Struktur Teks Prosedur dan Contohnya

Struktur Teks Prosedur dan Contohnya
Pada saat pertama kali kita akan melakukan atau membuat sesuatu, kita membutuhkan petunjuk baik itu dari buku, selembaran, gambar, infografis, video, postingan blog, atau minta diajarkan kepada orang secara langsung. Nah jika petunjuk itu berupa tulisan atau teks, maka teks tersebut disebut dengan teks prosedur. Misalnya saat kita akan membuat bolu kukus, maka kita akan melihat dan membaca teks prosedur tentang cara membuat bolu kukus baik itu dari buku resep masakan, dari koran, dari majalah, atau dari media online. Teks prosedur dibedakan menjadi teks prosedur dan teks prosedur kompleks. Postingan kali ini akan membahas tentang teks prosedur sedangkan pembahasan tentang teks prosedur kompleks bisa Anda baca di postingan lain.

Teks prosedur adalah teks yang menerangkan atau membantu kita dalam membuat atau melakukan sesuatu. Teks prosedur memiliki tujuan memberi petunjuk cara melakukan atau membuat sesuatu.
Sebagaimana jenis teks yang lain yang mempunyai struktur teks masing-masing, teks prosedur juga memiliki struktur teksnya sendiri. Lalu apa saja struktur teks prosedur? Struktur teks prosedur terdiri dari dua bagian yaitu tujuan dan langkah-langkah. Ada yang mengatakan kalau struktur teks prosedur ada tiga yaitu tujuan, materi/bahan dan alat, dan langkah-langkah. Sebenarnya bahan dan alat atau materi tidak wajib ada pada teks prosedur. Materi atau bahan dan alat boleh ada dan juga boleh tidak ada dalam teks prosedur. Sebenarnya pada bagian langkah-langkah sudah di sebutkan bahan dan alat, jadi tidak perlu menyebutkan bahan dan alat ke bagian tersendiri. dengan demikian struktur teks prosedur terdiri dari dua unsur utama yaitu tujuan dan langkah-langkah.

1. Tujuan

Tujuan berisi tujuan teks prosedur tersebut dibuat. Tujuan di sini maksudnya apa hasil akhir yang akan dicapai setelah melakukan langkah-langkah yang akan disebutkan. Namun tidak hanya itu, bagian tujuan dalam struktur teks prosedur juga berisi kalimat pengantar sebelum menyebutkan langkah-langkah. Tujuan juga dapat berisi tentang pengenalan atau sebagai paragraf pembuka.

2. Langkah-langkah

Supaya tujuan dapat tercapai maka tentunya harus ditempuh berbagai langkah-langkah. Struktur teks prosedur setelah tujuan yaitu langkah-langkah.
Langkah-langkah pada teks prosedur harus disebutkan secara berurutan. Langkah-langkah tersebut tidak boleh diacak, karena jika diacak hasilnya akan tidak sempurna bahkan akibatnya bisa fatal.

Contoh Struktur Teks Prosedur

Cara Mematikan Komputer Pada Windows 7
Tujuan Tidak seperti alat elektronik yang lain yang mana cara mematikannya hanya dengan menekan tombol power lalu memutuskannya dari arus listrik, cara mematikan komputer tidak seperti itu. Cara mematikan komputer berbeda-beda tergantung sistem operasinya. Namun yang akan kita bahas sekarang adalah cara mematikan komputer pada Windows 7. Setelah Anda membaca langkah-langkah berikut ini, diharapkan Anda bisa mematikan komputer dengan cara yang benar.
Langkah-langkah Pertama, klik menu "Start" yang terletak di sudut kiri bawah. Kemudian, pilih "Shutdown". Lalu, klik "Ok". Setelah itu, tunggu hingga komputer mati. Terakhir, putuskan arus listriknya.
Demikianlah pembahasan pada postingan kali ini tentang struktur teks prosedur dan contohnya. Kesimpulannya sederhana, Struktur teks prosedur terdiri dari tujuan dan langkah-langkah. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Struktur Teks Prosedur dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel