Apa Itu Gagasan Utama/Ide Pokok? Bagaimana Cara Menentukannya?

EDUTORIAL.ID
apa itu gagasan utama dalam paragraf bagaimana cara mencari dan menentukan
pixabay.com

Gagasan utama atau ide pokok ada pada setiap paragraf. Sebuah paragraf sudah pasti memiliki sebuah gagasan utama. Lalu sebenarnya apa itu gagasan utama? Apa yang dimaksud dengan gagasan utama? Dan bagaimana cara menentukan gagasan utama? Mari kita pelajari bersama-sama.

Gagasan utama adalah topik yang sedang dibahas dalam suatu paragraf. Gagasan utama dalam sebuah paragraf disebut juga dengan gagasan pokok, pikiran utama, pokok pembicaraan, ide pokok, atau pokok pikiran.

Inti permasalahan yang ada pada sebuah paragraf terletak di dalam gagasan utama. Semua pembahasan yang ada dalam paragraf pusatnya ada di gagasan utama.

Cara mencari dan menentukan gagasan utama/Ide Pokok

Gagasan utama dalam sebuah paragraf dapat ditemukan secara tersurat dalam kalimat utama yang letaknya bisa di awal, di akhir, di awal dan di akhir, atau di tengah. Selain itu, gagasan utama dapat ditemukan juga secara tersirat di dalam seluruh paragraf. Gagasan utama yang terletak di seluruh paragraf terdapat pada paragraf yang disebut dengan paragraf deskriptif naratif.

Berikut adalah dua cara mencari dan menentukan gagasan utama dalam sebuah paragraf.

1. Bacalah paragraf dengan cermat

Cara pertama adalah dengan membaca paragraf secara keseluruhan dengan cermat. Cara ini bisa dilakukan terutama pada paragraf yang berupa paragraf deskriptif naratif yang gagasan utamanya tersirat.

Bacalah paragraf tersebut kalimat demi kalimat dengan seksama. Pahami apa yang sedang dibahas paragraf tersebut. Jika sudah membaca keseluruhan isi paragraf, sekarang jawablah pertanyaan berikut: apa yang sedang dibahas dalam paragraf tersebut? Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah gagasan utamanya.

2. Temukan kalimat utamanya

Cara yang kedua adalah dengan mencari dan menemukan kalimat utamanya. Kalimat utama adalah kalimat yang bersifat umum yang mengandung gagasan utama. Kalimat utama ini akan dijelaskan lebih lanjut oleh kalimat penjelas. Kalimat penjelas adalah kalimat yang menjelaskan kalimat utama. Kita perlu membaca keseluruhan paragraf dan menentukan makna kalimat utama dan kalimat penjelas. Jika kalimat utamanya sudah ditemukan, cari dan temukan inti dari kalimat utama. Caranya yaitu dengan mengambil subjek dan predikat dari kalimat utama tersebut lalu kita bisa menyimpulkan gagasan utama dari paragraf tersebut.

Baca juga: Jenis-jenis Paragraf Berdasarkan Letak Kalimat Utamanya/Pola Penalarannya

Ciri-ciri kalimat utama

Untuk memudahkan dalam mencari dan menemukan kalimat utama dalam sebuah paragraf, perhatikan ciri-ciri kalimat utama berikut:

  1. mengandung topik umum yang bisa dijabarkan lebih lanjut.
  2. Biasanya berupa kalimat lengkap yang berdiri sendiri
  3. Mempunyai arti yang jelas tanpa dihubungkan dengan kalimat lain.
  4. Tidak terdapat kata sambung atau transisi
  5. Jika kalimat utamanya berada diakhir paragraf, biasanya terdapat kata-kata seperti: jadi, sebagai kesimpulan, dengan demikian.

Demikianlah pembahasan mengenai apa itu gagasan utama/ide pokok dan Bagaimana cara menentukannya.

Referensi:
sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id


Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Next Post

Contoh Surat Pengiriman Barang

Contoh Surat Pengiriman Barang – Jika suatu perusahaan menerima suatu pesanan, sebaiknya pada hari itu juga langsung membuat surat jawabannya. Surat jawaban tersebut disebut surat pengiriman barang atau pesanan. Jawaban surat pesanan sangat diperlukan bagi pesanan barang, dikarenakan pemesan biasanya selalu menginginkan kepastian tentang ada atau tidaknya barang-barang yang dipesannya […]
surat, pengiriman, penerimaan, pesanan