Simbiosis Komensalisme: Tanaman Tanduk Rusa Menempel pada Pohon-pohonSebagai Tempat Hidupnya

Sabtu, 20 April 2019
Pernahkah kamu melihat tanaman tanduk rusa? Jika belum coba lihat gambar di bawah ini!
paku tanduk rusa
sumber gambar: wikipedia

Itu adalah gambar tanaman tanduk rusa. Disebut tanduk rusa karen penampilannya memang mirip tanduk rusa. Kalau dilihat-lihat tanaman tanduk rusa itu hidup dengan menumpang di pohon lain. Jangan-jangan tanaman itu merupakan parasit yang merugikan inangnya? Eits!!! Jangan berburuk sangka dulu sama tanaman tanduk rusa! Tanaman tanduk rusa bukanlah parasit karena tanaman ini menumpang di pohon lain tanpa merugikan pohon yang ditumpanginya. Lhoh gimana ceritanya kok bisa begitu? Berikut adalah penjelasannya.


Apakah kamu tahu apa itu simbiosis komensalisme? Simbiosis komensalisme itu suatu interaksi antara dua makhluk hidup yang mana satu pihak diuntungkan sedangkan pihak yang lain tidak untung dan tidak rugi. Nah interaksi antara tanaman tanduk rusa dan pohon-pohon yang dijadikannnya sebagai tempat hidup itu adalah simbiosis komensalisme. Tanaman tanduk rusa hanya menempel pada pohon tersebut tanpa mengambil makanan yang dibutuhkan pohon itu. Lalu dari mana tanaman tanduk rusa mendapatkan makanan?

Tanaman tanduk rusa mempunyai akar lunak yang bergerombol dan menempel pada pohon atau bebatuan. Tanaman tanduk rusa juga memiliki dua tipe ental. Tanaman tanduk rusa termasuk tumbuhan paku jadi memiliki ental. Ental adalah daun khas yang ada pada tumbuhan paku. Dua tipe ental pada tumbuhan paku yaitu tipe steril yang menutupi rimpang dan tipe fertil yang menjuntai. Sisa-sisa daun tanaman inang bisa ditangkap dan terperangkap di dalam ental steril dan menjadi humus. Dengan begitu ental tipe steril melindungi akar dan membuat unsur-unsur hara dari sisa-sisa daun tadi. Seperti yang Anda lihat pada gambar paku tanduk rusa di atas, terdapat daun coklat yang menelungkup dan menempel pada pohon dan itulah yang disebut ental tipe steril. Sedangkan daun yang menjuntai seperti tanduk rusa adalah ental tipe fertil.

Paku tanduk rusa merupakan tumbuhan epifit. Air diperoleh tumbuhan epifit dari hujan, embun, atau uap air.

Jadi tanaman tanduk rusa yang menempel pada pohon-pohon sebagai tempat hidupnya disebut simbiosis komensalisme. Tanaman tanduk rusa tidaklah mencuri zat-zat yang dibutuhkan tanaman inangnya. Namun, jika tanaman tanduk rusanya terlalu banyak atau lebat itu bisa menutupi tanaman inangnya dan mengganggu tanaman inangnya memperoleh sinar matahari. Demikianlah penjelasannya.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar