Apa itu Monera dan Protista? Apa Perbedaan antara Monera dan Protista?

Monera? Protista? Apaan tuh? Judul lagu ya? Goyang monera? Jika kamu pernah atau sedang belajar biologi tentunya kamu tidak akan terbersit dengan pertanyaan-pertanyaan aneh tersebut. Monera dan protista adalah nama kingdom dalam klasifikasi makhluk hidup. Artinya dalam biologi, makhluk hidup itu dibedakan menjadi hewan, tumbuhan, jamur, monera dan protista. Kalau hewan, tumbuhan sama jamur pastinya kita sudah tahu dan bisa membedakan. Lalu bagaimana dengan monera dan protista? Apa perbedaan antara monera dan protista? Itulah yang akan kita bahas dalam artikel ini. Oleh karena itu, tetap lanjutkan membaca ya kawan.
protozoa

Monera

Pernahkah kamu mendengar istilah bakteri? Ketika melihat iklan sabun, pembersih dan lain-lain biasanya kita mendengar istilah bakteri. Nah bakteri itulah yang disebut dengan monera. Jadi selain tumbuhan, hewan dan jamur, ternyata ada juga makhluk hidup yang namanya bakteri.


Protista

Ada makhluk hidup mirip hewan tetapi bukan hewan, mirip tumbuhan tetapi bukan tumbuhan, atau mirip jamur tetapi bukan jamur. Jika ada makhluk hidup yang seperti itu, kemungkinan itu adalah protista. Ya itulah protista, bisa dipahami? Contohnya yang mirip tumbuhan yaitu rumput laut. Rumput laut bentuknya mirip tumbuhan bukan? Tapi itu bukan tumbuhan. Rumput laut dikategorikan ke dalam protista mirip tumbuhan. Bagaimana dengan yang mirip hewan? Seperti apa bentuknya bukan hewan tapi mirip hewan? Sayangnya protista mirip hewan ini tidak bisa kita lihat dengan mata telanjang. Kita perlu menggunakan mikroskop untuk melihat makhluk ini.  Sama seperti monera, protista mirip hewan ini adalah makhluk mikroskopis.

Perbedaan antara monera dan protista

Di alinea-alinea sebelumnya kita sudah berkenalan dengan monera dan protista. Sekarang kita perlu tahu apa perbedaan monera dan protista. Perbedaan antara monera dan protista adalah sebagai berikut:
  • Monera hanya berkembang biak secara aseksual sedangkan protista berkembang biak secara seksual maupun aseksual.
  • Monera ukurannya lebih kecil daripada protista.
  • Organel monera lebih sederhana sedangkan organel protista lebih kompleks.
  • Monera tidak mempunyai membran inti sel sedangkan protista mempunyai membran inti sel.
Itulah perbedaan antara monera dan protista. Untuk informasi lebih jelasnya, bisa kalian tanyakan pada guru biologi kalian.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Apa itu Monera dan Protista? Apa Perbedaan antara Monera dan Protista?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel