Bagaimana Bentuk Keberagaman Masyarakat Indonesia?

EDUTORIAL.ID

Indonesia adalah negara majemuk dengan kondisi masyarakat yang berbeda-beda. Coba perhatikan kondisi masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke! Kamu bisa melihatnya lewat televisi, buku, koran, majalah, atau internet. Apakah kondisi masyarakatnya seragam? Tentu tidak bukan? Kondisi masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke sangat beragam. Bagaimana bentuk keberagaman masyarakat Indonesia tersebut? Ayo kita pelajari!

Bentuk keberagaman masyarakat Indonesia meliputi keberagaman suku, keberagaman ras, keberagaman budaya, keragaman bahasa, keberagaman agama, keberagaman pandangan politik, keberagaman kelompok dan organisasi, keberagaman adat istiadat, keberagaman mata pencaharian, dan lain sebagainya.

Keberagaman Suku

Ada banyak sekali suku bangsa di Indonesia. Suku bangsa di Indonesia seperti suku Jawa suku Batak suku Sunda suku Melayu suku Dayak suku Gayo suku Bugis suku Minangkabau dan masih banyak lagi. Dan sekarang juga cukup banyak orang yang lahir dari blasteran antar suku.

Keberagaman Ras

Selain keberagaman suku, Indonesia juga terdiri dari beragam ras. Ada ras Austronesia ada juga ras Melanesia. Selain itu ada juga orang keturunan Arab, keturunan Cina, dan keturunan India. Mereka semua sama-sama baru kewarganegaraan Indonesia. Dan meskipun langka ada juga orang asing dari Eropa atau yang lainnya yang pindah kewarganegaraan menjadi warga negara Indonesia. Kemudian ada juga orang yang lahir hasil dari pendaftaran antar bangsa seperti anak blasteran dari orang tua Indonesia dan Belanda, Indonesia dan Australia, Indonesia dan Jepang, Indonesia dan Jerman, dan lain sebagainya.

Keberagaman Agama

kondisi masyarakat indonesia juga terdiri dari agama yang berbeda-beda. Semua masyarakat Indonesia haruslah memiliki agama karena itu bagian dari Pancasila. Jika tidak beragama itu artinya bertentangan dengan Pancasila.

Keberagaman Budaya

Indonesia juga memiliki keragaman budaya yang sangat banyak. Keberagaman budaya contohnya seperti keberagaman makanan daerah, lagu daerah, tari-tarian, bentuk rumah adat, alat musik, kesenian, dan lain sebagainya.

Keberagaman Adat Istiadat

macam-macam suku di Indonesia juga memiliki adat istiadat yang berbeda-beda. Adat istiadat tersebut berupa kebiasaan turun-temurun yang dilakukan sejak zaman dahulu. Di masing-masing daerah terdapat adat istiadat yang berbeda-beda.

Keberagaman Bahasa

Bahasa yang digunakan di Indonesia juga cukup beragam. Ada bahasa Jawa, bahasa Sunda, bahasa Melayu, bahasa Betawi, bahasa Madura, bahasa Makassar, bahasa Banjar, dan masih banyak lagi. Namun masyarakat Indonesia memiliki bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia.

Keberagaman Golongan dan Organisasi

Indonesia juga cukup banyak golongan masyarakat dan organisasi masyarakat. Contohnya ada NU, Muhammadiyah, dan lain sebagainya.

Keberagaman Mata Pencaharian

Mata pencaharian di Indonesia juga cukup beragam. Mata pencaharian contohnya petani guru PNS dokter pengusaha pemuka agama peternak dan lain sebagainya.

Keberagaman Pandangan Politik

masyarakat Indonesia juga memiliki pandangan politik yang berbeda dan sama satu sama lain. Contohnya ada beragam partai politik yang ada di Indonesia. Pemutihan saat ada pemilihan presiden juga warganya memilih presiden pilihan nya masing-masing. Namun pandangan politik di Indonesia harus sesuai Pancasila. tidak boleh ada pandangan politik yang bertentangan dengan Pancasila.

Demikianlah postingan tentang bagaimana bentuk keberagaman masyarakat Indonesia. Jadi bagaimana bentuk keberagaman masyarakat Indonesia? Keberagaman masyarakat Indonesia meliputi keberagaman suku, keberagaman ras, keberagaman adat istiadat, keberagaman budaya, keberagaman agama, keberagaman pandangan politik, keberagaman golongan dan organisasi, keberagaman mata pencaharian dan lain sebagainya.


Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Next Post

Jenis-jenis Kompor Berdasarkan Bahan Bakarnya

Kompor adalah alat dapur yang berfungsi untuk memanaskan alat masak. Kompor digunakan untuk merebus, menggoreng, menumis, mengukus, menyangrai, dan lain sebagainya. Ada beberapa jenis-jenis kompor yang bisa digunakan. Di rumahmu tentunya ada kompor bukan? Jenis kompor apa yang ada di rumahmu? Apakah kompor gas? Atau kompor listrik? Kompor gas dan […]
jenis jenis kompor