cara mengetahui gaya belajar

Cara Mengetahui Gaya Belajar yang Sesuai dengan Anda

Cara Mengetahui Gaya Belajar – Pernahkah Anda kebingungan bagaimana cara memahami dan mempelajari sesuatu dengan mudah? Ini tergantung cara apa yang Anda gunakan dalam belajar. Setiap orang memiliki gaya belajarnya sendiri dan tidak harus sama dengan orang lain. Anda bisa melihat beberapa orang bisa dengan mudah mempelajari dan memahami sesuatu hanya dengan membaca buku. Namun ketika Anda mencoba melakukannya, ternyata cara tersebut tidak berhasil. Anda merasa kesulitan untuk memahami dan menghafal informasi yang Anda baca dari buku. Namun, ketika Anda mendengarkan versi audio dari buku tersebut ternyata Anda bisa dengan mudah menghafal informasi tersebut.

Mengetahui gaya belajar yang sesuai dengan diri sendiri tidak hanya membantu Anda belajar dengan lebih efektif, tetapi itu juga membantu Anda membuat keputusan penting dalam kehidupan seperti memilih jurusan atau pekerjaan.

Sebelum membahas cara mengetahui gaya belajar yang cocok dengan diri sendiri, kita bahas dulu jenis-jenis gaya belajar.

Jenis-jenis Gaya Belajar

Gaya belajar visual

Ketika Anda mendapatkan tugas untuk melakukan sesuatu, Anda mungkin mudah lupa atau tidak terlalu paham dengan tugas-tugas Anda. Akan tetapi Anda bisa belajar bagaimana melakukan tugas tersebut dengan arahan tertulis atau menggunakan grafik serta jadwal yang sudah jadi. Itu berarti kemungkinan besar Anda adalah tipe pembelajar visual. Anda belajar melalui penglihatan dan lebih suka semua informasi ditulis di depan Anda.

Gaya belajar auditori

Anda tidak suka mencatat atau belajar dari buku. Anda lebih merasa nyaman memahami sesuatu ketika diberitahu secara langsung dan Anda suka orang lain menjelaskan sesuatu secara lisan. Itu artinya Anda adalah tipe pembelajar auditori. Anda lebih suka bekerja dengan orang lain dengan berbagi ide dan saling berdiskusi secara lisan. Jika Anda terpaksa harus mendapatkan informasi dari buku, Anda membacanya dengan keras atau mendownload versi audio dari buku tersebut. Anda lebih senang belajar dari podcast, radio, atau video YouTube karena Anda bisa mendengarkan informasi yang disajikan.

Gaya belajar kinestetik

Menyibukkan diri dengan tugas adalah cara belajar yang Anda sukai. Anda mudah lupa jika seseorang menjelaskan sesuatu dan Anda merasa kesulitan untuk memahami informasi dari teks, bagan atau grafik. Namun saat ada orang lain memandu Anda melakukan sesuatu dengan praktek selangkah demi selangkah, Anda bisa dengan mudah mengingat langkah-langkah tersebut. Itu artinya Anda adalah tipe pembelajar kinestetik. Anda lebih suka belajar dengan menggerakan tubuh Anda dan lebih suka belajar dengan pengalaman daripada sekedar mendengarkan.

Cara mengetahui gaya belajar yang cocok dengan diri Anda

Ada perlu mengetahui gaya belajar mana yang paling sesuai dengan diri Anda agar bisa belajar lebih efektif. Namun tampaknya itu bukan sesuatu yang mudah dilakukan. Anda masih saja bingung meskipun sudah mengetahui jenis-jenis gaya belajar yang Anda baca pada pemaparan di atas. Ada beberapa hal yang bisa membantu Anda mengetahui gaya belajar mana yang paling cocok.

Mengikuti tes

Kuesioner bisa membantu Anda mengetahui gaya belajar yang paling sesuai. Isi pertanyaan kuesioner biasanya tentang bagaimana Anda menerima informasi, bagaimana Anda menjalani hidup, Anda berinteraksi dengan orang lain, bagaimana Anda berpartisipasi dalam tugas tertentu, dan lain sebagainya. pertanyaan-pertanyaan tersebut didasarkan atas informasi tentang diri Anda. Mereka bisa memberitahu bagaimana cara otak Anda bekerja.

Mempraktekkan masing-masing gaya belajar dan menganalisis mana yang paling cocok

Setelah mengetahui jenis-jenis gaya belajar, cobalah praktekkan semua gaya belajar tersebut. Perhatikan dan pantau sejauh mana efektivitas dari masing-masing gaya belajar yang Anda coba lakukan. Ini artinya Anda menguji diri sendiri untuk mengetahui gaya belajar yang paling sesuai. Lakukan belajar dengan mendengarkan, amati tingkat pemahaman dan penguasaan Anda. Lakukan hal yang sama dengan melihat informasi visual seperti tabel, teks, dan grafik; serta perhatikan bagaimana orang lain melakukan sesuatu dan cobalah untuk mempraktekannya.

Untuk tipe pembelajar visual Anda bisa melakukan ini

  • Bacalah buku, perhatikan grafik, tonton video yang menjelaskan sesuatu secara visual.
  • Catatlah informasi anda dan aturlah menggunakan bagan, tabel, dan warna dan pastikan itu mudah dibaca.

Untuk tipe pembelajaran auditory Anda bisa melakukan ini

  • Bicaralah dengan orang lain dan dengarkan penjelasan mereka, konsultasilah dengan orang yang ahli serta ajukan pertanyaan dan dengarkan jawabannya.
  • Lakukan diskusi online dengan obrolan audio atau obrolan video.
  • Anda bisa merekam audio untuk mencatat informasi.

Untuk tipe pembelajar kinestetik Anda bisa melakukan ini

  • Anda bisa belajar sesuatu dengan menonton video tutorial yang ada di YouTube dan mempraktekkannya.
  • Berlatihlah dan ambil langkah daripada sekedar mendengarkan penjelasan.
  • Perhatikan bagaimana orang lain melakukan sesuatu dan cobalah melakukannya.
  • Untuk membantu mengingat sesuatu, Anda bisa melakukan arahan dan informasi dengan perilaku kinetik yang serupa.

Berlangganan via Email

Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Hosting Unlimited Indonesia