apa yang dimaksud dengan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi

Apa yang Dimaksud dengan Hubungan Kausalitas dalam Teks Eksplanasi?

Ada dua hubungan yang membangun teks eksplanasi hubungan kausalitas dan hubungan waktu. Kali ini kita akan belajar tentang apa yang dimaksud dengan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi.

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan tentang proses terjadinya fenomena alam atau sosial yang mempunyai hubungan sebab-akibat secara kronologis. Hubungan sebab-akibat itulah yang disebut dengan kausalitas.

Hubungan kausalitas adalah hubungan yang dibangun oleh suatu kejadian yang menjadi sebab dan kejadian lain sebagai akibat atau dampak dari kejadian tersebut. Jadi jalan kausalitas ada kejadian pertama yang menyebabkan kejadian kedua lalu menyebabkan kejadian ketiga dan seterusnya.

Hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi adalah hubungan suatu kejadian sebagai sebab dan kejadian lain sebagai akibat yang membangun teks eksplanasi tersebut. Hubungan sebab akibat tersebut dapat berupa frasa dengan frasa, klausa dengan klausa atau kalimat dengan kalimat. Dua klausa atau dua kalimat yang saling memiliki hubungan sebab-akibat bisa dihubungkan dengan konjungsi kausalitas. Contoh konjungsi kausalitas yaitu: sebab, akibatnya, oleh sebab itu, oleh karena itu, maka dari itu, dan lain sebagainya.

Jadi dalam teks eksplanasi dijelaskan peristiwa pertama yang menyebabkan peristiwa-peristiwa setelahnya. Antara peristiwa satu dengan peristiwa yang lain saling berkaitan dan memiliki hubungan sebab akibat.

Contoh Hubungan Kausalitas

Hujan terus mengguyur sejak kemarin. Akibatnya, hari ini Jakarta banjir.

Kurangnya didikan orang tua menyebabkan kenakalan remaja akhir-akhir ini.

Fenomena ular kobra yang muncul di beberapa wilayah di Indonesia diakibatkan karena sekarang ini adalah musim telur kobra menetas. Selain itu, semakin langkanya hewan-hewan predator pemakan telur ular kobra juga turut menyebabkan semakin banyaknya kemunculan ular kobra di beberapa tempat.

Kasus bullying bukanlah perkara sepele. Banyak korban yang mentalnya rusak akibat perilaku bullying yang menimpa mereka.

Karena banyak masyarakat yang menggunakan AC dan lemari es maka pemanasan global semakin mengancam.

Demikianlah pembahasan tentang apa yang dimaksud dengan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi. Kesimpulannya hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi adalah hubungan sebab akibat antara suatu kejadian dengan kejadian lain yang membangun teks eksplanasi tersebut.

Berlangganan via Email

Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar