buaya sering mengangakan mulutnya dalam waktu yang lama mengapa hal itu di lakukan

Mengapa Buaya Sering Mengangakan Mulutnya?

Buaya Sering Mengangakan Mulutnya dalam Waktu yang Lama, Mengapa Hal itu Dilakukan?

Hai sahabat Edutorial, kembali lagi bersama admin edutorial yang akan memberikan informasi menarik seputar pengetahuan dan pendidikan. Pada sesi Q&A kali ini kita akan menjawab pertanyaan “Mengapa buaya sering mengangakan mulutnya dalam waktu yang lama?”

Wah pastinya kalian sering ya menjumpai video atau gambar buaya yang mengangakan mulutnya saat berjemur. Sebenarnya apa alasan buaya tersebut melakukan hal itu? Apakah mau minta makan? Apakah untuk menakut-nakuti binatang di sekitarnya?

Menurut situs livescience, buaya sering berdiam diri dengan membuka mulutnya, peristiwa ini disebut dengan menganga. Menurut para ahli, hal itu dilakukan buaya untuk mendinginkan tubuhnya. Namun, ternyata buaya juga melakukan ini saat malam hari dan ketika hujan. Jadi menganga tidak dilakukan buaya hanya ketika berjemur saja. Menganganya buaya pada saat hujan dan malam hari menunjukkan kalau menganga ini juga punya fungsi sosial. (sumber: livescience)

Menurut Wikipedia, buaya tidak memiliki kelenjar keringat dan melepaskan panas melalui mulutnya. Mereka sering tidur dengan mulut terbuka dan terengah-engah seperti anjing. (sumber: Wikipedia )

Selain itu jika buaya hidup bersama burung cerek mesir, maka keduanya akan bersimbiosis. Buaya memang biasanya akan menerkam burung atau binatang lain yang ada di depan mulutnya. Namun tidak berlaku bagi burung cerek, burung cerek akan memakan sisa-sisa makanan yang ada di sela-sela gigi buaya. Sehingga gigi mulut buaya lebih bersih. Keduanya saling menguntungkan. (Sumber: Wikipedia)

Berdasarkan uraian di atas, jawaban dari pertanyaan: ” Mengapa buaya sering mengangakan mulutnya dalam waktu yang lama?” adalah buaya menganga dalam jangka waktu lama untuk mendinginkan tubuhnya. Itu adalah fungsi utamanya. Selain itu terdapat fungsi lain yaitu fungsi sosial atau fungsi simbiosis bersama burung cerek.

Berlangganan via Email

Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar