Bagaimana Pengelompokan Hutan di Indonesia?

Admin
Hutan di Indonesia sangat beragam dan bermacam-macam. Hutan di Indonesia bisa dikelompokkan berdasarkan keadaan iklim, jenis tumbuhan, ketinggian tempat, serta tujuan dan kegunaan. Berikut adalah pengelompokan hutan di Indonesia
hutan pegunungan
Sumber gambar: pixabay

A.    Pengelompokan Hutan di Indonesia Berdasarkan Keadaan Iklim

Berdasarkan keadaan iklim, hutan di Indonesia terdiri dari hutan hujan tropis, hutan musim dan hutan daerah sedang.
  1. Hutan hujan tropis adalah hutan yang berdaun lebat, berpohon besar dan tinggi, misalnya hutan di Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, dan Pulau Irian.
  2. Hutan musim adalah hutan yang daunnya gugur pada musim panas dan bertunas/berdaun pada musim hujan.
  3. Hutan daerah sedang adalah hutan yang terdapat di wilayah 25º – 40º Lintang Utara dan Lintang Selatan.

B. Pengelompokan Hutan di Indonesia Berdasarkan Jenis Tumbuhan

Berdasarkan jenis tumbuhan, hutan di Indonesia terdiri dari hutan homogen dan hutan heterogen.
  1. Hutan homogen adalah hutan yang hanya terdiri dari satu jenis tumbuhan utama saja, misalnya hutan jati, hutan pinus, dan lain-lain.
  2. Hutan heterogen adalah hutan yang terdiri atas berbagai jenis tumbuh-tumbuhan dan biasanya merupakan hutan rimba.

C. Pengelompokan Hutan di Indonesia Berdasarkan Ketinggian Tempat

Berdasarkan ketinggian tempat, hutan di Indonesia terdiri dari hutan payau, hutan rawa, hutan dataran rendah, dan hutan pegunungan.
  1. Hutan payau (hutan pantai) adalah hutan yang terdapat di sepanjang pantai, misalnya di pantai timur Pulau Sumatera dan pantai utara Pulau Jawa.
  2. Hutan rawa adalah hutan yang terdapat di daerah rawa, misalnya hutan di Pulau Kalimantan.
  3. Hutan dataran rendah adalah hutan yang terdapat di daerah dataran rendah.
  4. Hutan pegunungan adalah hutan yang terdapat di daerah pegunungan.

D. Pengelompokan Hutan di Indonesia Berdasarkan Tujuan dan Kegunaan

Berdasarkan tujuan dan kegunaan, hutan di Indonesia terdiri dari hutan hujan pruduksi, hutan lindung, hutan rekreasi, dan hutan suaka alam.
  1. Hutan produksi adalah hutan yang dimanfaatkan untuk menghasilkan bahan baku produksi, seperti kayu bangunan, kertas, perabot rumah tangga, dan lain-lain.
  2. Hutan lindung adalah hutan yang dimaksudkan untuk keperluan perlindungan alam dan kelestarian lingkungan, misalnya untuk mencegah erosi dan banjir, serta mengatur kelembapan tanah.
  3. Hutan rekreasi adalah yaitu hutan yang sengaja diperuntukkan bagi kepentingan rekreasi supaya daerah rekreasi selalu sejuk dengan pemandangan alam yang indah.
  4. Hutan suaka alam adalah hutan yang berfungsi melindungi tumbuhtumbuhan yang sudah langka dan dikhawatirkan punah. Hutan produksi, hutan rekreasi, dan hutan suaka alam adalah hutan budi daya, yaitu hutan yang sengaja dibuat dan dipelihara untuk kepentingan manusia
Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

34 Provinsi Beserta Pelabuhan dan Bandara

Sebelum membahas “34 Provinsi Beserta Pelabuhan dan Bandara” mari kita bahas dulu apa itu pelabuhan dan bandara. Pelabuhan adalah sebuah fasilitas di ujung samudera, sungai, atau danau untuk menerima kapal dan memindahkan barang kargo maupun penumpang ke dalamnya. Pelabuhan biasanya memiliki alat-alat yang dirancang khusus untuk memuat dan membongkar muatan […]