apa yang dimaksud dengan sampah organik

Apa yang Dimaksud dengan Sampah Organik?

Pastinya kalian udah tau apa itu sampah? Namun tahukah kalian apa itu sampah organik? Apa yang dimaksud dengan sampah organik?

Sampah adalah sisa dari barang atau benda yang sudah tidak terpakai lagi yang biasanya dibuang meskipun sebenarnya masih bisa dimanfaatkan. Kalian bisa melihat sampah di tempat sampah atau di tempat pembuangan akhir. Ada banyak jenis sampah di situ seperti kantong plastik, gelas air mineral botol plastik jangan telur sisa makanan dan lain sebagainya.

Sampah dibedakan menjadi sampah organik dan sampah anorganik. postingan kali ini akan membahas apa yang dimaksud dengan sampah organik.

Sampah organik adalah sampah yang berasal dari hewan dan tumbuhan yang mudah terurai. Sampah organik bersifat mudah mengalami pelapukan. Misalnya saja coba letakkan sisa-sisa sayuran dari dapur rumah kamu di sebidang tanah. Setelah beberapa hari sampah tersebut akan membusuk dan terurai di tanah. itu artinya sisa-sisa sayuran tersebut adalah sampah organik.

apa yang dimaksud dengan sampah organik
sumber gambar: pixabay.com

Sebaliknya sampah anorganik adalah sampah yang sangat sulit terurai. Contoh sampah anorganik adalah kantong plastik. Untuk membuktikan kalau sampah plastik sangat sulit terurai adalah taruh sampah plastik di tanah. Setelah beberapa hari berapa minggu bahkan beberapa bulan atau beberapa tahun sampah plastik tersebut belum juga hancur. Membuktikan kalau telat pajak adalah sampah anorganik.

Contoh-contoh sampah organik yaitu sisa sayuran, dedaunan kering, bungkus daun pisang, ampas kelapa, ampas teh, kertas, kotoran hewan, kotoran manusia, dan masih banyak yang lainnya.

Biasanya kebanyakan orang membuang sampah organik dan anorganik dicampur di tempat yang sama. Namun ada juga orang yang membuat tong sampah khusus untuk sampah organik dan anorganik. Artinya sampah organik dan anorganik dipisah di tempat yang berbeda.

Berita organik maupun anorganik masih bisa dimanfaatkan. sampah anorganik bisa didaur ulang sedangkan sampah organik bisa kita jadikan kompos, pakan ternak, atau biogas.

Sampah organik seperti sisa sisa sayuran, dedaunan kering, bisa diubah menjadi pupuk kompos untuk menyuburkan tanah. Sampah organik yang berupa dedaunan hijau bisa digunakan untuk pakan ternak seperti sapi kambing dan kerbau. Sampah organik yang berupa kotoran hewan dan kotoran manusia bisa diubah menjadi biogas. Biogas bisa kita gunakan untuk memasak.

Demikianlah pembahasan tentang apa yang dimaksud dengan sampah organik. Jadi, apa itu sampah organik? Sampah organik adalah sampah yang mudah terurai dan berasal dari hewan atau tumbuhan.

Berlangganan via Email

Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar