Bagaimana Perbedaan Air Tanah dengan Air Permukaan?

EDUTORIAL.ID
bagaimana perbedaan air tanah dengan air permukaan
sumber gambar: pixabay

Bagaimana perbedaan air tanah dengan air permukaan? Sebelum membahas perbedaan air tanah dengan air tanah, kita bahas dulu Apa itu air tanah dan air permukaan satu persatu.

Air tanah

Air tanah adalah air yang berada di dalam lapisan tanah atau bebatuan yang lokasinya ada di bawah permukaan tanah. Semua air yang berada di bawah permukaan tanah disebut air tanah. Karena air tanah ini berada di dalam tanah maka air tanah tidak dapat dilihat secara langsung kecuali telah dilakukan pengeboran atau penggalian, air tanah dapat terlihat setelah terkumpul di ruang kosong galian tersebut. Air tanah berasal dari air hujan atau air permukaan yang merembes ke dalam tanah. Contoh air tanah yang biasa digunakan sehari-hari adalah air sumur.

Air permukaan

Permukaan adalah air yang terkumpul dan berada di atas tanah atau permukaan. Air ini dapat kita lihat secara langsung karena terletak di permukaan. Air tanah berasal dari proses presipitasi atau hujan serta bisa juga berasal dari air tanah yang muncul ke permukaan yang disebut dengan mata air. Air tanah juga bisa berkurang secara alami dengan cara menguap menjadi uap air dan merembes ke dalam tanah. Jadi semua air yang berada di atas tanah atau permukaan itu disebut dengan air permukaan baik itu yang mengalir atau tidak mengalir. Air permukaan misalnya yaitu air sungai, mata air, air danau, air rawa, dan air laut.

Jadi, bagaimana perbedaan air tanah dengan air permukaan? Berdasarkan pemaparan di atas, perbedaan utama antara air tanah dan air permukaan adalah lokasinya. Air tanah berada di dalam lapisan tanah sedangkan air permukaan berada di permukaan.

sumber: sumber 1 | sumber 2


Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Next Post

Bagaimana Tumbuhan Lumut Berkembang Biak?

Bagaimana tumbuhan lumut berkembang biak? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita bahas dulu pergiliran keturunan tumbuhan lumut. Pada siklus hidup tumbuhan lumut, tumbuhan lumut mengalami metagenesis atau pergiliran keturunan. Apa yang kita lihat dan kenal sebagai tumbuhan lumut, itu adalah tumbuhan lumut saat berada di fase gametofit. Fase gametofit adalah […]
bagaimana tumbuhan lumut berkembang biak