Prospek Kerja Agronomi - Edutorial

Prospek Kerja Agronomi

Posting Komentar
Jurusan Agronomi menjadi daya Tarik tersendiri bagi orang yang menyukai tanaman dan pertanian. Ada rasa kepuasan dan kenyamanan tersendiri jika mempelajari sesuatu yang kita sukai. Bagi Anda yang penasaran dan tertarik untuk melanjutkan studi di jurusan agronomi mungkin Anda juga berpikir dan mempertimbangkan prospek kerja setelah lulus nanti. Apakah jurusan agronomi mempunyai prospek yang bagus? Ya, agronomi mempunyai prospek yang bagus. Lulusan agronomi bisa bekerja di instansi pemerintah, swasta maupun LSM serta bisa juga berwirausaha di bidang pertanian.

Prospek Kerja Agronomi






Profesi petani ataupun peternak seringkali dipandang sebelah mata. Padahal tanpa adanya petani dan peternak, orang-orang akan kelaparan dan kekurangan gizi. Di zaman modern dengan jumlah penduduk yang semakin meningkat menyebabkan kebutuhan pangan pun juga meningkat. Di butuhkan ahli-ahli di bidang pertanian agar kebutuhan pangan tetap terpenuhi. Intinya kita tidak boleh saling merendahkan, apapun profesinya kita saling membutuhkan. Asalkan halal profesi apapun itu baik.


Prospek Kerja Agronomi




Sekarang kita akan membicarakan prospek kerja agronomi. Sebagaimana uraian di atas, agronomi adalah jurusan yang prospektif. Lulusan-lulusan agronomi dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Berkut adalah beberapa prospek kerja jurusan agronomi.


1.    Petani




Bisa juga dikatakan kalau prospek yang satu ini adalah sebagai wirausahawan. Jika lulusan agronomi mempunyai lahan untuk bercocok tanam, mereka bisa mengelola lahan tersebut untuk bertani. Profesi sebagai petani tentu saja selalu dibutuhkan. Petani bukan hanya merujuk pada petani padi melainkan juga petani buah-buahan, dll. Dengan bekal ilmu yang mereka dapatkan selama kuliah, mereka bisa membangun usaha pertanian yang modern dan dengan keuntungan yang menjanjikan.


2.    Bekerja di perusahaan swasta




Jika lulusan agronomi tidak punya lahan sendiri untuk berwirausaha, mereka bisa bekerja di perusahaan-perusahaan perkebunan skala besar, menengah ataupun kecil. Perusahaan itu membutuhkan orang-orang yang ahli di bidang pertanian seperti para lulusan agronomi. Tidak hanya di perkebunan, bekerja di sektor swasta itu luas sekali. Lulusan agronomi bisa bekerja di perusahaan benih, perusahaan pupuk dan pestisida, dan lain-lain.


3.    Bekerja di instansi pemerintah




Lulusan agronomi bisa bekerja di dinas pertanian, atau yang lainnya.


4.    LSM




Selain  wirausaha, bekerja di sektor pemerintah atau swasta, lulusan agronomi juga bisa bekerja di lembaga swadaya masyarakat sebagai penyuluh atau yang lainnya.


5.    Dosen atau tenaga pendidik




Sebagai orang yang ahli di bidang pertanian, lulusan agronomi bisa mengajar di sekolah-sekolah pertanian atau mengajar di perguruan tinggi. Jika ingin menjadi dosen tentunya perlu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi terlebih dahulu.


6.    Peneliti




Lulusan agronomi juga bisa berprofesi sebagai peneliti di bidang pertanian. Mereka bisa bekerja di lembaga-lembaga penelitian seperti LIPI.









Demikianlah beberapa prospek kerja agronomi. Intinya peluang kerja lulusan agronomi sangat terbuka lebar. Jangan dilupakan kalau negara kita Indonesia adalah negara agraris. Tentunya kita perlu memajukan pertanian di Indonesia. Semangat!!!!


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter