apa yang dimaksud eutrofikasi

Apa yang Dimaksud Eutrofikasi?

Pernahkah kamu melihat perairan yang keruh kotor berwarna hijau pekat dan penuh dengan ganggang lumut ataupun eceng gondok? Seperti itulah gambaran eutrofikasi. Pernahkah kamu melihat berita tentang kematian ikan secara massal di suatu perairan? Bisa jadi kematian ikan secara massal tersebut disebabkan oleh eutrofikasi. Lalu apa yang dimaksud eutrofikasi? Yuk kita pelajari!

apa yang dimaksud eutrofikasi
sumber gambar: needpix.com

Apa yang Dimaksud Eutrofikasi?

Eutrofikasi adalah kondisi dimana suatu ekosistem perairan mengalami peningkatan jumlah nutrisi yang sangat berlebihan. Kondisi tersebut merupakan pencemaran karena mengkontaminasi dan merusak ekosistem air. Pencemaran tersebut terutama disebabkan oleh limbah fosfat pada ekosistem perairan tersebut.

Sejatinya eutrofikasi bisa terjadi secara alami pada suatu ekosistem air tawar seperti danau. Namun proses eutrofikasi membutuhkan waktu yang sangat lama yaitu ribuan tahun untuk bisa mengalami kondisi eutrofikasi yang parah. Hal itu sejalan dengan usia perairan tersebut yang semakin tua. Ibaratnya jika kamu membuat sebuah kolam renang tanpa diurus selama bertahun-tahun maka kolam renang tersebut lama kelamaan akan ditumbuhi aneka lumut dan ganggang serta eceng gondok dan tanaman liar, dan warna airnya bisa berwarna hijau. Begitu pula dengan danau, danau secara alami bisa mengalami kondisi seperti itu setelah beberapa waktu yang cukup lama.

Proses eutrofikasi pada danau atau perairan air tawar bisa lebih cepat hanya membutuhkan waktu beberapa dekade atau beberapa tahun saja disebabkan oleh kehidupan manusia yang mencemari perairan tersebut dan itu mempercepat terjadinya eutrofikasi.

Eutrofikasi adalah peningkatan jumlah nutrisi pada ekosistem air secara berlebihan. Akibatnya aneka tumbuhan air berukuran kecil, ganggang atau alga, serta beberapa makhluk hidup bisa berkembang biak dengan pesat sekali karena ketersediaan nutrisi khususnya fosfat yang melimpah sekali itu. Kondisi tersebut disebut dengan istilah blooming algae.

Eutrofikasi memang menguntungkan bagi makhluk hidup seperti ganggang dan eceng gondok tetapi di sisi lain merugikan makhluk hidup lainnya seperti ikan sehingga bisa menyebabkan kematian massal pada ikan di sebuah perairan yang mengalami eutrofikasi tersebut.

Eutrofikasi merupakan masalah serius bagi seluruh perairan di muka bumi. Apalagi ditambah dengan pencemaran yang diakibatkan oleh manusia sehingga eutrofikasi terjadi lebih cepat daripada seharusnya.

Demikianlah pembahasan tentang apa yang dimaksud eutrofikasi. Jadi kesimpulannya, apa yang dimaksud eutrofikasi? Eutrofikasi adalah kondisi ekosistem perairan yang mengalami peningkatan jumlah nutrisi secara berlebihan.

Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Eutrofikasi 
http://lipi.go.id/berita/single/Eutrofikasi-Penyebab-Kematian-Massal-Ikan/10464

Berlangganan via Email

Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar