apa yang dimaksud dengan ram
Teknologi Informasi dan Komunikasi

Apa yang Dimaksud dengan RAM?


Ketika akan membeli perangkat komputer, tablet, atau smartphone, kita sering menyinggung berapa ukuran RAM-nya. RAM sering kali ditanyakan dan merupakan informasi penting yang selalu dicari saat akan membeli perangkat komputer. Lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan RAM? Ayo kita bahas sama-sama!

apa yang dimaksud dengan ram
sumber gambar: pixabay.com

Apa yang Dimaksud dengan RAM?

RAM adalah bentuk memori komputer yang bisa digunakan untuk membaca dan mengubah segala perintah yang biasanya digunakan untuk menyimpan data kerja dan kode mesin. (Sumber: Wikipedia)

Data yang disimpan di RAM bersifat sementara karena fungsi RAM hanya sebagai alat untuk menyimpan sementara. Artinya jika komputer tersebut dimatikan atau ada insiden mati listrik, data yang tersimpan di RAM tersebut akan hilang.

RAM sebenarnya adalah singkatan dari random access memory. Kalau diterjemahkan artinya adalah memori akses acak. Mungkin disebut memori akses acak karena memang fungsinya untuk mengakses segala jenis item, file, program, data, dari segala jenis, tipe, dan penyimpanan asalnya secara acak. File dari berbagai penyimpanan seperti hardisk, CD, dan flash disk akan lebih cepat diakses jika menggunakan bantuan RAM. Sebagai contoh jika kamu membuka sebuah dokumen yang terletak di folder D:/ maka dokumen tersebut membutuhkan waktu yang lama saat pertama kali dibuka tetapi jika dibuka untuk kedua kalinya maka akan lebih cepat. Hal itu karena setelah dokumen tersebut dibuka maka dokumen tersebut disimpan di RAM. Sehingga saat membukanya kembali maka dokumen tersebut bisa diakses lebih cepat karena sudah disimpan di RAM sebelumnya.

RAM juga merupakan alat untuk menyimpan sementara saat pertama kali suatu file, dokumen, atau data dibuat sebelum dokumen tersebut disimpan di memori lainnya. Sebagai contoh saat kamu membuat dokumen baru di Microsoft word, kamu mengetik dan membuat dokumen tetapi belum disimpan di hardisk, removable disk, atau CD. Sebenarnya dokumen yang dapat kamu buat tersebut sudah disimpan di komputer. Memori apa yang menyimpan dokumen tersebut? Jawabannya adalah RAM.

Dokumen yang kamu buat tersebut bisa ditampilkan di layar monitor karena memang ada perangkat komputer yang menyimpan nya yaitu RAM. Dokumen tersebut bisa hilang jika komputer tersebut mati dan dokumen belum disimpan di memori lainnya seperti hardisk atau flashdisk. Namun biasanya RAM ada yang bisa melakukan autosave untuk mencegah hilangnya data akibat insiden komputer mati secara tiba-tiba.

Saat Anda beraktifitas di komputer seperti membuat dokumen, bermain game, berselancar di browser, atau membuat desain grafis di Corel semua itu dilakukan di RAM. RAM lah yang bekerja menyimpan semua data yang sedang kamu kerjakan saat komputer hidup. Untuk itu semakin besar RAM maka kinerja komputer juga semakin cepat. RAM dengan kapasitas yang kecil tentu tidak akan mampu melakukan aktivitas komputer yang berat kalaupun bisa maka akan lambat dan ngelag. Untuk itulah biasanya orang mencari komputer laptop atau smartphone dengan kapasitas RAM yang mencukupi.

Tidak hanya komputer, di smartphone pun juga terdapat RAM yang memiliki fungsi sama seperti di komputer. Aktivitas bermain game, berselancar di Internet, dan menjalankan berbagai macam aplikasi, semua itu dijalankan melalui RAM. Sedangkan untuk menyimpan file aplikasi itu sendiri beserta data-datanya disimpan di memori internal atau memori eksternal.

Demikianlah pembahasan tentang apa yang dimaksud dengan RAM. Jadi, Apa yang dimaksud dengan RAM? RAM adalah bentuk memori komputer yang bisa digunakan untuk membaca dan mengubah segala perintah yang biasanya digunakan untuk menyimpan data kerja dan bahasa mesin.


Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar