,

Apa hubungan persatuan dan keberagaman?

Persatuan dan keberagaman adalah dua hal yang berkaitan. Apa hubungan persatuan dan keberagaman?

Hubungan persatuan dan keberagaman yaitu persatuan dibutuhkan dalam keberagaman. Keberagaman membutuhkan persatuan agar tercipta kehidupan yang aman dan damai.

Tanpa adanya persatuan, keberagaman yang ada akan memicu perselisihan dan konflik antar golongan.

Keberagaman itu banyak macamnya. Misalnya keberagaman suku, bahasa, ras, agama, golongan, pilihan politik, dan lain-lain. Apa jadinya jika keberagaman yang ada tidak disertai dengan persatuan? Maka hubungan antar suku satu dengan suku yang lain, golongan satu dan golongan yang lain, pemeluk agama satu dengan pemeluk agama yang lain, ras satu dengan ras yang lain tidak harmonis.

Terjadinya perang, tawuran, diskriminasi, serta perbuatan-perbuatan yang lain yang saling merugikan disebabkan karena tidak adanya persatuan dalam keberagaman. Tanpa adanya persatuan, orang akan mudah diadu domba dengan orang-orang dari golongan yang lain. Akibatnya, kehidupan tidak aman dan damai.

Sebaliknya jika ada persatuan dalam keberagaman. Maka akan tercipta kehidupan yang aman dan damai. Meskipun berbeda pilihan calon presiden, tetap menjaga persatuan. Meskipun berbeda agama, saling toleransi. Meskipun berbeda suku dan ras, tetap merasa sederajat. Tidak ada saling hina, saling menyingkirkan, dan saling mengalahkan. Orang-orang bisa hidup dengan harmonis di tengah-tengah keberagaman.

Jadi itulah hubungan antara persatuan dan keberagaman. Yaitu persatuan dibutuhkan dalam keberagaman agar tidak menimbulkan perselisihan dan konflik.

Baca Juga :  Perbedaan Desa dan Kelurahan
Subscribe
Notifikasi
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Previous

Mengapa kita tidak boleh menghina pekerjaan orang lain?

Apa yang harus dilakukan agar sumber daya alam tetap lestari?

Next