Apa yang Dimaksud dengan Seni Lukis?

Umumnya, manusia memiliki ketertarikan terhadap keindahan. Dari sini, mereka sering kali menciptakan keindahan itu sendiri. Keindahan inilah yang dikenal sebagai seni.

Seni dapat dianggap sebagai karya estetis yang dihasilkan oleh individu yang berbakat. Individu dengan bakat tersebut dikenal sebagai seniman.

Terdapat beragam jenis seni, di antaranya seni rupa, seni musik, seni teater, seni sastra, dan seni tari. Seni rupa sebenarnya dapat dibagi lagi menjadi beberapa cabang, seperti seni lukis, seni patung, seni kriya, dan seni grafis.

Pengertian Seni Lukis

Apa yang dimaksud dengan seni lukis? Seni lukis adalah seni tentang lukis-melukis. Melukis sendiri merupakan kegiatan mengolah suatu medium agar memiliki tampilan visual tertentu. Medium ini bisa berupa benda 2 dimensi, seperti kertas dan kanvas; bisa juga berupa permukaan objek 3 dimensi seperti tembok, gerabah, botol, dan lain-lain.

Seni lukis merupakan salah satu cabang dari seni rupa. Disebut cabang seni rupa karena seni ini berbentuk rupa, yakni tampilan visual yang dapat dilihat dengan mata. Hal ini berbeda dengan jenis seni lainnya seperti seni tari yang berbentuk gerak, seni musik yang berbentuk suara, dan seni sastra yang berbentuk kata-kata.

Sejarah Seni Lukis

Seni lukis merupakan pengembangan yang lebih sempurna dari menggambar. Pada sejarahnya, melukis berkaitan erat dengan menggambar. Manusia sudah melakukan aktivitas menggambar sejak zaman prasejarah. Hal itu dapat dilihat dari peninggalan-peninggalannya, yakni ditemukannya gambar pada dinding-dinding gua meskipun masih sederhana, yakni berupa jiplakan tangan.

Selanjutnya, seiring perkembangan zaman, proses menggambar dan melukis ini makin berkembang dan melahirkan orang-orang yang ahli. Mereka adalah seniman-seniman di masa lalu. Dari sinilah akhirnya aktivitas melukis dan menggambar cenderung menjadi kegiatan seni.

Baca Juga:  Perbedaan Seni Rupa Murni dan Terapan

Perbedaan Melukis dan Menggambar

Menggambar dan melukis memang sama-sama dilakukan dengan mengolah bidang datar agar menghasilkan tampilan tertentu. Akan tetapi, melukis dan menggambar sebenarnya berbeda. Hal itu dapat dilihat alat media warna yang digunakan.

Menggambar dilakukan dengan menggunakan media warna kering seperti pensil dan krayon. Sedangkan melukis dilakukan dengan menggunakan media warna basah seperti cat lukis dan tinta.

Itu dia penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan seni lukis beserta sejarahnya, serta perbedaan melukis dan menggambar.

Referensi: Wikipedia

Subscribe
Notifikasi

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar