Prospek Kerja Kesehatan Lingkungan

Minggu, 17 Februari 2019
Apakah prodi kesehataan lingkungan mempunyai prospek kerja yang bagus? Ya, tentu saja prodi kesehatan lingkungan mempunyai prospek kerja yang bagus. Lulusan prodi kesehatan lingkungan bisa bekerja di instansi pemerintah maupun swasta. Ahli kesehatan lingkungan sangat di butuhkan terutama di zaman sekarang ini. Sekarang banyak sekali kerusakan yang terjadi di lingkungan seperti pencemaran sungai, polusi udara, sampah plastik yang menggunung, dan lain-lain. Ahli kesehatan lingkungan dituntut untuk mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan dan turut serta dalam menangani berbagai persoalan tentang lingkungan. Lingkungan yang sehat tentunya menjadi impian banyak orang meskipun pada prakteknya sulit dilakukan.


Prospek Kerja Kesehatan Lingkungan

Prospek Kerja Kesehatan Lingkungan




Jika Anda menyukai hal-hal tentang lingkungan hidup dan kesehatan, Anda bisa mempertimbangkan untuk menempuh studi di prodi kesehatan lingkungan. Setelah lulus Anda bisa bekerja di instansi pemerintah yang berhubungan dengan kesehatan ataupun lingkungan seperti dinas kesehatan dan kementerian lingkungan hidup. Anda juga bisa bekerja di perusahaan swasta yang membutuhkan tenaga atau ahli kesehatan lingkungan.




Berikut adalah beberapa prospek kerja kesehatan lingkungan.


1.    Dinas Kesehatan




Prospek yang satu ini sangat luas. Anda bisa bekerja di dinas kesehatan lingkungan tingkat kota/kabupaten ataupun tingkat provinsi yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Jumlah kota dan kabupaten di Indonesia sangat banyak,dan tentunya membuat prospek kerja di dinas kesehatan menjadi luas dan terbuka lebar.


2.    Puskesmas




Yang bekerja di puskesmas tidak hanya dokter, bidan dan apoteker saja. Tenaga kesehatan lingkungan pun juga bisa dibutuhkan untuk menangani berbagai masalah kesehatan lingkungan seperti mensosialisasikan program lingkungan sehat dan sejenisnya. Dan biasanya tiap kecamatan mempunyai puskesmas, sehingga jumlah puskesmas sangat banyak dan prospek kerja di dalamnya luas.


3.    Dosen




Saat belajar di prodi kesehatan lingkungan siapa yang mengajar? Dosen kan? Tentunya dosen yang ahli di bidang kesehatan lingkungan. Anda bisa menjadi dosen tetapi harus menempuh pendidikan yang lebih tinggi.


4.    Rumah sakit, Badan Pemeriksa Daerah




Sama seperti puskesmas jumlah rumah sakit juga banyak. Meskipun tidak terdapat di setiap kecamatan, tetapi jumlah rumah sakit juga banyak karena bukan hanya terdapat rumah sakit milik pemerintah tetapi juga rumah sakit swasta. Anda bisa bekerja di posisi yang berhunbungan dengan kesehatan lingkungan.


5.    Kementerian Lingkungan Hidup




Selain di dinas kesehatan lulusan kesehatan lingkungan juga bisa bekerja di kementerian lingkungan hidup karena bidangnya berkaitan dengan lingkungan.


6.    Konsultan




Lulusan kesehatan lingkungan juga bisa bekerja menjadi konsultan seperti konsultan air bersih dan sanitasi, konsultan lingkungan, dan konsultan persampahan.


7.    Bekerja di perusahaan swasta




Perusahaan yang baik tentunya perusahaan yang ramah lingkungan. Perusahaan yang ramah lingkungan tidak asal membuang limbah ke sungai ataupun ke laut. Dengan begitu tenaga kesehatan lingkungan pun dibutuhkan.


8.    Lembaga Swadaya Masyarakat




Selain bekerja di instansi pemerintah atau perusahaan swasta, lulusan kesehatan lingkungan juga bisa bekerja di lembaga swadaya masyarakat yang terkait.


9.    Peneliti




Penelitian-penelitian tentang kesehatan lingkungan juga perlu terus dilakukan. Lulusan kesehatan lingkungan bisa bekerja di LIPI atau lembaga penelitian lain.


10.    Organisasi Kesehatan Internasional




Lulusan kesehatan lingkungan juga bisa saja bekerja di organisasi internasional seperti WHO.











Itulah beberapa prospek kerja kesehatan lingkungan yang ternyata sangat menjanjikan terlepas dari masalah gaji. Intinya prospek kerja kesehatan lingkungan sangat luas. Namun untuk urusan gaji saya kurang tahu dan tentunya itu tergantung pada di mana tempat kamu bekerja.


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar