Prospek Kerja Teknik Metalurgi

Minggu, 17 Februari 2019
Bagi Anda yang baru mendengar atau melihat istilah metalurgi, bisakah Anda menebak teknik metalurgi itu mempelajari tentang apa? Ya kalau dilihat dari namanya istilah metalurgi ada unsur kata metalnya. Metal dalam bahasa Inggris artinya logam, dengan begitu dapat ditebak kalau teknik metalurgi berhubungan dengan logam. Teknik metalurgi mempelajari tentang ekstraksi logam tetapi sekarang juga mempelajari produksi logam. Intinya teknik metalurgi mempelajari tentang logam seperti pengolahan logam dan mineral lainnya, mempelajari sifat-sifat kimia logam, ekstraksi logam, dan lain-lain.

Prospek Kerja Teknik Metalurgi

Jurusan ini jurusan yang langka di Indonesia. Maksudnya bukan langka peminatnya ya guys, tetapi langka karena hanya ada beberapa kampus yang membuka jurusan ini. Hal itu menyebabkan tidak mudahnya masuk dan lolos untuk belajar di jurusan ini karena harus bersaing dengan orang banyak sedangkan kuotanya terbatas. Untuk urusan prospek kerja, jurusan teknik metalurgi mempunyai prospek kerja yang menjanjikan. Di tambah faktor sedikitnya perguruan tinggi yang membuka jurusan ini membuat kesempatan kerja bagi lulusan teknik metalurgi semakin terbuka lebar karena sedikitnya persaingan.


Prospek Kerja Teknik Metalurgi




Lulusan teknik metalurgi bisa bekerja di perusahaan pemerintah ataupun swasta dari berbagai bidang seperti pertambangan, industri, kesehatan, otomotif, pendidikan,kelistrikan, dll. Tentunya dengan posisi yang sesuai dengan kompetensi yang dimiliki.




Berikut adalah beberapa prospek kerja teknik metalurgi


1.    Industri ekstraksi dan peleburan logam




Pekerjaan di sektor ini sangat cocok bagi lulusan teknik metalurgi. Logam adalah hasil tambang yang pada awalnya didapatkan dalam bentuk mentah. Tentunya barang mentah itu harus diolah agar menjadi barang setengah jadi ataupun barang jadi. Untuk urusan olah mengolah logam, lulusan teknik metalurgi jagonya.


2.    Pertambangan




Bukan hanya lulusan perminyakan saja yang bisa bekerja di industri pertambangan. Lulusan teknik metalurgi pun bisa bekerja di industri pertambangan yang ada bagian pengolahan bijihnya, dan bagian lainnya yang menjadi keahlian dan kompetensi lulusan teknik metalurgi.


3.    Industri baja dan industri logam non baja




Tentu saja pekerjaan ini cocok bagi lulusan teknik metalurgi karena berhubungan dengan pengolahan logam.


4.    Manufaktur




Industri manufaktur yang ada kaitannya dengan logam juga merupakan prospek kerja bagi lulusan teknik metalurgi termasuk di dalamnya yaitu industri otomotif, produksi mesin, dll.


5.    Industri migas




Apakah lulusan teknik metalurgi bisa bekerja di sektor migas? Sebenarnya sektor migas adalah bidang bagi lulusan teknik perminyakan atau jurusan lain yang sesuai. Namun dalam industri perminyakan tentunya tidak lepas dari berbagai peralatan dan mesin yang terbuat dari logam seperti pipa, tabung, dan lain-lain. Lulusan teknik metalurgi bisa bekerja di bagian teknisi, inspektur dan lain-lain.


6.    Pemasaran bahan logam




Sebenarnya urusan perdagangan dan marketing bukan bidang lulusan teknik metalurgi. Namun untuk pemasaran logam atau benda-benda logam tidak menutup kemungkinan bisa diisi oleh lulusan teknik metalurgi yang lebih tahu tentang logam.


7.    Peneliti




Tantangan terberat bidang metalurgi adalah menemukan material baru sebagai sumber energi baru. Tentunya perlu dilakukan banyak penelitian untuk menemukan sumber energi baru. Profesi sebagai peneliti juga merupakan prospek kerja teknik metalurgi.


8.    Dosen atau tenaga pengajar




Ahli metalurgi bisa mengajarkan ilmunya dengan menjadi guru di SMK atau dosen di perguruan tinggi. Namun untuk menjadi tenaga pengajar perlu mengikuti pendidikan tentang pengajaran.


9.    Kesehatan




Apa hubungannya logam dengan kesehatan? Di zaman modern ini transplantasi logam ke tubuh manusia bukanlah hal aneh. Tentunya dibutuhkan ahli logam untuk melakukan ini.


10.    Konsultan




Jika memang Anda adalah ahli logam dan pandai menganalisis serta memecahkan masalah, Anda bisa bekerja sebagai konsultan tentang logam.









Demikianlah beberapa prospek kerja teknik metalurgi yang admin paparkan. Ternyata sangat menjanjikan sekali ya prospek kerjanya! Jadi gimana? Apakah Anda akan menempuh studi di jurusan teknik metalurgi?


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar