Apa yang Dimaksud dengan Besaran Pokok?

Admin 1
Read Time1 Minute, 5 Seconds

Apa itu besaran pokok? Apa yang dimaksud dengan besaran pokok? Sebelum menjawab itu, kita harus tahu dulu apa itu besaran. Besaran adalah sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka atau nilai dan memiliki satuan. Itulah definisi dari besaran.

Coba lihat gambar di atas! Gambar tersebut berupa gambar ketebalan roti yang sedang diukur. Jadi apakah panjang roti tersebut bisa disebut besaran? Ya, panjang roti tersebut disebut besaran karena dapat diukur dan dinyatakan dengan angka dan memiliki satuan.

Sekarang kamu sudah tahu apa itu besaran. Besaran dibagi menjadi dua yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Apa itu besran pokok? Dan apa pula itu besaran turunan? Mari kita pelajari.

Besaran pokok adalah besaran yang satuannya didefinisikan terlebih dahulu dan tidak dapat dijabarkan dari besaran lain. Jadi besaran pokok mempunyai satuan yang bukan diturunkan dari besaran lain tetapi satuannya sudah di definisikan terlebih dahulu. Justru besaran lain yang merupakan turunan dari besaran pokok.

Ada 7 besaran pokok menurut SI (Satuan Internasional). Berikut adalah macam-macam besaran pokok dan satuannya.

Nama BesaranSatuan
waktusekon
panjangmeter
massakilogram
arus listrikampere
suhu termodinamikakelvin
jumlah zatmol
intensitas cahayakandela

Selain besaran pokok ada juga besaran turunan. Besaran turunan adalah besaran yang satuannya diturunkan dari besaran pokok.

Demikianlah penjelasan tentang apa itu besaran pokok. Jadi apa yang dimaksud dengan besaran pokok? Jawabannya besaran pokok adalah besaran yang satuannya didefinisikan terlebih dahulu dan tidak dapat dijabarkan dari besaran lain.

0 0
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise
Bagikan

One thought on “Apa yang Dimaksud dengan Besaran Pokok?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Macam-macam Alur

Alur adalah rangkaian kejadian yang terdapat dalam sebuah karya sastra. Alur bisa dibuat dengan jalinan waktu dan hubungan sebab akibat. Alur adalah rangkaian kejadian yang direka dan dijalin sedemikian rupa sehingga menggerakkan jalan cerita, dari awal, tengah, hingga mencapai klimaks dan akhir cerita. Ada beberapa cara untuk menyusun alur cerita. […]
alur cerita