Apa yang harus dilakukan agar sumber daya alam tetap lestari?

Sumber daya alam yang tersedia di alam ini harus dilestarikan. Meskipun jumlahnya melimpah, tetapi jika dimanfaatkan secara berlebihan dan tanpa aturan, bukan tidak mungkin sumber daya alam akan habis terutama sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

Sedangkan sumber daya alam yang dapat diperbaharui misalnya air, meskipun tidak akan habis, tetapi jika dikelola secara sembarangan dan dimanfaatkan secara berlebihan, maka akan rusak dan tercemar. Akibatnya ketersediaan air bersih semakin sulit didapatkan.

Apa yang harus dilakukan agar sumber daya alam tetap lestari?

Berikut adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk melestarikan sumber daya alam.

Menghemat penggunaan air

Di zaman sekarang, air bersih semakin sulit didapatkan. Sungai yang dulunya sering dimanfaatkan untuk mandi dan mencuci, sekarang sudah banyak yang tercemar dan tidak layak lagi untuk mandi dan mencuci.

Pemanfaatan air tanah secara masif dan berlebihan menyebabkan penurunan tanah sehingga menimbulkan kerusakan alam dan bencana seperti banjir rob.

Untuk itu penghematan air wajib dilakukan. Kita sebaiknya tidak membuang-buang air untuk sesuatu yang tidak perlu dan tidak penting. Gunakan air seperlunya saja.

Kurangi, pakai kembali, dan daur ulang sampah

Keberadaan sampah yang terlalu banyak bisa merusak lingkungan. Untuk itu keberadaan sampah perlu dimanfaatkan. Selain itu mendaur ulang sampah juga bisa menghemat penggunaan sumber daya alam.

Baca Juga:  Penerapan Listrik Statis dalam Kehidupan Sehari-hari

Kita juga perlul meminimalisir sampah yang kita hasilkan. Sampah-sampah yang masih bisa dipakai sebaiknya kita pakai.

Menanam pohon

Dengan menanam pohon, itu akan membuat udara di sekitar menjadi segar dan kaya akan oksigen. Udara dan angin juga termasuk sumber daya alam yang harus kita lestarikan.

Menjadi relawan

Jika Anda tertarik menjadi relawan lingkungan, ada beberapa organisasi lingkungan yang bisa anda datangi. Organisasi lingkungan misalnya Greenpeace, WWF, dan WALHI. Dengan menjadi relawan, Anda berkontribusi besar dalam melestarikan sumber daya alam.

Kurangi penggunaan bahan bakar minyak

Bahan bakar minyak diperoleh dari penambangan minyak bumi. Minyak bumi sendiri adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Kini ketersediaan minyak bumi semakin hari semakin berkurang. Dan bukan tidak mungkin suatu saat minyak bumi akan habis.

Untuk menghemat penggunaan bahan bakar minyak, kita bisa menggantinya dengan tenaga listrik. Sekarang ini sudah ada ada kendaraan yang digerakkan oleh listrik. Kendaraan listrik ini, kemungkinan akan menjadi kendaraan masa depan. Sekarang ini, infrastruktur untuk mendukung penggunaan kendaraan listrik sedang akan dibangun.

Selain itu, kita bisa mengganti gas alam dengan biogas untuk memasak. Biogas bisa kita buat dari gas metana yang dihasilkan dari kotoran.

Mengedukasi masyarakat

Saat ini banyak masyarakat yang perilakunya bisa merusak sumber daya alam. Misalnya membuang sampah sembarangan, membuang sampah di sungai, penggunaan pestisida secara berlebihan, dan lain-lain.

Sosialisasi tentang pentingnya melestarikan sumber daya alam perlu dilakukan kepada masyarakat agar mereka turut serta melestarikan sumber daya alam dan tidak merusak lingkungan. Biar bagaimanapun, dampaknya akan mereka rasakan juga.

Gunakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui

Dalam kasus tertentu, sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui bisa kita ganti dengan sumber daya alam yang dapat diperbarui. Kita bisa menggunakan energi matahari untuk menghasilkan listrik dari pada harus menggunakan batubara. 

Baca Juga:  Mengapa Ketika Kita Memakai Pakaian Hitam pada Siang Hari Badan Kita Terasa Panas?

Pembangkit listrik biasanya menggunakan batubara yang merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Kita bisa menggantinya dengan menggunakan panel surya untuk menghasilkan listrik di rumah.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan agar sumber daya alam tetap lestari.

Subscribe
Notifikasi
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar