Apa Perbedaan Antara Xilem Dan Floem?

Admin
Read Time1 Minute, 37 Seconds

Apa Perbedaan Antara Xilem Dan Floem?

Xilem dan Floem adalah jaringan pengangkut yang ada pada tumbuhan berpembuluh. Artinya tumbuhan yang tidak berpembuluh seperti lumut tidak memiliki jaringan pengangkut xilem dan floem.  Xilem adalah jaringan pengangkut yang mengangkut air dan zat-zat hara dari akar menuju daun. Di dalam daun air dan zat-zat tersebut digunakan sebagai bahan untuk melakukan fotosintesis. Sedangkan Floem adalah jaringan pengangkut yang mengangkut zat makanan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan. Itulah yang dimaksud dengan xilem dan floem. Awas jangan sampai tertukar ya karena keduanya agak mirip pengucapannya.

Jadi begini prosesnya, tumbuhan menyerap air dan zat-zat hara dari tanah, kemudian air dan zat-zat tersebut diangkut oleh xilem menuju daun melewati akar, batang, cabang hingga sampai ke daun. Di dalam daun, tumbuhan melakukan aktivitas yang disebut fotosintesis. Fotosintesis mengubah air dan zat-zat tersebut menjadi zat lain yang dibutuhkan tumbuhan dengan bantuan cahaya matahari, di samping itu fotosintesis juga membutuhkan karbondioksida serta menghasilkan oksigen. Zat-zat makanan yang dibutuhkan tumbuhan hasil fotosintesis tersebut kemudian diangkut dan diedarkan oleh floem ke seluruh bagian tumbuhan. Sampai sini, mungkin sudah bisa dipahami fungsi xilem dan floem. Lalu apa perbedaan antara jaringan xilem dan floem? Berikut adalah perbedaan antara xilem dan floem yang saya kutip dari seorang penjawab di situs Brainly (link: https://brainly.co.id/tugas/122745):

  1. Xilem terbuat dari sel mati, sedangkan floem terbuat dari sel hidup.
  2. Xilem berdinding sel tipis, sedangkan floem tebal. 
  3. Dinding sel xilem terbuat dari lignin (Selulosa Keras), sedangkan dinding sel floem terbuat dari selulosa. 
  4. Permeabilitas dinding sel xilem adalah impermeabel, sedangkan pada floem adalah permeabel. 
  5. Pada xilem terdapat tidak sitoplasma, sedangkan pada floem terdapat sitoplasma.
  6. Fungsi xilem adalah mengangkut air dan unsur hara mineral dari akar ke daun, sedangkan floem berfungsi mengangkut hasil fotosintesis ke seluruh tubuh tumbuhan. 
  7. Arah aliran xilem ke atas, sedangkan pada floem ke atas dan ke bawah. 
  8. Jaringan yang menyertai xilem adalah jaringan serabut, sedangkan pada floem adalah jaringan sel pengiring.

Demikianlah perbedaan antara floem dan Xilem.

0 0
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise
Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Apa Perbedaan Antara Pembuluh Nadi (Arteri) dan Pembuluh Balik (Vena)

Dalam tubuh kita, terdapat sistem transportasi yang canggih. Semua bagian tubuh membutuhkan makanan dan oksigen. Lalu bagaimana caranya sari-sari makanan dan oksigen tersebar ke seluruh tubuh? Tentunya membutuhkan suatu sistem yang peredaran yang sempurna.  Sari-sari makanan dan oksigen dialirkan ke seluruh tubuh melalui peredaran darah.  Sistem peredaran darah terdiri dari […]