Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA)

Tampaknya dulu Pendidikan bahasa Arab di Indonesia kurang diminati oleh sejumlah kalangan. Pendidikan bahasa Arab hanya tampak ramai dan diminati oleh kalangan santri. Namun seiring berjalannya waktu, kini pendidikan bahasa Arab mulai menunjukkan kemajuan. Pendidikan bahasa Arab kian hari kian diminati. Hal ini karena bahasa Arab bukan lagi hanya sebagai bahasa agama melainkan kini bahasa Arab juga merupakan bahasa Internasional dan bahasa ilmiah. Selain itu, kosa kata- kosa kata bahasa Arab seperti akhiyukhtiysyukron dan lain-lain juga sering dipergunakan dalam pergaulan sehari-hari terutama di dunia maya, lagu berbahasa Arab seperti Kun Anta dan Deen Assalam juga diminati oleh anak muda. Tak ketinggalan pula film-film yang menampilkan adegan percakapan berbahasa Arab turut mempopulerkan bahasa ini.

Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA)







Apakah Anda menyukai bahasa Arab dan berpikiran untuk kuliah di jurusan pendidikan bahasa Arab? Tak perlu ragu, yakinlah bahwa pendidikan bahasa Arab adalah pilihan yang tepat jika memang Anda berminat. Untuk urusan prospek kerja, pendidikan bahasa Arab memiliki peluang kerja yang menjanjikan. Bukan hanya guru, inilah 6 prospek kerja bagi lulusan Pendidikan Bahasa Arab:


1.     Guru




Jurusan Pendidikan Bahasa Arab pada dasarnya didesain untuk menghasilkan pengajar profesional di bidang bahasa Arab. Untuk itu prospek utama jurusan ini adalah menjadi guru atau pengajar bahasa Arab di MTs/SMP, SMA/MA, pondok pesantren ataupun lembaga-lembaga pelatihan bahasa Arab. Jumlah madrasah yang ada di Indonesia ini cukup banyak sekali di serta ada juga SMA/SMK yang membuka mata pelajaran bahasa Arab. Namun banyak di antara guru pengajar bahasa Arab itu yang tidak memiliki latar belakang pendidikan bahasa Arab. Banyak jabatan sebagai guru bahasa Arab diduduki oleh lulusan PAI. Untuk itu, sebenarnya lapangan pekerjaan sebagai pengajar bahasa Arab ini sangatlah luas karena seharusnya mata pelajaran bahasa Arab diampu oleh para ahlinya yakni lulusan-lulusan Pendidikan Bahasa Arab.


2.     Penerjemah




Pernahkah Anda membaca buku “La Tahzan”? Buku best seller yang laris manis selama bertahun-tahun itu adalah buku terjemahan dari buku aslinya yang berbahasa Arab. Coba bayangkan jika Anda berhasil menerjemahkan buku berbahasa Arab dan kemudian menjadi best seller di Indonesia atau sebaliknya Anda menerjemahkan buku berbahasa Indonesia ke bahasa Arab dan buku itu laris manis di timur tengah sana. Berapa pundi-pundi yang akan Anda dapat? Cukup menggiurkan bukan? Selain itu kegiatan menerjemahkan dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia atau sebaliknya adalah pekerjaan yang sangat bermanfaat untuk mentransfer ilmu. Banyak sekali kitab-kitab klasik ataupun modern berbahasa Arab yang mengandung keilmuan yang luas yang menarik untuk diterjemahkan.


3.     Peneliti




Banyak hal yang menarik dari bahasa Arab untuk diteliti baik itu mengenai linguistik, pendidikan atau dari segi budaya. Dengan dilakukannya penelitian, akan dihasilkan karya-karya akademik yang berguna demi kemajuan pendidikan bahasa Arab di Indonesia. Bagi Anda yang suka meneliti, ini akan menjadi pekerjaan yang menantang dan prospeknya pun luas.


4.     Penulis




Jika Anda suka menulis dan karya-karya Anda sangat nikmat untuk dibaca. Akan menjadi nilai plus jika Anda bisa berbahasa Arab. Anda bisa menghasilkan tulisan-tulisan berbahasa Arab yang tentunya royalti yang dihasilkan mungkin lebih baik daripada menulis berbahasa Indonesia. Dan bagi yang belum mempunyai kemampuan menulis buku dengan bahasa Arab yang baik. Anda masih bisa menulis buku-buku tentang bahasa Arab seperti kamus bergambar, kamus istilah sains bahasa Arab, kamus istilah linguistik bahasa Arab, buku ajar bahasa Arab untuk sekolah, dan lain-lain.


5.     Bekerja di Instansi Pemerintah




Tidak semua orang yang bekerja di KBRI di negara-negara Arab sana bisa bahasa Arab. Tentunya ini menjadi kesempatan bagi lulusan bahasa Arab baik Pendidikan Bahasa Arab maupun Bahasa dan Sastra Arab untuk bekerja di sana. Sudah pasti di sana lebih membutuhkan orang-orang yang bisa berbahasa Arab daripada yang tidak. Selain itu, untuk di dalam negeri Anda bisa bekerja di kementerian agama atau yang lainnya yang berhubungan dengan bahasa Arab.


6.     Mendirikan Lembaga Kursus Bahasa Arab



Selain menjadi guru di madrasah atau sekolah, Anda juga bisa membuka sendiri lembaga kursus bahasa Arab, mendirikan kampung bahasa, atau membuka kursus bahasa Arab online. Dengan mendirikan lembaga kursus ini, Anda juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel