Bagaimana Kehidupan Ekonomi Masyarakat Kota dan Masyarakat Desa?

Admin

Bagaimana Kehidupan Ekonomi Masyarakat Kota dan Masyarakat Desa?

Terdapat sejumlah perbedaan antara kehidupan ekonomi masyarakat kota dan desa tapi keduanya saling berkaitan erat. Sebenarnya bagaimana kehidupan ekonomi masyarakat kota dan masyarakat desa?

Kehidupan Ekonomi Masyarakat Kota

kehidupan ekonomi masyarakat kota sangat bergantung dengan masyarakat desa. Karena untuk memenuhi kebutuhan pokok atau kebutuhan pangan masyarakat kota perlu memperoleh bahan makanan tersebut dari desa. Masyarakat kota tidak bisa memenuhi kebutuhan pangan itu sendiri karena wilayah perkotaan yang sempit dan tidak memungkinkan untuk melakukan kegiatan pertanian.

bagaimana kehidupan ekonomi masyarakat kota
sumber gambar: pixabay.com

Sebaliknya, untuk kebutuhan lainnya seperti jasa, kesehatan, pendidikan, hiburan, transportasi, dan kebutuhan lainnya bisa dengan mudah terpenuhi di daerah perkotaan. Fasilitas-fasilitas seperti stasiun, terminal, rumah sakit, supermarket, bioskop, jalan raya, sekolah, perguruan tinggi, dan yang lainnya mudah dijangkau oleh masyarakat kota.

Berbagai macam industri juga banyak ditemukan di masyarakat perkotaan. Industri makanan, industri tekstil, industri jasa, industri manufaktur, dan yang lainnya tersedia di kota. dengan begitu lapangan pekerjaan di Kota lebih tersedia dan lebih beraneka ragam. Karena alasan itulah banyak masyarakat desa yang ingin merantau ke kota.

Namun di sisi lain, kehidupan di kota lebih individualis dan kurang kebersamaan antar individu jika dibandingkan dengan kehidupan di desa. Selain itu, kondisi ketimpangan antara kaya dan miskin juga lebih tinggi di daerah kota.

Kehidupan Ekonomi Masyarakat Desa

bagaimana kehidupan ekonomi masyarakat desa
sumber gambar: pixabay.com

Kehidupan ekonomi masyarakat desa cenderung homogen yakni penduduknya memiliki mata pencaharian yang sama seperti bertani, beternak, dan yang lainnya. Dengan begitu kebersamaan antar masyarakat desa lebih terjalin satu sama lain.

Karena mata pencahariannya cenderung sama. Maka kesenjangan ekonomi antar warga di desa lebih rendah atau cenderung sama. Selain itu ketersediaan lapangan kerja di desa juga lebih terbatas. Karena lapangan pekerjaan yang tersedia hanya berkisar di sektor pertanian.

Untuk urusan pangan, masyarakat desa mungkin lebih terjamin kehidupannya. Di desa ketersediaan bahan makanan pokok seperti beras, jagung, dan yang lainnya tersedia melimpah. Selain itu hasil perkebunan pertanian serta peternakan lainnya seperti kol, cabai, telur, sayur-sayuran, rempah-rempah juga tersedia.

Di samping itu kebutuhan lainnya seperti kebutuhan fasilitas kesehatan, transportasi, jasa, pendidikan, dan kebutuhan lainnya lebih susah didapatkan oleh masyarakat desa. Fasilitas kesehatan misalnya, di desa fasilitas kesehatan seperti rumah sakit masih belum menjangkau ke pelosok. Orang desa untuk bisa ke rumah sakit harus menempuh perjalanan yang lumayan jauh.

Hubungan Antara Kehidupan Ekonomi Masyarakat Kota dan Masyarakat Desa

Kebutuhan masyarakat kota tidak bisa terpenuhi tanpa masyarakat desa begitu pula sebaliknya

masyarakat kota dan masyarakat desa saling membutuhkan untuk memenuhi kebutuhan. Tanpa masyarakat desa, masyarakat kota akan kesulitan memenuhi kebutuhan pangan seperti nasi, lauk pauk, sayur dan buah. Tanpa masyarakat kota, kehidupan masyarakat desa akan primitif seperti tidak ada motor, tidak ada televisi, tidak ada bubuk, dan tidak ada barang-barang lain yang bisa didapatkan dari masyarakat kota.

Tidak semua alat pemenuhan kebutuhan tersedia di kota dan di desa

Alat pemenuhan kebutuhan yang berupa barang dan jasa tidak tersedia semuanya hanya di satu wilayah. Ada barang dan jasa yang hanya tersedia di daerah perkotaan dan tidak ada di daerah pedesaan. ada barang dan jasa yang hanya tersedia di pedesaan tetapi tidak tersedia di perkotaan. dengan begitu kedua daerah tersebut yakni daerah kota dan desa membutuhkan satu sama lain untuk memenuhi kebutuhan mereka masing-masing.

Jika tidak tersedia alat pemenuhan secara lengkap, bagaimana desa memenuhi kebutuhannya?

alat pemenuhan kebutuhan tidak tersedia secara lengkap di desa maupun di kota. Untuk itu cara memenuhi kebutuhan tersebut adalah dengan cara bekerja sama antara masyarakat kota dan masyarakat desa. Masyarakat kota bisa memperoleh kebutuhan pangan dari masyarakat desa. Sedangkan masyarakat desa bisa memperoleh barang dan alat pertanian seperti pupuk dan traktor dari masyarakat kota. Begitu pula kebutuhan lainnya seperti kebutuhan sandang, transportasi, dan kebutuhan lainnya.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bagaimana Bentuk Keberagaman Masyarakat Indonesia?

Indonesia adalah negara majemuk dengan kondisi masyarakat yang berbeda-beda. Coba perhatikan kondisi masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke! Kamu bisa melihatnya lewat televisi, buku, koran, majalah, atau internet. Apakah kondisi masyarakatnya seragam? Tentu tidak bukan? Kondisi masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke sangat beragam. Bagaimana bentuk keberagaman masyarakat Indonesia tersebut? […]
bagaimana bentuk keberagaman masyarakat indonesia