blooming algae disebabkan oleh

Blooming Algae Disebabkan Oleh

Blooming algae adalah suatu keadaan dimana terjadi peningkatan poulasi alga (biasanya alga mikroskopis) secara berlebihan disuatu ekosistem perairan. Blooming algae disebabkan oleh eutrofikasi atau peningkatan jumlah nutrisi di suatu ekosistem perairan secara berlebihan. Salah satu penyebab eutrofikasi adalah penggunaan pupuk buatan secara berlebihan. Jadi blooming algae disebabkan salah satunya oleh penggunaan pupuk buatan secara berlebihan.

Sebenarnya eutrofikasi dan blooming algae bisa terjadi secara alami. Akan tetapi terjadinya eutrofikasi dan blooming algae secara alami bisa terjadi melalui proses yang sangat lama hingga ribuan tahun. Beberapa kasus blooming algae tampak jelas penyebabnya adalah faktor manusia seperti penggunaan pupuk buatan yang berlebihan.

Pupuk buatan yang digunakan secara berlebihan di area pertanian akan terbawa oleh air hujan menuju ekosistem perairan sungai atau danau. Limbah pupuk ini mengandung banyak nutrisi seperti nitrat dan fosfat yang bisa menjadi makanan bagi organisme mikroskopis seperti alga atau fitoplankton. Karena adanya peningkatan jumlah nutrisi akibat penimbunan limbah pupuk ini maka terjadilah blooming algae atau ledakan populasi alga.

Blooming algae merupakan peristiwa yang merugikan karena mencemari ekosistem air dan dapat menyebabkan kematian massal pada ikan. Blooming algae juga bisa membahayakan manusia apabila alga yang mengalami ledakan populasi adalah alga yang berbahaya seperti yang terjadi di perairan teluk Ambon.

Demikianlah penjelasan tentang “blooming algae disebabkan oleh”. Jadi kesimpulannya penyebab blooming algae adalah eutrofikasi. Eutrofikasi sendiri disebabkan salah satunya oleh penggunaan pupuk buatan yang berlebihan.

Berlangganan via Email

Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar