Cara Mengatasi Akun LinkedIn Tidak Bisa Login

Pernahkah kamu mengalami situasi menjengkelkan saat mau masuk akun LinkedIn, eh malah terjebak di halaman “Mari lakukan pemeriksaan keamanan cepat” dengan ikon loading yang terus berputar?

Pasti frustrasi banget ya?

Apalagi kalau sudah coba login berkali-kali, hapus cache, sampai install ulang aplikasi, tapi masalahnya tetap nggak berubah.

Masalah akun LinkedIn tidak bisa login seperti ini memang sering terjadi dan membuat pengguna kebingungan mencari cara mengatasi akun LinkedIn yang stuck.

Situasi ini memang bikin kesal.

Gimana nggak?

Kita jadi nggak bisa akses LinkedIn sama sekali.

Padahal, seringnya kita butuh LinkedIn buat urusan profesional, entah itu networking, cari kerja, atau urusan penting lainnya.

Lebih ironisnya lagi, kalau kita mau menghubungi dukungan LinkedIn, biasanya harus login dulu, lah login aja nggak bisa!

Tapi tenang, jangan panik dulu.

Kamu nggak sendirian kok.

Banyak juga yang ngalamin masalah kayak gini di LinkedIn.

Kabar baiknya, ada cara yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah akun LinkedIn tidak bisa login ini.

Berdasarkan pengalaman pribadi, aku mau bagi cara mengatasi akun LinkedIn yang stuck di “Mari lakukan pemeriksaan keamanan cepat”.

Ingat, cara ini mungkin nggak sama untuk semua kasus, tapi nggak ada salahnya dicoba sebagai langkah awal cara mengatasi LinkedIn tidak bisa login.

Masalah ini bukan dari aplikasi LinkedIn, browser, atau koneksi internet.

Meski ada ikon loading muter-muter dengan tulisan “Mari lakukan pemeriksaan keamanan cepat”, kemungkinan besar masalah utamanya adalah akun kita yang dibatasi.

Solusi Jitu: Verifikasi Identitas Lewat “Lupa Kata Sandi”

Terus, gimana cara mengatasi pembatasan akun ini dan kembali login ke LinkedIn?

Ikuti langkah-langkah berikut yang aku lakukan dan berhasil mengatasi masalah “Mari lakukan pemeriksaan keamanan cepat” di akun LinkedIn:

1. Buka Halaman Login, Klik “Lupa Kata Sandi”

Pertama, buka halaman login LinkedIn seperti biasa.

Cari dan klik “Lupa kata sandi?” atau ” Forgot password?” untuk memulai proses cara mengatasi LinkedIn tidak bisa login.

2. Masukkan Email Akun LinkedIn

Setelah klik “Lupa kata sandi?”, masukkan alamat email yang kamu pakai untuk akun LinkedIn.

Ketik email dengan benar, lalu klik “Kirim” atau ” Submit“.

Ini adalah langkah awal cara mengatasi akun LinkedIn tidak bisa login dengan verifikasi identitas.

3. Cek Email, Masukkan OTP

LinkedIn akan kirim kode OTP (One-Time Password) ke email yang kamu masukkan.

Cek kotak masuk email, termasuk folder spam atau promotions, cari email dari LinkedIn berisi kode OTP.

Salin atau catat kode OTP, lalu masukkan di halaman verifikasi LinkedIn sebagai bagian dari cara mengatasi LinkedIn tidak bisa login.

4. Pemberitahuan Akun Dibatasi

Setelah masukkan OTP, kemungkinan kamu nggak langsung login ke LinkedIn.

Malah, kamu akan dapat pemberitahuan kalau akunmu dibatasi karena alasan keamanan.

Pemberitahuan ini biasanya bilang kamu perlu verifikasi identitas untuk mengatasi pembatasan akun LinkedIn tidak bisa login.

5. Verifikasi Identitas via Persona

LinkedIn akan arahkan kamu ke proses verifikasi identitas via Persona, layanan verifikasi pihak ketiga, sebagai langkah utama cara mengatasi LinkedIn tidak bisa login.

Ikuti semua instruksi dengan teliti.

Prosesnya meliputi:

Verifikasi Wajah (Selfie): Kamu akan diminta selfie hadap depan, menengok kiri, dan menengok kanan.

Pastikan izin akses kamera sudah diberikan di browser atau aplikasi LinkedIn.

Ikuti petunjuk visual di layar.

Jika selfie tidak sesuai, ambil ulang sampai sesuai, lalu Lanjutkan ke foto KTP.

Verifikasi KTP: Selanjutnya, kamu diminta foto kartu identitas, biasanya KTP.

Kamu foto bagian depan dan belakang KTP.

Proses foto KTP ini langsung di halaman web verifikasi, bukan pakai aplikasi kamera HP.

Halaman web biasanya ada bingkai panduan agar foto KTP sesuai format.

Jika foto KTP dirasa belum sesuai, ambil ulang sampai sesuai.

6. Kirim Foto Identitas dan Klik “Ya, Bagikan”

Setelah selfie dan foto KTP selesai dan sesuai, tinggal submit atau kirim foto identitas tersebut, lalu klik tombol “Ya, Bagikan”.

7. LinkedIn Trust and Safety Team Kirim Email Konfirmasi Penerimaan

Setelah kirim foto identitas dan klik tombol “Ya, Bagikan”, LinkedIn trust and safety team akan mengirimkan pemberitahuan email konfirmasi penerimaan permohonan kamu untuk meninjau ulang pembatasan akun.

8. Email Konfirmasi Verifikasi Identitas dan Penghapusan Pembatasan Akun

Jika tim Trust and Safety LinkedIn menemukan akunmu tidak melanggar kebijakan, Mereka akan mengirimkan email konfirmasi bahwa Mereka telah memverifikasi identitas kamu dan menghapus pembatasan pada akun kamu.

9. Login Kembali Setelah Bersihkan Cache

Jika dapat email konfirmasi pembatasan dicabut, coba login lagi ke akun LinkedIn.

Sebelum login, bersihkan cache dan cookies browser dulu.

Ini untuk memastikan tidak ada data cache rusak yang bisa bikin masalah login lagi setelah menerapkan cara mengatasi LinkedIn tidak bisa login.

Penutup

Cara mengatasi akun LinkedIn stuck di “Mari lakukan pemeriksaan keamanan cepat” lewat verifikasi identitas ini berhasil berdasarkan pengalamanku.

Tapi, ingat lagi, solusi ini mungkin nggak berlaku untuk semua masalah terkait akun LinkedIn tidak bisa login.

Keberhasilan cara ini tergantung alasan pembatasan akunmu.

Jika pembatasan akun karena aktivitas mencurigakan atau dicurigai akses tidak sah, dan kamu bisa buktikan identitas lewat verifikasi, kemungkinan besar cara ini akan efektif sebagai cara mengatasi akun LinkedIn tidak bisa login.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bantu kamu login lagi ke akun LinkedIn.

📌 Ikuti kami di: