tertulis
2.      Bentuk evaluasi   :

Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·         Menjawab berbagai pertanyaan tentang keadaan isi / bahan qira'ah  dengan tepat dan benar
Tes Tulis
Menjawab 10 soal pilihan ganda dan 5 soal Uraian.
Soal LKS halaman 28 dan 29.




I.     Pedoman Penskoran

Bentuk Soal
Jumlah Soal
Penskoran
Skor Maksimal
Pilihan Ganda
10
·         Jawaban benar skor 6
·         Jawaban salah atau tidak dijawab skor 0
60
Uraian
5
·         Jawaban benar sempurna skor 8.
·         Jawaban hampir benar skor 6.
·         Jawaban setengah benar skor 4.
·         Jawaban salah skor 2.
·         Tidak dijawab skor 0.
40
Skor Akhir:
100

Pekalongan, 20 Januari 2018



Mengetahui,
Kepala Madrasah



Zufar Fainan, S. H. I
NIP.


Guru Pamong



Agus Salim, S. Ag
   NIP.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter