10 Contoh Paragraf Deduktif

10 Contoh Paragraf Deduktif

Postingan kali ini akan menyajikan contoh 10 paragraf deduktif. Namun sebelum itu, kita harus bahas dulu apa itu paragraf deduktif? Pada postingan sebelumnya: Jenis-jenis Paragraf Berdasarkan Pola Penalarannya/Letak Kalimat Utamanya, telah dijelaskan bahwa paragraf dibedakan menjadi paragraf deduktif, induktif, campuran, ineratif, dan deskriptif naratif. Nah, jika kalimat utamanya berada di awal maka disebut paragraf deduktif.


Paragraf deduktif yaitu paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf. Jadi paragraf deduktif diawali dengan sebuah kalimat utama lalu setelahnya diikuti beberapa kalimat penjelas. Kalimat utama berupa pernyataan umum yang mewakili seluruh isi paragraf sedangkan kalimat-kalimat penjelas berupa pernyataan khusus yang menjelaskan kalimat utama.

Di sini sudah disediakan 10 contoh paragraf deduktif. Kalian bisa mempelajari contoh paragraf deduktif berikut ini, lalu membuat paragraf deduktif sendiri.

#Contoh Paragraf Deduktif 1:
Budaya Indonesia sangat beraneka ragam. Setiap provinsi memiliki memiliki budaya khasnya masing-masing. Bahkan beberapa daerah memiliki budaya yang berbeda meskipun dalam provinsi yang sama. Sebagai contoh budaya orang madura berbeda dengan budaya orang Jawa meskipun sama-sama di provinsi Jawa Timur.
#Contoh Paragraf Deduktif 2:
Indonesia disebut sebagai negara maritim. Hal itu karena Indonesia adalah negara yang memiliki wilayah perairan yang sangat luas. Bahkan wilayah perairan di Indonesia lebih luas daripada wilayah daratannya. Selain itu Indonesia juga dikelilingi oleh oleh dua samudra yaitu samudra hindia dan pasifik. Indonesia juga memiliki kekayaan laut yang sangat melimpah dan sebagian warganya berprofesi sebagai nelayan.
#Contoh Paragraf Deduktif 3:
Masyarakat bisa kacau apabila tidak ada hukum. Hal itu karena hukum dibuat untuk mengatur dan mengontrol kehidupan masyarakat supaya tertib. Jika tidak ada hukum maka setiap individu akan bertindak semena-mena tanpa mempedulikan orang lain.
#Contoh Paragraf Deduktif 4:
Beberapa hewan memiliki ciri khusus untuk melindungi dirinya. Sebagai contoh, bunglon bisa mengubah warna kulit untuk mengelabuhi predatornya. Cumi-cumi akan menyemprotkan cairan hitam saat dalam kondisi bahaya. Cicak bisa memutuskan ekornya untuk melarikan diri dari cengkeramman musuhnya.
#Contoh Paragraf Deduktif 5:
Bencana alam ada yang bisa kita cegah dan ada yang tidak bisa kita cegah. Contoh bencana alam yang bisa kita cegah yaitu banjir dan tanah longsor. Kita bisa mencegah banjir dengan cara tidak membuang sampah sembarangan. Kita bisa mencegah tanah longsor dengan cara membuat terasering. Sedangkan contoh bencana alam yang tidak bisa kita cegah yaitu gempa bumi dan tsunami. Kita tidak bisa mencegah terjadinya gempa dan tsunami tetapi kita bisa mencegah atau meminimalisir dampak kerusakannya.

#Contoh Paragraf Deduktif 6:
Limbah harus diolah terlebih dahulu sebelum dibuang ke lingkungan. Hal itu bertujuan agar limbah tersebut tidak mencemari lingkungan atau setidaknya mengurangi dampak negatif yang ditimbulkannya. Jika limbah dibuang begitu saja tanpa diolah terlebih dahulu maka lingkungan akan tercemar dan eksosistem di sekitarnya pun akan rusak.
#Contoh Paragraf Deduktif 7:
Kamar Tito terlihat sangat berantakan. Tampak buku-buku yang tidak tertata di atas meja. Di atas tempat tidurnya ada beberapa pakaian yang tidak terlipat. Di lantainya kamar ada beberapa sampah sobekan kertas.
#Contoh Paragraf Deduktif 8:
Kartono adalah orang yang pandai menulis. Tidak mengherankan karena menulis adalah hobinya. Dia biasanya menulis puisi dan cerita pendek saat waktu senggang. Beberapa tulisan Kartono pernah dimuat di surat kabar. Kartono juga pernah meraih juara 1 lomba cerpen tingkat nasional.
#Contoh Paragraf Deduktif 9:
Kucing merupakan hewan yang sering dipelihara manusia. Hal itu bisa dibuktikan dengan ramainya komunitas pecinta kucing. Peralatan untuk memelihara kucing bisa dengan mudah didapatkan di petshop terdekat. Bahkan makanan khusus kucing bisa didapatkan dengan mudah di minimarket. Lebih hebatnya lagi, sudah banyak salon khusus untuk kucing.
#Contoh Paragraf Deduktif 10:
Ada banyak kegiatan yang kerap dilakukan masyarakat untuk memeriahkan HUT RI. Contohnya yaitu diadakannya aneka perlombaan yang khas diadakan di bulan Agustus. Selain itu, masyarakat biasanya menghias kampungnya dengan atribut merah putih. Kemudian biasanya juga diadakan karnaval yang diikuti anak sekolah dalam rangka memeriahkan HUT RI.

Demikianlah pembahasan tentang paragraf deduktif dan 10 contohnya. Sekarang sudah bisakah kalian membuat paragraf deduktif sendiri? Sebenarnya mudah saja, kalian hanya perlu membuat satu kalimat utama. Lalu kalimat utama tersebut, kalian jabarkan melalui beberapa kalimat penjelas. 10 contoh paragraf di atas hanya sebagai contoh saja, kalian harus membuat paragraf deduktif sendiri.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "10 Contoh Paragraf Deduktif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel