apa yang menjadi objek pengamatan ipa

Apa yang Menjadi Objek Pengamatan IPA?

Saat di SD atau SMP kamu pastinya belajar IPA kan? Lalu apa yang dipelajari di pelajaran IPA? Apa yang menjadi objek pengamatan IPA? Ayo kita bahas bersama-sama.

Setiap disiplin ilmu pastinya mempunyai objek pengamatannya sendiri-sendiri. Begitu pula IPA, IPA juga mempunyai objek pengamatan yang dipelajari. IPA adalah akronim dari ilmu pengetahuan alam. Sebagaimana namanya ilmu pengetahuan alam adalah ilmu yang mempelajari tentang alam. Jadi apa yang menjadi objek pengamatan IPA? Objek pengamatan IPA adalah benda-benda alam dengan hukum-hukum yang pasti dan umum.

Benda-benda alam itu sangat banyak ada yang sangat kecil seperti atom dan sel dan ada yang besar seperti bioma dan biosfer. Benda-benda alam yang menjadi objek pengamatan IPA dapat berupa objek hidup atau biotik dan objek yang berupa benda mati atau abiotik. Objek hidup contohnya seperti manusia hewan, tumbuhan, jamur dan bakteri. Benda mati contohnya seperti air, gas, tanah, sinar matahari, suara, dan lain sebagainya. selain itu ilmu pengetahuan alam juga mempelajari hukum-hukum pasti yang ada di alam seperti gaya, gerak, kecepatan, energi, dan lain sebagainya.

Pengamatan IPA bisa dilakukan di lapangan atau di laboratorium. Pengamatan IPA bisa langsung dilakukan dengan alat indra atau menggunakan alat bantu. Contoh pengamatan IPA yaitu kamu mengamati pertumbuhan yang terjadi pada kecambah. Maka objek nya adalah kecambah. Dalam melakukan pengamatan ini kamu bisa menggunakan alat bantu yang berupa penggaris untuk mengukur pertambahan panjang kecambah dari waktu ke waktu.

Demikianlah pembahasan kali ini. Kesimpulannya objek pengamatan IPA adalah benda-benda alam dengan dengan hukum-hukum pasti dan umum.

Berlangganan via Email

Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Hosting Unlimited Indonesia