Prospek Kerja Jurusan Manajemen - Edutorial

Prospek Kerja Jurusan Manajemen

Posting Komentar
Jurusan manajemen merupakan salah satu jurusan yang paling dicari karena prospeknya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pencarian di google dengan kata kunci “prospek kerja manajemen”. Lalu bagaimana sebenarnya prospek kerja jurusan manajemen?  Apakah jurusan manajemen mempunyai prospek yang menjanjikan? Tentu saja jurusan manajemen adalah jurusan yang prospektif.

Prospek Kerja Jurusan Manajemen







Prospek kerja utama jurusan manajemen adalah manajer. Sesuai namanya manajemen itu berasal dari kata manage. Orang yang memanage disebut manager (manajer). Artinya jurusan manajemen pada dasarnya untuk mencetak calon-calon manajer yang handal. Namun, tidak hanya terbatas pada manajer saja. Selain menjadi manajer, lulusan jurusan manajemen bisa menjadi konsultan, peneliti, analis atau pengamat, manajemen trainee, dll. Selain itu tidak menutup kemungkinan juga bisa bekerja menjadi akuntan, bekerja di bidang pendidikan sebagai guru atau dosen, bekerja di bidang agribisnis, dll. Namun untuk bekerja menjadi guru, akuntan dan profesi-profesi lain yang bukan bidangnya memerlukan kriteria khusus. Untuk menjadi guru misalnya harus menempuh pendidikan tambahan. Untuk menjadi akuntan juga harus ahli di bidang akuntan. Tentu saja lulusan jurusan akuntansi lebih diprioritaskan.





Jurusan manajemen yang dimaksud di sini adalah jurusan manajemen dalam bidang ekonomi. Tentunya fokus pada bidangnya. Prospek kerjanya seperti: manajer pemasaran, manajer keuangan, manajemen operasi, dll. Sedangkan manajemen-manajemen lain seperti manajemen pendidikan, agribisnis, dll itu adalah jurusan tersendiri sehingga sebenarnya biarlah lulusan-lulusan dari jurusan tersebut yang diprioritaskan untuk bekerja di bidangnya. Kecuali kalau mau menjadi  pengusaha, jurusan apapun boleh. Bukan berarti saya melarang jurusan manajemen bekerja di bidang-bidang lain yang masih berhubungan dengan manajemen dan ekonomi, hanya saja menganjurkan agar orang-orang dari jurusan terkaitlah yang lebih diutamakan.


Beberapa Prospek Kerja Jurusan Manajemen




Berikut adalah beberapa prospek kerja untuk jurusan manajemen.


1.    Manajer




Menjadi manajer memang spesialisasi dari jurusan manajemen. Pekerjaan inilah yang paling cocok untuk lulusan jurusan manajemen. Menjadi manajer sebenarnya masih difokuskan lagi di bagian apa. Anda bisa mengambil konsentrasi khusus dari bidang-bidang manajemen berikut.




-    Manajer di bidang pemasaran




-    Manajer di bidang SDM




-    Manajer di bidang finansial




-    Manajer operasional




-    Dll


2.    Manajemen Trainee




Manajemen trainee adalah sebuah program pelatihan bagi para lulusan baru untuk ditempatkan pada posisi manajerial. Manajemen trainee biasanya terbuka bagi semua jurusan untuk melamar menjadi peserta manajemen trainee. Namun untuk lulusan jurusan manajemen, mereka bisa mendapatkan posisi menjadi tim elit yakni sebagai pelatihnya para peserta pelatihan manajemen trainee. Pekerjaan ini terlihat lebih tinggi daripada menjadi manajer. Tentu saja, karena ini pelatihnya para calon manajer. Sebagai pelatih tentunya harus lebih tahu dan lebih bisa daripada orang yang sedang dilatih. Untuk menjadi staf ahli manajemen trainee tentunya jauh lebih sulit daripada menjadi manajer. Anda perlu punya pengalaman organisasi yang mumpuni, nilai IPK yang tinggi, kemampuan bahasa inggris yang baik dan tentunya kemampuan manajemen yang handal.


3.    Konsultan




Prospek kerja lain dari jurusan manajemen adalah menjadi konsultan manajemen. Menjadi konsultan bukanlah sesuatu yang mudah. Tentunya Anda harus ahli dalam bidang manajemen, pintar menganalisa, mampu memecahkan masalah, mampu menjawab pertanyaan sehingga tidak salah jika perusahaan berkonsultasi dengan Anda.


4.    Menjadi guru ekonomi




Sebenarnya menjadi guru adalah spesialisasi bagi mereka yang menempuh pendidikan di fakultas pendidikan. Menjadi guru ekonomi tentunya adalah pekerjaan bagi lulusan jurusan pendidikan ekonomi. Meskipun Anda banyak belajar tentang ekonomi di jurusan manajemen. Namun Anda tidak diajarkan mengenai metode pengajaran, telaah kurikulum, trategi belajar mengajar, psikologi pendidikan, dll. Namun Anda bisa menjadi guru ekonomi dengan menempuh pelatihan tambahan.


5.    Peneliti/Pengamat/Praktisi




Ekonomi merpakan suatu disiplin ilmu. Tentunya kajian-kajian tentang ekonomi khususnya bidang manajemen perlu terus dilakukan. Sumbangan pemikiran dari hasil penelitian bisa menjadi pertimbaangan perusahaan dan pemerintah dalam membuat kebijakan.






Itulah beberapa prospek kerja jurusan manajemen. Ingat! Yang disebutkan di artikel ini hanyalah beberapa prospek kerja manajemen, masih ada prospek kerja lain jurusan manajemen. Jurusan manajemen adalah jurusan yang memiliki prospek kerja yang menjanjikan karena banyak dibutuhkan perusahaan dan gajinya pun besar. Oleh karena itu persaingan untuk menempuh pendidikan di jurusan manajemen pun ketat karena peminatnya banyak dan termasuk jurusan favorit. Demikianlah informasi yang bisa Admin berikan.






Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter