,

Alasan Memilih Jurusan IPA SMA, Pikirkan Baik-baik!

Setelah lulus SMP sederajat, seseorang akan dihadapkan pada beberapa pilihan jika akan melanjutkan sekolah. Untuk sekolah formal, pilihan yang bisa diambil yaitu belajar di SMA, MA, dan SMK. Jika memilih SMA atau MA, maka akan dihadapkan pada beberapa pilihan lagi. Apakah mau masuk jurusan IPA, IPS, atau Bahasa. Untuk MA, ada pilihan lainnya yaitu jurusan keagamaan.

Perihal memilih jurusan ini, seyogyanya tidak dilakukan secara sembarangan atau sekedar ikut-ikutan. Karena pilihan jurusan yang diambil akan berimbas pada masa depan. Jika sudah kelas 12 SMA, kemudian sadar kalau jurusan yang telah diambil ternyata salah, maka tidak mungkin untuk pindah ke jurusan lain. Mau tidak mau Anda harus menuntaskan belajar Anda di jurusan yang telah Anda ambil. Maka sebelum menyesal, pikirkan baik-baik jurusan yang Anda pilih.

Sebenarnya alasan masuk jurusan IPA oleh calon siswa SMA/MA itu cukup beragam. Ada yang alasannya sekedar ikut-ikutan, ada yang menganggap jurusan IPA itu jurusan yang elit, ada menganggap jurusan IPA itu anaknya pintar pintar. Dan masih banyak lagi. Kita sebaiknya mengesampingkan stereotip seperti itu. Jika kita ingin masuk jurusan IPA, itu harus didasari oleh alasan yang tepat.

Baik jurusan IPA, IPS, ataupun Bahasa itu sama-sama baik. antara jurusan satu dan jurusan lainnya tidak ada yang lebih rendah atau lebih buruk. Jangan kita merasa hebat jika kita berada di jurusan IPA dan menganggap rendah siswa dari jurusan lain.

Jika alasan masuk jurusan IPA karena kita suka matematika atau hitung-hitungan, jurusan IPS dan Bahasa sebenarnya juga ada matematika yang merupakan pelajaran hitung menghitung. Dan di jurusan IPS, pelajaran ekonomi juga ada hitung menghitung dengan rumus tersendiri. Bahkan pelajaran geografi pun ada rumus-rumus yang dipelajari.

Baca Juga :  Cara Mengetahui Gaya Belajar yang Sesuai dengan Anda

Jika alasan masuk jurusan IPA karena diajarkan cara berpikir yang logis. Jurusan lain pun sebenarnya juga sama. kita akan belajar logika matematika di pelajaran matematika. Pelajaran matematika juga ada di jurusan lain. Di jurusan Bahasa, kita akan belajar tata bahasa yang juga sebenarnya mengajarkan cara berpikir yang logis, tidak rancu, dan tidak ambigu.

Jika alasan memilih jurusan IPA karena pecinta alam dan membenci kerusakan lingkungan. Jurusan IPS pun ada pelajaran geografi yang sebenarnya mempelajari tentang alam dalam hal ini adalah bumi. Ilmu-ilmu dari jurusan IPA pun sebenarnya bisa disalahgunakan dan merusak lingkungan. Seperti penciptaan senjata kimia, senjata biologis, pembuatan bom atom, dan lain sebagainya.

Untuk itu, Anda harus mempunyai alasan yang tepat jika ingin masuk jurusan IPA. Berikut beberapa poin yang perlu diperhatikan jika ingin mengambil jurusan IPA:

Apa cita-cita Anda?

Jika cita-cita Anda menjadi dokter, fisikawan, apoteker, atau profesi profesi lainnya yang berhubungan dengan pelajaran IPA, itu bisa menjadi alasan Anda untuk memilih jurusan IPA. Jika Anda ingin menjadi penulis, wartawan, penerjemah, maka jurusan IPA kurang cocok untuk Anda tetapi jurusan Bahasalah yang lebih cocok. Yang perlu digarisbawahi adalah, cita-cita Anda tersebut benar-benar cita-cita yang ingin ingin Anda raih, bukan sekedar pilihan plin-plan.

Apa minat dan bakat Anda?

Saat lahir, manusia dikaruniai bakat-bakat tertentu. Dalam hidup, kita juga berminat pada hal-hal tertentu. Oleh sebab itu, anda mempunyai kecenderungan pada hal-hal tertentu. Apakah Anda condong ke IPA, ke IPS, atau Bahasa. Untuk mengetahuinya, Anda perlu mengenal diri sendiri.

Di jenjang SMP/MTs, Anda sudah pernah belajar pelajaran IPA dan IPS. Berdasarkan pengalaman belajar kedua pelajaran tersebut, seharusnya Anda bisa mengetahui kecondongan Anda pada salah satu pelajaran, IPA atau IPS.

Baca Juga :  Beberapa hal yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Sedang Bosan di Rumah

Jika Anda suka bereksperimen di laboratorium, suka meneliti organisme mikroskopis, antusias belajar tentang listrik statis dan listrik dinamis, maka kemungkinan Anda cocok masuk jurusan IPA di SMA.

Kalau Anda masih belum yakin mengenai minat dan bakat anda, ada baiknya Anda mengikuti tes minat bakat yang di adakan oleh lembaga-lembaga pelatihan.

Ilmu apa yang ingin Anda pelajari secara lebih mendalam?

Jika di jenjang SMP/MTs ada pelajaran IPA/IPS, di SMA pelajaran tersebut akan dipelajari dengan lebih spesifik dan lebih terperinci. Pelajaran IPA akan dibagi menjadi pelajaran Fisika, Kimia, dan Biologi. Kemudian jurusan di tingkat perguruan tinggi, akan lebih spesifik dibandingkan jurusan di tingkat SMA, di perguruan tinggi ada jurusan Fisika, Kimia, Biologi, Pendidikan IPA, Pendidikan Biologi, Kedokteran, Farmasi, dll. Ilmunya pun dipelajari secara lebih mendalam.

Apabila kita menyukai pelajaran IPA, biologi, fisika, kimia atau cabangnya serta ingin memperdalam ilmu tersebut, maka jurusan IPA cocok untuk Anda. Sebaliknya jika Anda ingin memperdalam ilmu tentang perbankan, maka jurusan IPS cocok untuk Anda.

Berdasarkan poin-poin di atas, beberapa alasan yang tepat untuk masuk jurusan IPA misalnya: merasa berbakat di bidang IPA, menyukai dan berminat mempelajari pelajaran-pelajaran IPA, jurusan tersebut sesuai passion Anda, Anda bercita-cita menjadi dokter, Anda ingin memperdalam virologi, dan lain-lain.

Subscribe
Notifikasi
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Previous

Menulis Arab di Android Menggunakan Keyboard Samsung dan Gboard