Prospek Kerja Teknik Industri

Sebelum membicarakan prospek kerja teknik industri, kita bicarakan dulu apa dan bagaimana jurusan teknik industri itu? Apa yang membedakan teknik industri dengan jurusan teknik yang lain? Sesuai namanya teknik industri mempelajari tentang teknik. Namun selain mempelajari teknik, jurusan teknik industri juga banyak mempelajari tentang manajemen. Itulah kenapa teknik industri dikatakan sebagai gabungan teknik dan manajemen.

prospek kerja teknik industri

Untuk urusan teknik, apa yang membedakannya dengan jurusan teknik yang lain? Apa focus kajian teknik industri? Teknik industri mempelajari beragam teknik yang sebenarnya dipelajari pada jurusan yang spesifik. Misalnya teknik industri mempelajari tentang mesin yang sebenarnya bidang teknik mesin, belajar tentang rangkaian elektronik yang sebenarnya bidang jurusan teknik elektro, mempelajari pemrograman dan basis data yang sebenarnya bidang jurusan teknik informatika. Hampir semua bidang teknik dipelajari dalam teknik industri. Namun teknik industri juga punya focus kajian di bidangnya. Yang dipelajari di teknik industri lebih focus pada sistem, ide-ide, metode dan strategi yang bisa mengintegrasikan seluruh elemen dalam industri. Mungkin bisa di bilang focus kajiannya adalah manajemen di bidang teknik perindustrian. Elemen-elemen perindustrian seperti sumber daya manusia, modal, mesin, bahan baku, data, dan lain-lain diintegrasikan oleh teknik industri agar semuanya berjalan optimal. Jadi memang tidak bisa dilihat secara konkret hasil dari pekerjaan teknik industri karena tidak berupa benda tetapi bisa dirasakan secara abstrak hasil kerja dari teknik industri karena tanpa adanya pengaturan dan pengintegrasian sebuah industri tidak bisa berjalan dengan baik bahkan kacau.

Bedasarkan uraian di atas, sudah pahamkah Anda mengenai teknik industri? Saya harap sudah paham. Sekarang mari kita bahas prospek kerja jurusan teknik industri.

Beberapa Prospek Kerja Teknik Industri

Saat memilih jurusan, hal yang dijadikan pertimbangan adalah minat. Selain minat, prospek kerja juga banyak dijadikan pertimbangan. Jika Anda berminat menempuh studi di jurusan teknik industri, apakah setelah lulus nanti memiliki prospek kerja yang menjanjikan? Tentu saja, lulusan teknik industri memiliki peluang kerja yang menjanjikan karena lapangan kerjanya lebih luas daripada jurusan teknik yang lain. Hal itu karena dalam teknik industri dipelajari berbagai bidang teknik yang sebenarnya dipelajari jurusan teknik yang lain. Gajinya juga besar dan dibutuhkan banyak perusahaan.

Berikut adalah beberapa prospek kerja lulusan teknik indutri.

1.    Divisi Produksi

Lulusan teknik industri dipercaya oleh perusahaan untuk menangani berbagai persoalan terkait dengan produksi. Persoalan tersebut meliputi perencanaan, menganalisis proses produksi, penjaminan mutu, dll.

2.    Bidang Sistem Informasi

Bidang ini sebenarnya bidangnya teknik informatika. Namun ada posisi yang bisa diduduki oleh lulusan teknik industri yakni sebagai staf.

3.    Bidang pemasaran

Maksudnya bukan jadi sales door to door atau semacamnya ya. Tentunya posisi dalam bidang pemasaran yang bisa ditempati lulusan teknik industri adalah posisi yang lebih berkelas seperti market research, dll.

4.    Bidang logistic

Bidang logistic juga bisa dimasuki lulusan teknik informatika karena mereka juga ahli dalam perencanaan dan pengelolaan.

5.    Bidang manajemen sumber daya manusia

Masih ingatkah Anda dengan pembahasan paragraph kedua di atas? Teknik industri mengintegrasikan berbagai elemen dalam industri. Elemen utama dalam system terintegrasi ini adalah elemen manusia. Tentu saja untuk pengelolaan SDM sudah menjadi bidang lulusan teknik industri. Manajemen SDM meliputi manajemen personalia, recruitment, penggajian, dll.

6.    Konsultan

Daya analis, keterampilan mengintegrasikan yang dimiliki lulusan teknik industri ini bisa membuat mereka cocok bekerja di bidang konsultan.

7.    Manajer

Jurusan teknik industri banyak mempelajari tentang manajemen sehingga para lulusannya pun cocok menjadi manajer. Tentunya menjadi manajer di bidang yang sesuai seperti manajer proyek dan engineering manajer.

Itulah beberapa prospek kerja bagi lulusan teknik industri. Prospek kerja teknik industri sebenarnya bukan itu saja lho? Masih banyak posisi lain yang bisa dimasuki lulusan teknik industri. Demikianlah postingan tentang prospek kerja teknik industri yang disarikan dari berbagai sumber termasuk website usm.itb.ac.id.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Prospek Kerja Teknik Industri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel