Pengertian dan Contoh Generalisasi atau Perluasan Makna

Generalisasi adalah pergeseran makna dari lingkup makna yang lebih sempit/khusus menjadi makna dengan lingkup yang lebih luas. Artinya, suatu kata/istilah dulunya mempunyai suatu makna yang khusus tetapi sekarang maknanya lebih luas/umum dalam penggunaannya. Misalnya kata bapak dulunya hanya digunakan untuk menyebut orangtua kandung yang laki-laki, tetapi sekarang kata bapak memiliki makna lelaki dewasa yang kedudukannya lebih tinggi daripada kita dan dalam penggunaannya kata bapak digunakan secara lebih luas tidak hanya digunakan untuk menyebut bapak kandung melainkan  juga bapak guru, bapak lurah, dll. Generalisasi disebut juga dengan perluasan makna. Lawan kata generalisasi adalah spesialisasi atau penyempitan makna.

Perlu diketahui bahwa istilah generalisasi di sini adalah istilah generalisasi dalam bidang semantik. Dalam bidang lain seperti ilmu logika, istilah generalisasi memiliki makna yang lain lagi yang berupa proses penalaran dan pengambilan kesimpulan dengan menyamaratakan. Meskipun logika dan semantik sama-sama mempelajari bahasa, ternyata istilah generalisasi dalam kedua bidang tersebut memiliki makna yang berbeda. Di antara faktor perubahan makna adalah  penggunaan dalam bidang yang berbeda contohnya pada kata generalisasi tersebut.

Berikut adalah contoh-contoh kalimat yang mengandung kata/istilah yang mengalami generalisasi /perluasan makna beserta penjelasannya.

Saudara-saudara, marilah kita tanamkan rasa cinta tanah air di dalam diri kita.
Kata saudara awalnya hanya digunakan untuk menyebut saudara kandung. Namun sekarang seperti dalam contoh kalimat di atas kata saudara mengalami perluasan makna atau generalisasi. Dalam kalimat tersebut kata saudara memiliki makna orang-orang sebangsa dan setanah air. Selain itu kata saudara tentunya juga memiliki makna yang bervariasi seperti saudara seagama, panggilan untuk orang muda dengan bahasa yang halus, dll.

Kapal itu berlayar di lautan luas.
Kata berlayar dulunya hanya digunakan untuk perjalanan menggunakan perahu layar, tetapi sekarang kata berlayar juga digunakan untuk kapal.

Pemain bola bernomor punggung 9 itu sudah sering mencetak gol.
Kata mencetak dulunya hanya digunakan dalam hal penerbitan buku, majalah, dll. Namun sekarang, tetapi sekarang kata mencetak juga digunakan untuk mencetak kapal, mencetak uang, dll.

Andri seorang mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab.
Kata jurusan dulunya hanya digunakan dalam bidang transportasi tetapi sekarang penggunaannya lebih luas; contohnya dalam kalimat tersebut kata jurusan digunakan dalam bidang pendidikan.

Demikianlah pengertian dan contoh perluasan makna atau generalisasi. Meskipun dalam generalisasi atau perluasan makna terjadi perubahan makna ke dalam cakupan yang lebih luas, tetapi perubahan makna tersebut masih berhubungan dan masih dalam lingkup poliseminya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Contoh Generalisasi atau Perluasan Makna"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel