Bagaimana Tumbuhan Lumut Berkembang Biak?

EDUTORIAL.ID
bagaimana tumbuhan lumut berkembang biak
sumber gambar: pixabay

Bagaimana tumbuhan lumut berkembang biak? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita bahas dulu pergiliran keturunan tumbuhan lumut.

Pada siklus hidup tumbuhan lumut, tumbuhan lumut mengalami metagenesis atau pergiliran keturunan. Apa yang kita lihat dan kenal sebagai tumbuhan lumut, itu adalah tumbuhan lumut saat berada di fase gametofit. Fase gametofit adalah fase tumbuhan menghasilkan gamet yang bersifat haploid atau tunggal. Jadi satu tumbuhan hanya memiliki satu jenis kelamin saja. oleh sebab itu terdapat tumbuhan lumut betina dan juga tumbuhan lumut jantan secara terpisah. Sel-sel kelamin jantan dihasilkan dari anteridium dan sel kelamin betina berada di dalam arkegonium. Anteridium dan arkegonium berada di puncak tumbuhan lumut. Anteridium yang sudah matang akan melepaskan sel-sel sperma. Dalam kondisi lingkungan yang basah, sel-sel sperma berenang menuju arkegonium untuk membuahi ovum.

Ovum yang sudah dibuahi sel sperma kemudian tumbuh menjadi sporofit. Untuk mencapai tingkat kematangan, sporofit membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 6 bulan. Sporofit akan membentuk kapsul yang disebut sporogonium dibagian ujungnya. Jika sudah matang, sporogonium akan melepaskan spora. Spora tersebut nantinya tumbuh menjadi protonema. Protonema ini tumbuh serta meluas dan nantinya akan mencapai tahap untuk menumbuhkan gametofit baru.

Jadi, Bagaimana tumbuhan lumut berkembang biak? Berdasarkan penjelasan di atas, tumbuhan lumut berkembang biak dengan dua cara. Pada fase gametofit, tumbuhan lumut berkembang biak secara generatif yaitu dengan melakukan pembuahan. Sedangkan pada fase sporofit, tumbuhan lumut berkembang biak dengan spora.

link sumber


Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Next Post

Bagaimana Menjaga Komitmen Persatuan

Bagaimana Menjaga Komitmen Persatuan? Sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa orang lain, kita harus menjaga komitmen persatuan. Kita semua sudah berkomitmen untuk bersatu. Kapan kita berkomitmen? Salah satu sila dalam Pancasila berbunyi persatuan Indonesia. Dengan demikian semua warga Indonesia tak terkecuali harus bersatu. Jika tidak, itu artinya sudah […]
bagaimana menjaga komitmen persatuan