34 Nama Provinsi di Indonesia dan Ibu Kotanya Lengkap

Negara kita Indonesia mempunyai 34 ibu kota provinsi yang tersebar di seluruh tanah air. Meskipun kita menggunakan istilah ibu kota, sebenarnya tidak semua ibu kota provinsi di Indonesia berupa kota. Contohnya ibu kota negara kita, Jakarta yang merupakan kota sekaligus provinsi. Contoh lainnya yaitu di Sulawesi Barat dan Papua Barat yang ibu kotanya tidak berupa kota melainkan kabupaten. Kemudian ada Provinsi Kalimantan Utara yang ibu kotanya berupa kecamatan. Lalu ada Maluku Utara yang ibu kotanya berupa kelurahan.

Sejak Indonesia berdiri, sudah pernah terjadi pemindahan ibu kota negara beberapa kali, selain itu di Maluku Utara juga pernah terjadi perpindahan ibu kota dari Ternate ke Sofifi pada tahun 2010. Pemindahan tersebut dilakukan karena berdasarkan dasar hukum Maluku Utara, UU Nomor 46 Tahun 1999, ibu kota Maluku Utara ialah Sofifi. Namun, disebabkan infrastrukur Sofifi yang terbatas, Ternate dijadikan ibu kota sementara. Provinsi Kalimantan Barat juga telah berencana memindahkan ibu kota dari Pontianak dengan melakukan studi kelayakan. Kemudian, pernah juga terjadi upaya pemindahan ibu kota Maluku dari Ambon ke Makariki tetapi tidak terwujud. Dan kini kabarnya Ibu kota negara kita akan dipindahkan dari Jakarta ke Palangkaraya, tampaknya kabar ini bukanlah isu belaka karena pemerintah benar-benar serius ingin memindahkan ibu kota dan ini sudah direncanakan sejak lama hanya saja baru akan terealisasi dalam waktu dekat.

kota jakarta indonesia
via pixabay.com
Berdasarkan pemaparan di atas maka, ibu kota provinsi maupun ibu kota negara kita bisa berubah atau berpindah sewaktu-waktu. Berikut ini adalah tabel daftar 34 provinsi di Indonesia dan Ibu kotanya yang berlaku saat ini.

NoProvinsi Ibu Kota
1AcehBanda Aceh
2Sumatra UtaraMedan
3Sumatra BaratPadang
4RiauPekanbaru
5JambiJambi
6Sumatra SelatanPalembang
7BengkuluBengkulu
8LampungBandar Lampung
9Kepulauan Bangka BelitungPangkalpinang
10Kepulauan RiauTanjungpinang
11Daerah Khusus Ibukota JakartaJakarta
12Jawa BaratBandung
13Jawa TengahSemarang
14Daerah Istimewa YogyakartaYogyakarta
15Jawa TimurSurabaya
16BantenSerang
17BaliDenpasar
18Nusa Tenggara BaratMataram
19Nusa Tenggara TimurKupang
20Kalimantan BaratPontianak
21Kalimantan TengahPalangka Raya
22Kalimantan SelatanBanjarmasin
23Kalimantan TimurSamarinda
24Kalimantan UtaraTanjung Selor
25Sulawesi UtaraManado
26Sulawesi TengahPalu
27Sulawesi SelatanMakassar
28Sulawesi TenggaraKendari
29GorontaloGorontalo
30Sulawesi BaratMamuju
31MalukuKota Ambon
32Maluku UtaraSofifi
33PapuaJayapura
34Papua BaratKota Manokwarim`

Demikianlah pemaparan mengenai "34 Nama Provinsi di Indonesia dan Ibu Kotanya Lengkap". Sekali lagi, 34 ibu kota provinsi di atas adalah yang berlaku saat ini dan bisa berubah sewaktu-waktu jika terjadi pemindahan ibu kota.

Sumber: Wikipedia

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "34 Nama Provinsi di Indonesia dan Ibu Kotanya Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel