bagaimana cara menghadapi kegagalan
kegagalan via pixabay.com
Pengembangan Diri

Bagaimana Cara Menghadapi Kegagalan


Keberhasilan tidak harus tercapai hanya dengan sekali mencoba. Dengan begitu, sangat wajar jika banyak orang yang mengalami kegagalan sebelum akhirnya bisa meraih kesuksesan. Artikel kali ini tidak akan mempermasalahkan kegagalan itu sendiri, akan tetapi yang akan kita bahas adalah bagaimana cara menghadapi kegagalan tersebut. Apakah kita kalah dengan kegagalan dan berhenti mencoba, atau kita akan terus bangkit meskipun kita gagal berkali-kali, atau ada opsi lain yang bisa kita lakukan?

Akan menjadi masalah jika kita tidak bisa menghadapi kegagalan dengan baik. Jangan sampai kegagalan membuat kita semakin jatuh. Kegagalan bukanlah akhir dari kehidupan. Untuk itu, artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara menghadapi kegagalan ketika itu menimpa kita.

Tips Menghadapi Kegagalan

Berikut adalah tips bagaimana cara menghadapi kegagalan, yang bisa Anda praktekkan pada saat mengalami kegagalan.

Mengakui kegagalan ketika Anda mengalaminya

Jangan mencari seribu alasan sebagai pembenaran atas kegagalan yang telah terjadi. Jujurlah pada diri sendiri kalau Anda mengalami kegagalan. Anda harus bisa belajar dari kesalahan dengan cara mengakuinya.

Anda mempunyai hak untuk mengalami kegagalan

Kegagalan adalah hal yang manusiawi. Tidak semua proses berjalan dengan mulus. Bahkan orang yang sudah sukses dan berhasil dirinya pernah mengalami kegagalan di masa lalu. Jangan terlalu perfeksionis untuk meraih sesuatu tanpa kesalahan. Kegagalan bukanlah sebuah kegagalan mutlak tetapi kegagalan adalah sebuah proses untuk berhasil. Jangan patah semangat jika Anda mengalami kegagalan, jadikan kegagalan itu sebagai pemicu semangat yang lebih besar demi mencapai kesuksesan. Jika Anda ingin berhasil maka Anda harus berani gagal.

Biarkan Anda sedih ketika sedang merasa kehilangan

Ketika Anda gagal dan kehilangan sesuatu seperti uang, usaha, impian, atau yang lainnya itu bisa memicu perasaan sedih. Jangan menahan kesedihan, biarkan itu mengalir secara alami. Hanya saja jangan biarkan itu terjadi berlarut-larut. Ketika Anda sedih, panggil orang-orang yang Anda percayai, curhatlah kepada mereka. Mintalah nasehat bijak dan semangat dari mereka sehingga Anda bisa melewatinya dengan tabah.

Jangan malu atas kegagalan Anda

Anda bukan satu-satunya orang yang pernah gagal. Di luar sana, orang-orang sama seperti Anda, mereka berjuang dan terus berjuang selama mereka hidup dan pernah menghadapi kegagalan sama seperti Anda.

Manfaatkan rasa marah, bukan rasa marah yang memanfaatkan Anda

Kemarahan dan ketidakpuasan bisa saja muncul ketika Anda gagal. Jangan biarkan kemarahan meledak dan malah membuat semuanya menjadi semakin hancur. Sebaliknya manfaatkanlah rasa marah tersebut untuk memicu Anda bangkit dan lebih bersemangat.

Mengingat kesuksesan yang sudah Anda raih

Ketika kita gagal, biasanya kita malah teringat pada pengalaman gagal lainnya yang sudah terjadi daripada pencapaian dan kesuksesan yang sudah kita raih. Mengingat kegagalan ketika gagal hanya akan membuat Anda semakin jatuh. Sebaiknya kita perlu mengingat pencapaian dan keberhasilan yang sudah kita raih sehingga kita menganggap kegagalan yang sedang kita hadapi tidak membuat kita menjadi orang yang gagal karena kita pernah berhasil.

Ambil hikmah dan pelajaran dari kegagalan

Kita bisa mempelajari lebih banyak hal dari kegagalan dibandingkan dengan keberhasilan. Ketika Anda gagal, Anda akan tahu kelebihan dan kelemahan anda dan bisa berpikir lebih realistis.

Analisislah kegagalan yang Anda alami. Apa saja penyebabnya dan apa yang harus anda lakukan agar hal tersebut tidak terjadi untuk kedua kalinya.

Bergabunglah dengan orang-orang yang sukses

Orang-orang yang sukses merupakan orang yang sudah cukup berpengalaman sehingga Anda bisa belajar dari mereka. Cerita dibalik orang yang sukses bisa menjadi inspirasi bagi Anda untuk meraih kesuksesan.

Jauhi orang-orang negatif

Sebaiknya jauhi orang-orang yang bisa menjadi racun bagi Anda seperti para hater, pembully, dan orang-orang yang membuat Anda berkecil hati. Pengaruh mereka cukup kuat jika anda terlalu lemah. Oleh karena itu jika Anda tidak sanggup menghadapinya maka cara terbaik adalah dengan menjauhinya.

Dekatkan diri kepada Tuhan

Bagi yang muslim, kita harus bertawakal disamping berikhtiar. Seberapa keras pun kita berusaha, tetap Allah yang menentukan. Dan rencana Allah pastilah lebih baik dan lebih indah daripada rencana kita.

Perbarui impian Anda

Berpikirlah lebih realistis, jika Anda sudah mengalami kegagalan dan mustahil untuk bisa meraih suatu tujuan, perbarui impian Anda dan tetapkan tujuan baru meskipun itu kecil dan membutuhkan lebih sedikit prestasi untuk mencapainya.

Bangkit dan raihlah impian Anda

Entah itu tujuan lama atau tujuan baru, Anda harus bangkit untuk meraihnya. Jangan terus menerus merana karena sebuah kegagalan. Mulailah dari awal dengan semangat baru.


Referensi
تسع نصائح للتعامل مع الفشل بنجاح, www.aljazeera.net, diakses tanggal 31 Mei 2020.
10 نصائح تجعلك تقهر الفشل, www.drahmedharoun.com, diakses tanggal 31 Mei 2020.

Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar