bagaimana cara menghemat listrik
Fisika

Bagaimana Cara Menghemat Listrik di Rumah


Pada zaman sekarang, energi listrik sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian besar orang. Hal itu bisa dibuktikan dengan kacaunya kehidupan ketika terjadi blackout di kota besar. Bahkan peristiwa pemadaman listrik yang hanya beberapa jam saja sudah cukup untuk membuat banyak orang mengeluh. Terlepas dari ketergantungan kita pada energi listrik, kita harus menggunakan energi listrik dengan bijak dan hemat. Untuk itu, artikel ini akan jelaskan bagaimana cara menghemat listrik yang bisa Anda lakukan di rumah.

Ada berbagai keuntungan yang kita dapatkan jika kita menghemat listrik. Selain untuk mencegah bengkaknya tagihan listrik, secara tidak langsung kita juga turut serta menyelamatkan lingkungan dengan meminimalisir pencemaran. Dengan begitu meskipun Anda tidak keberatan berapapun biaya tagihan listrik, tetap penting bagi Anda untuk menghemat penggunaan energi listrik.

Berikut adalah bagaimana cara menghemat listrik yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Membersihkan tabung lemari es

Ini adalah cara yang efektif untuk menjaga kualitas lemari es dan efisiensi kerjanya. Tabung di belakang lemari es bisa saja rusak seiring berjalannya waktu yang bisa mengurangi efisiensi kerja nya. Maka dari itu membersihkan tabung tersebut harus berhati-hati. Paling tidak bersihkan setahun sekali untuk menjaga efisiensi kerja lemari es dan mengurangi konsumsi listrik.

2. Mengisi kulkas dengan makanan

Kita perlu mengisi lemari es dengan makanan agar tetap penuh tetapi sesuai kapasitas. Dengan begitu energi listrik yang dibutuhkan pun sedikit untuk menjaga suhu di dalamnya dingin. Selain itu, aturlah suhu sesuai kebutuhan dan hindari mengatur suhu ke titik terendah.

3. Mencuci pakaian dengan air dingin

Ini adalah ide yang bagus bagi ibu rumah tangga untuk mencuci pakaian dengan suhu rendah misalnya 30 derajat. Cara ini banyak membantu mengurangi konsumsi listrik karena mesin cuci tidak memerlukan banyak energi untuk memanaskan air.

4. Memanfaatkan sinar matahari

Sinar matahari adalah sumber energi yang gratis dan tersedia melimpah di alam. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkannya untuk menghemat listrik. Memasang panel surya di atap rumah bisa mengurangi konsumsi listrik yang digunakan untuk memanaskan air. Selain itu, membuka jendela pada siang hari bisa menyebabkan sinar matahari memasuki rumah. Ini bisa menjadi sumber pencahayaan dan pemanas yang gratis yang bisa mengurangi ketergantungan pada lampu dan penghangat ruangan.

5. Memutuskan aliran listrik pada alat-alat elektronik yang sedang tidak digunakan.

Ini adalah cara yang harus dilakukan untuk tidak membuang-buang energi listrik. Matikan lampu, televisi, komputer, dan perangkat listrik lainnya ketika sedang tidak digunakan.

6. Gunakan lampu LED daripada lampu pijar

Lampu pijar lebih boros energi karena menghasilkan panas. Sedangkan lampu LED lebih hemat karena tidak atau sangat sedikit menghasilkan panas. Selain itu lampu LED memiliki usia pakai yang lebih lama.

7. Beli perangkat pintar

Perangkat lama biasanya mengonsumsi energi listrik yang besar. Maka dari itu kita bisa menggantinya dengan modern yang hemat listrik. Kita perlu memilih produk-produk elektronik yang dirancang mengonsumsi lebih sedikit listrik. Walaupun pada akhirnya alat listrik tersebut harganya mahal, tetapi itu akan tergantikan dengan biaya operasional yang lebih murah.


Referensi
طرق توفير الكهرباء, mawdoo3.com, diakses tanggal 30 Mei 2020
كيفية توفير الكهرباء في المنزل, fekra.efawateercom.jo, diakses tanggal 30 Mei 2020

Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar