Sekolah Sambil Nyantri di Al Ma’soem, Islamic Boarding School di Bandung

Setelah lulus sekolah, siswa maupun orang tua akan dihadapkan pada pilihan ke mana pendidikan akan dilanjutkan. Memilih sekolah bisa jadi bukan perkara mudah mengingat hal itu sangat berpengaruh pada masa depan si anak.

Di jenjang SLTA, pilihan menjadi semakin rumit karena opsinya lebih bervariasi daripada jenjang SMP. Di jenjang SLTA, opsi yang bisa dipilih misalnya SMA, SMK, dan Madrasah Aliyah.

Di samping sekolah formal, pendidikan non formal seperti pondok pesantren juga perlu dipertimbangkan agar anak mendapatkan ilmu-ilmu agama dan dididik supaya berakhlakulkarimah.

Jika Anda ingin menitipkan anak ke pesantren sekaligus menyekolahkannya ke sekolah formal, Islamic boarding school bisa menjadi pilihan tepat.

Dengan menyekolahkan anak ke Islamic boarding school, Anda tidak perlu menitipkan anak ke dua lembaga (sekolah dan pondok pesantren) secara terpisah melainkan cukup ke satu lembaga saja.

Islamic boarding school adalah sekolah berasrama. Yakni, sekolah formal seperti SMP dan SMA pada umumnya yang menyediakan asrama dan fasilitas-fasilitas lain layaknya pesantren. Jadi, para siswa/santri dididik siang dan malam dan diajarkan ilmu-ilmu agama.

Sekolah sambil nyantri di Al Ma’soem Bandung

Al Ma’soem adalah salah satu Islamic Boarding School di Bandung, lebih tepatnya di Sumedang Jawa Barat.

Yayasan Al Ma’soem Bandung dilengkapi fasilitas asrama yang baik, yakni 1 kamar dihuni oleh 4-6 orang. Kamar tersebut disertai fasilitas kamar mandi, kasur dan lemari.

Fasilitas pendukung di Yayasan Al Ma’soem Bandung cukup lengkap dan memadai, antara lain: lapangan futsal, kolam renang, lapangan basket, lapangan voli, jogging track, lapangan badminton, pacuan kuda, area panahan, kantin, warnet, poliklinik, dll. Luas area Yayasan Al Ma’soem Bandung saat ini adalah 5 hektare.

Alumni Al Ma’soem bisa dipastikan menghafal Al Qur’an juz 30 (Juz Amma). Selain itu, dengan diselenggarakannya berbagai program yang mendukung, setiap lulusan diproyeksikan dan dimotivasi supaya mampu menghafal Al-Qur’an lebih dari 3 juz.

Program tahfiz Al-Qur’an di Al Ma’soem Bandung telah berjalan sejak tahun 2015, dan telah mencetak hafiz-hafiz yang baik dan berprestasi.

Sebagai Pesantren Boarding School di Bandung, Al Ma’soem tentu memiliki program-program unggulan dalam pendidikannya. Setiap satuan sekolah (PG-TK, SD, SMP, dan SMA) memiliki programnya masing-masing.

Pada tingkat SMA, Yayasan Al Ma’soem Bandung menggunakan sistem pembelajaran SKS (Satuan Kredit Semester). Dengan demikian, percepatan belajar santri bisa terpenuhi sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Mengapa harus mendaftar ke Al Ma’soem Bandung?

Salah satu alasan menarik mengapa harus mendaftar ke Al Ma’soem Bandung yaitu Al Masoem adalah sekolah yang mampu mengembangkan potensi siswa menjadi prestasi.

Al Ma’soem Bandung tidak menyeleksi calon siswa berdasarkan tes akademik ataupun dari prestasi. Jadi, siapapun bisa mendaftar dan memiliki kesempatan yang sama.

Tes untuk calon siswa baru tetap ada, tetapi hanya berupa psikotes dan tes wawancara. Hal itu dilakukan bukan untuk memilah siswa yang berpotensi dan menyingkirkan siswa yang potensinya kurang, melainkan sebagai bahan pertimbangan sekolah mengenai peminatan siswa ke Al Ma’soem.

Dengan demikian, kondisi siswa yang ada di Al Ma’soem sangat beragam. Ada yang sudah hafal Juz Amma, ada yang masih belajar huruf Hijaiyah, ada yang sudah bisa membaca Al-Qur’an, ada yang belum bisa baca tulis, dan ada pula yang sudah menghafal beberapa juz.

Meski secara akademik, siswa-siswi Al Ma’soem beragam; tetapi secara Akhlak, siswa-siswi Al Ma’soem seragam. Siswa Al Ma’soem sudah pasti berakhlakulkarimah.

Sumber: almasoem.sch.id

Subscribe
Notifikasi
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar