Bagaimana Manfaat Perdagangan Internasional bagi Perekonomian Indonesia?

EDUTORIAL.ID
bagaimana manfaat perdagangan internasional bagi perekonomian indonesia
sumber gambar: pixabay

Jual beli adalah kegiatan yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan kita untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau kebutuhan lainnya. Jual beli tidak hanya dilakukan di dalam negeri saja, akan tetapi jual beli juga bisa dilakukan sampai melalui batas negara. Perdagangan yang dilakukan antar warga negara yang melewati batas-batas wilayah negara itu dinamakan dengan perdagangan internasional. Banyak negara yang internasional termasuk negara Indonesia. Bagaimana manfaat perdagangan internasional bagi perekonomian Indonesia?

Perdagangan internasional yang dilakukan oleh Indonesia baik yang dilakukan oleh individu, kelompok swasta, ataupun pemerintah tentunya memiliki manfaat bagi perekonomian Indonesia meskipun juga terdapat dampak negatifnya. Kalau tidak ada manfaatnya, untuk apa juga dilakukan? Berikut adalah manfaat perdagangan internasional bagi perekonomian Indonesia:

Memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan keuntungan bisnis dengan melakukan ekspor

Penjualan barang ke luar negeri disebut dengan ekspor. Dengan adanya ekspor, kita bisa memperluas jangkauan pemasaran barang-barang hasil produksi yang berasal dari negara kita baik itu bahan mentah, setengah jadi, atau barang yang sudah jadi.

Meningkatkan produktivitas

Adanya ekspor tentunya juga berimbas pada peningkatan produktivitas. Karena kebutuhan semakin banyak dan kebutuhan itu tidak hanya berasal dari dalam negeri melainkan dari luar negeri juga maka produksi untuk memenuhi kebutuhan kebutuhan itu juga akan semakin meningkat demi memenuhi kebutuhan itu.

Memperluas lapangan kerja

Dengan adanya peningkatan produktivitas, itu juga berefek pada meluasnya lapangan kerja. Kebutuhan tenaga kerja juga meningkat demi meningkatkan jumlah hasil produksi.

Mendapatkan barang dari luar negeri

Selain kita menjual barang produksi ke luar negeri, kita juga bisa membeli barang dari luar negeri. Tentunya ini adalah keuntungan, karena ada barang-barang tertentu yang tidak diproduksi dari dalam negeri atau diproduksi namun tidak bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri yang terlalu tinggi.

Mendapatkan keuntungan dari pajak

Kegiatan ekspor dan impor dikenakan pajak. Tentu ini menjadi keuntungan secara ekonomi bagi Indonesia. Uang pajak bisa digunakan untuk membangun infrastruktur dan memajukan ekonomi di Indonesia.

Itulah pemaparan mengenai bagaimana manfaat perdagangan internasional bagi perekonomian Indonesia. Ternyata cukup besar manfaat yang didapatkan dari adanya perdagangan internasional sehingga Indonesia dan juga negara-negara lain melakukan kegiatan itu. Namun harap diingat, selain manfaat, sudah terdapat dampak negatif dari adanya perdagangan internasional. Untuk itu kita perlu mengantisipasiny supaya bisa meminimalisir dampak negatif tersebut.


Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Next Post

Penggunaan Benda Konduktor dan Isolator

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menggunakan atau menjumpai orang-orang menggunakan benda-benda yang terbuat dari bahan konduktor maupun bahan isolator. Konduktor adalah benda yang bisa menghantarkan panas atau listrik. Isolator adalah benda yang tidak bisa atau sulit menghantarkan panas atau listrik. Artikel kali ini akan membahas tentang penggunaan benda konduktor dan […]
penggunaan benda konduktor dan isolator