Beranda » Lingkungan » Alasan Mengapa Kita Harus Menanam Pohon

Alasan Mengapa Kita Harus Menanam Pohon

Yuk menanam pohon dan lestarikan bumi kita!

Memang tidak ada aturan resmi yang mengharuskan kita untuk menanam pohon. Namun dalam kondisi bumi kita yang sekarang ini, menanam pohon menjadi hal yang sangat penting dilakukan.

Kampanye menanam pohon sendiri sudah sering digalakkan oleh organisasi atau lembaga yang peduli lingkungan. Sudah seharusnya kita menanam pohon secara atas kesadaran pribadi. Sebenarnya mengapa kita harus menanam pohon?

Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari menanam pohon. Manfaat itu bukan hanya kita rasakan sendiri melainkan juga dirasakan orang lain. Berikut kami ulas beberapa alasan mengapa kita harus menanam pohon.

Pohon menghasilkan oksigen yang kita butuhkan untuk bernapas

Bernapas adalah salah satu ciri makhluk hidup. Tanpa bernapas, kita akan mati. Saat kita bernapas, kita membutuhkan oksigen. Dari mana oksigen itu kita dapatkan?

Oksigen secara alami dihasilkan oleh organisme-organisme yang bisa melakukan fotosintesis. Pohon adalah salah satu sumber oksigen yang bisa kita dapatkan. Apalagi jika pohon itu besar dan rindang dan jumlahnya banyak, maka oksigen yang dihasilkan pun semakin banyak pula.

Pohon membuat udara semakin segar dan adem

Di zaman modern seperti sekarang ini, banyak orang yang menggunakan AC untuk membuat udara sejuk dan menyegarkan. Sebenarnya, ada cara alami yang bisa kita lakukan untuk membuat udara menjadi lebih segar dan adem, yakni dengan menanam pohon.

Jika banyak pohon rindang di sekitar rumah kita, dan disertai ventilasi rumah yang baik, maka udara segar bisa kita dapatkan secara gratis baik di dalam ruangan ataupun di luar ruangan. Cara ini lebih ramah lingkungan daripada menggunakan AC serta lebih hemat uang juga.

Baca Juga :  Apa yang harus dilakukan agar sumber daya alam tetap lestari?

Penggunaan AC sebenarnya bisa menghasilkan gas CFC atau klorofluorokarbon. Adanya klorofluorokarbon yang berlebih bisa merusak lapisan ozon yang melindungi bumi dari radiasi sinar matahari. Untuk itu, penggunaan AC sebaiknya dikurangi untuk meminimalisir jumlah gas klorofluorokarbon di atmosfer. Sebagai gantinya, kita bisa menggunakan cara yang alami seperti menggunakan pohon.

Pohon bisa untuk berteduh di siang hari yang panas

Pohon seringkali dijadikan tempat berteduh di siang hari yang panas. Semakin rindang dan rimbun suatu pohon, semakin nyaman digunakan untuk berteduh.

Lihatlah jalanan kota yang panas di siang hari. Saat lampu merah, banyak orang memilih berhenti di bawah pohon meskipun area di depannya masih kosong. Itu membuktikan kalau pohon sangat dibutuhkan untuk meneduhkan kota yang panas.

Mencegah banjir

Tidak hanya berguna saat musim kemarau yang terik, pohon juga sangat berguna saat musim hujan. Pohon yang rindang bisa mencegah terjadinya banjir.

Hal itu terjadi karena air hujan tidak langsung jatuh ke tanah, melainkan tertahan di dedaunan pohon terlebih dahulu. Setelah jatuh ke tanah, air pun akan lebih mudah diserap kedalam tanah karena adanya akar pohon.

Sebagai rumah bagi burung

Kalau diperhatikan, burung semakin langka dan semakin jarang kita temui. Hal itu disebabkan karena tidak adanya pohon yang bisa mereka jadikan rumah. Dengan adanya pohon, itu bisa menyelamatkan burung dari kepunahan karena berkurangnya habitat.

Pohon sebagai sumber pangan dan papan

Apakah kamu pernah memakan buah? Dari mana buah berasal? Buah berasal dari pohon. Apakah di rumahmu ada lemari? Lemari terbuat dari apa? Lemari terbuat dari kayu, dan kayu berasal dari pohon. Jadi, pohon adalah sumber daya alam yang kita butuhkan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan bernilai ekonomi.

Baca Juga :  Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar

Itulah beberapa manfaat pohon yang menjadi alasan mengapa kita harus menanam pohon. Namun, menanam pohon tidak cukup hanya menanam lalu kita tinggal begitu saja. Supaya tumbuh dengan baik, pohon juga harus dirawat. Selain itu, jika pohon sudah tumbuh besar dan rindang, pohon tersebut juga harus dikelola dan dirawat agar tidak membahayakan orang lain. Misalnya, adanya wabah ulat bulu yang bersarang di pohon, tumbangnya pohon yang mengakibatkan korban jiwa, dll.

Subscribe
Notifikasi
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar