Apakah Tumbuhan Memerlukan Makanan?

Sebagai makhluk hidup, tumbuhan memerlukan makanan untuk tetap hidup.

Dalam pelajaran IPA khususnya Biologi, kita belajar tentang makhluk hidup dan ciri-cirinya. Salah satu ciri makhluk hidup adalah memerlukan makanan. Tumbuhan termasuk makhluk hidup. Namun, tumbuhan tidak memiliki mulut maupun perut. Pertanyaannya, apakah tumbuhan memerlukan makanan?

Ya, sama seperti makhluk hidup lain, tumbuhan juga memerlukan makanan. Jika tidak mendapatkan makanan, tumbuhan pun akan mati. Lalu, apa makanan yang dimakan tumbuhan? Bagaimana tumbuhan mendapatkan makanan?

Cara tumbuhan mendapatkan makanan tidak sama dengan makhluk hidup lain. Tumbuhan bisa membuat makanannya sendiri, sedangkan makhluk hidup lain seperti manusia dan hewan mendapatkan makanan dari organisme lain.

Jika tumbuhan bisa membuat makanannya sendiri, bagaimana caranya? Apakah tumbuhan membutuhkan sesuatu untuk membuat makanan? Jawabannya, tumbuhan membuat makanannya dengan cara fotosintesis. Tentu saja, tumbuhan membutuhkan sesuatu untuk melakukan fotosintesis.

Untuk melakukan fotosintesis, tumbuhan memerlukan air, karbon dioksida, dan cahaya matahari. Proses fotosintesis mengubah air dan karbon dioksida menjadi oksigen dan bahan makanan (glukosa) dengan bantuan cahaya matahari. Bahan makanan inilah yang menjadi makanan bagi tumbuhan.

Selain membutuhkan karbon dioksida, air, dan cahaya matahari, tumbuhan juga membutuhkan zat hara untuk pertumbuhannya. Karena itulah, tumbuhan akan tumbuh dengan baik pada tanah yang subur karena tanah tersebut banyak mengandung unsur hara. Karena itu juga, petani memupuk tanaman, pupuk menyediakan zat-zat hara yang dibutuhkan tumbuhan.

Meskipun tumbuhan membutuhkan makanan, tetapi, secara umum tumbuhan mendapatkannya dari benda mati dan bukan makhluk hidup lain. Hanya beberapa jenis tumbuhan saja yang juga memperoleh zat nutrisi dari hewan.

Ada beberapa tumbuhan yang juga mendapatkan zat nutrisi dari hewan. Tumbuhan ini disebut dengan tumbuhan karnivora. Contoh tumbuhan karnivora di antaranya kantong semar dan venus.

venus tumbuhan karnivora
venus tumbuhan karnivora – pixabay.com

Nah, sekarang kamu sudah tahu kalau tumbuhan bisa membuat makanannya sendiri. Tumbuhan mendapatkan makanan dari proses fotosintesis, tumbuhan juga membutuhkan zat-zat hara yang ada di tanah dan udara untuk pertumbuhannya. Tumbuhan tidak memakan makhluk hidup lain, meskipun ada beberapa jenis tumbuhan yang mendapatkan zat nutrisi dari hewan.

Baca Juga:  Cabang-cabang Biologi Lengkap dan Pengertiannya

Itu perbedaan tumbuhan dan makhluk hidup lain dalam mendapatkan makanan. Makhluk hidup lain, yaitu manusia dan hewan tidak bisa membuat makanannya sendiri. Mereka membutuhkan makanan dari tumbuhan. Jadi, tumbuhanlah yang berjasa bagi manusia dan hewan dalam mendapatkan makanan.

Coba kamu pikir, apa yang manusia makan? Manusia memakan nasi, sayur-sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Semua itu berasal dari tumbuhan. Apa yang kambing makan? Kambing memakan rumput dan dedaunan. Semua itu juga berasal dari tumbuhan.

Mungkin kamu berpikir, bukankah manusia tidak hanya memakan makanan dari tumbuhan? Manusia juga memakan ayam, telur, dan juga daging. Selain itu, ada juga hewan yang sama sekali tidak memakan tumbuhan, yaitu hewan karnivora seperti harimau, dan singa.

Hal itu benar, manusia juga memakan makanan dari hewan. Hewan karnivora juga hanya memakan hewan dan tidak memakan tumbuhan. Namun, secara tidak langsung mereka juga mendapatkan makanan itu dari keberadaan tumbuhan.

Misalnya, harimau adalah hewan karnivora. Artinya, harimau adalah pemakan hewan lain termasuk hewan herbivor. Coba perhatikan rantai makanan berikut ini:

Tumbuhan → hewan herbivor → harimau

Jika tidak ada tumbuhan, hewan herbivor akan mati. Jika tidak ada hewan herbivor, harimau pun tidak bisa mendapatkan makanan. Jika tidak mendapatkan makanan, harimau pun akan mati juga. Jadi, secara tidak langsung hewan karnivora juga membutuhkan adanya tumbuhan untuk mendapatkan makanan.

Subscribe
Notifikasi

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar