apa saja manfaat gotong royong

Apa Saja Manfaat Gotong Royong? Yuk, Baca!

Kegiatan gotong royong sudah mengakar kuat bagi masyarakat Indonesia khususnya di desa-desa. Gotong royong sendiri merupakan kegiatan bahu-membahu, tolong menolong, dan bekerja bersama-sama antar anggota masyarakat. Gotong royong bisa kita temui pada kegiatan seperti kerja bakti membersihkan desa, kerja bakti merayakan 17 Agustus, membantu warga yang terkena musibah, gotong royong untuk keamanan desa dengan cara siskamling. Sebenarnya apa saja manfaat gotong royong sampai-sampai gotong royong ini tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia?

Gotong-royong tentulah memiliki manfaat yang sangat besar bagi orang-orang yang melakukannya. Kalau tidak bermanfaat, untuk apa orang membuang-buang waktu untuk bergotong-royong. Berikut adalah beberapa manfaat gotong royong:

Pekerjaan menjadi lebih ringan

Dengan bergotong-royong, pekerjaan menjadi lebih ringan dan lebih cepat terselesaikan. Sebagai contoh satu orang akan sangat kelelahan dan membutuhkan waktu yang lama untuk membersihkan lingkungan desa. Jika kegiatan membersihkan lingkungan desa tersebut dilakukan oleh 20 orang maka pekerjaan pun menjadi tidak begitu melelahkan. Bahkan pekerjaan tersebut akan terasa menyenangkan karena bisa bekerja bersama-sama dengan orang lain serta lebih cepat selesai.

Mempererat persaudaraan dan kerukunan antar warga

Kegiatan gotong royong juga bisa mempererat tali persaudaraan serta kerukunan antar warga. Dengan gotong-royong, masyarakat akan lebih terhindar dari sifat individualistis dan egois. Dengan kegiatan gotong royong, akan tercipta kehidupan yang guyub rukun dalam kehidupan masyarakat.

Memperkuat rasa solidaritas antar warga

Dengan bergotong-royong, setiap individu akan memiliki rasa senasib dan seperjuangan dengan individu lainnya. Jika ada satu individu mengalami masalah, maka individu lain akan dengan senang hati membantunya tanpa disuruh.

Menumbuhkan sikap ikhlas

Kegiatan gotong royong biasanya dilakukan tanpa adanya imbalan uang. Dengan demikian, orang yang melakukannya adalah orang yang secara sukarela dan tulus membantu sesama tanpa mengharapkan imbalan. Ini akan menumbuhkan sifat ikhlas yang merupakan salah satu akhlak terpuji.

Meningkatkan persatuan dan kesatuan nasional

Jika sikap gotong-royong diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara tentu ini akan berdampak positif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kegiatan gotong royong yang dilakukan di desa saja sudah menghasilkan banyak sekali manfaat apalagi jika gotong royong ini diaplikasikan secara nasional.

Cukup banyak manfaat yang kita dapatkan dengan bergotong-royong. Manfaat tersebut di antaranya adalah pekerjaan akan menjadi lebih ringan sama mempererat tali persaudaraan, menumbuhkan rasa solidaritas, menumbuhkan sifat ikhlas, dan meningkatkan persatuan dan kesatuan nasional.

Berlangganan via Email

Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar