Dalam dunia astronomi ada banyak istilah seperti planet, bintang, galaksi, komet, asteroid, dan lain-lain. Salah satu istilah astronomi yang sering kita dengar adalah meteor. Yang terkadang membuat kita bingung salah satunya adalah istila-istilah yang mirip pengucapannya seperti antara meteor, meteoroid dan meteorit. Apa itu meteor? Apa itu meteorit? Apa itu meteoroid? Apa perbedaan antara meteor, meteoroid dan meteorit? Berikut penjelasannya:

meteor

Meteoroid

Di luar angkasa ada banyak sekali benda langit seperti planet, bintang , komet, asteroid dan meteoroid. Meteoroid adalah benda-benda kecil di luar angkasa yang ukurannya lebih kecil daripada asteroid. Benda-benda padat yang berupa puing-puing di luar angkasa ini disebut meteoroid.

Meteor

Jika meteoroid bergerak mendekati bumi dan akhirnya mengenai atmosfer bumi, maka meteoroid tersebut akan terbakar lalu menguap secara keseluruhan atau sebagian saja. Meteoroid yang bergerak melalui atmosfer ini disebut dengan meteor. Kita bisa melihat meteor dari bumi sebagai bintang jatuh. Artinya yang sering kita sebut sebagai bintang jatuh sebenarnya adalah meteor.

Meteorit

Bumi kita diciptakan dengan pelindung yang disebut atmosfer sehingga makhluk hidup yang ada di dalamnya bisa hidup aman dan nyaman tanpa kejatuhan benda-benda dari luar angkasa seperti meteor. Meteor terbakar di atmosfer sehingga tidak bisa mencapai permukaan bumi. Namun meteor yang terbakar tersebut masih mungkin menembus atmosfer dan jatuh ke permukaan bumi. Apabila meteor tersebut jatuh dan akhirnya sampai ke permukaan bumi maka meteor tersebut tidak disebut meteor lagi melainkan benda itu disebut dengan meteorit.

Itulah perbedaan antara meteoroid, meteor dan meteorit. Kesimpulannya adalah, saat benda kecil tersebut masih di luar angkasa maka disebut dengan meteoroid, apabila bertabrakan dengan atmosfer maka disebut dengan meteor dan apabila bisa menembus atmosfer dan akhirnya jatuh ke permukaan bumi maka disebut dengan meteorit.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *