Mengapa Manusia Harus Melakukan Kerjasama Dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya? - Edutorial

Mengapa Manusia Harus Melakukan Kerjasama Dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya?

Posting Komentar
Manusia adalah makhluk sosial yang mana tidak bisa hidup tanpa orang lain. Sebagai makhluk sosial setiap manusia yang satu dengan yang lain saling membutuhkan dan melakukan hubungan timbal balik demi memenuhi kehidupan hidupnya.


mengapa manusia harus melakukan kerjasama dalam memenuhi kebutuhan hidupnya
sumber gambar: pixabay.com
Sejak lahir kita sudah membutuhkan orang lain, sampai sekarang bahkan setelah mati pun kita masih membutuhkan orang lain. Dalam proses kelahiran kita, ibu kita membutuhkan bidan atau dokter untuk membantu persalinan. Setelah kita lahir kita membutuhkan pakain, tempat tinggal, dan lain sebagainya yang mana untuk memenuhinya kita membutuhkan orang lain. Setelah mati kita membutuhkan orang lain untuk mengurus jenazah kita, memandikan, mengkafani, menyolatkan, menguburkan, dan mondoakan kita.


Di masa sekarang kita tidak lepas dari hubungan timbal balik dengan orang lain. Untuk makan saja kita membutuhkan banyak orang seperti: kita butuh kompor untuk memasak maka kita butuh tukang kompor, kita makan nasi kita butuh petani serta pedagang beras, untuk menggoreng masakan kita membutuhkan penjual minyak goreng. Untuk membeli makanan yang letaknya jauh kita membutuhkan kendaraan serta bensin dan juga infrastruktur seperti jalan raya. Untuk makan sepiring nasi beserta lauk pauknya kita sudah membutuhkan banyak orang. Belum lagi untuk kebutuhan lainnya.

Dari pemaparan di atas, sudah jelas kalau kita sebagai manusia membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidup. maka penting untuk kita melakukan kerjasama dengan orang lain. Jadi, mengapa manusia harus melakukan kerjasama dalam memenuhi kehidupan hidupnya? Jawabannya karena manusia adalah orang yang membutuhkan satu sama lain, manusia tidak bisa hidup tanpa kerjasama dengan orang lain.

Kerjasama tidak lepas dari kehidupan sehari-hari. Kita membeli buku itu adalah suatu bentuk kerjasama antara kita dengan penjual buku. Maka kita harus saling menghormati orang lain dan jangan pernah menghina orang lain karena pada dasarnya kita saling membutuhkan.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter