Cara Mengetahui Gaya Belajar yang Sesuai dengan Diri Sendiri

EDUTORIAL ID – Pernahkah kamu bingung bagaimana cara memahami dan mempelajari sesuatu dengan mudah? Sebenarnya, hal ini tergantung bagaimana cara kamu dalam belajar.

Masing-masing orang memiliki gaya belajarnya sendiri dan tidak harus sama dengan orang lain. Mungkin kamu pernah melihat ada orang yang bisa dengan mudah memahami sesuatu hanya dengan membaca buku.

Namun ketika kamu mencoba melakukannya sendiri, ternyata cara tersebut tidak berhasil. Kamu merasa kesulitan untuk memahami dan menghafal informasi dari buku. Justru, ketika mendengarkan versi audio dari buku tersebut, ternyata kamu bisa dengan mudah memahami informasi di dalamnya.

Mengenal gaya belajar yang sesuai dengan diri sendiri bukan sekadar membantumu belajar dengan lebih efektif. Namun juga, hal itu juga membantu kamu dalam membuat keputusan penting seperti memilih jurusan atau pekerjaan.

Sebelum membahas cara mengetahui gaya belajar yang cocok dengan diri sendiri, mari kita bahas terlebih dahulu jenis-jenis gaya belajar.

Jenis-jenis Gaya Belajar

Gaya Belajar Visual

Ketika mendapatkan tugas untuk melakukan sesuatu, kamu mungkin mudah lupa atau kurang paham dengan tugas-tugas yang diberikan. Akan tetapi, ketika tugas diberikan dalam bentuk arahan tertulis, grafik, atau tabel, ternyata kamu bisa dengan mudah memahaminya.

Jika demikian, hal itu berarti kemungkinan besar kamu termasuk tipe pembelajar visual. Kamu belajar melalui penglihatan dan lebih suka semua informasi ditulis yang ada di depanmu.

Gaya Belajar Auditori

Kamu tidak suka mencatat atau belajar dari buku. Kamu malah lebih bisa memahami sesuatu saat diberitahu secara langsung. Selain itu, kamu juga juga lebih suka jika orang lain menjelaskan sesuatu secara lisan.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Menghadapi Kegagalan

Jika demikian, itu artinya kamu adalah tipe pembelajar auditori. Kamu lebih suka bekerja dengan orang lain dengan berbagi ide dan saling berdiskusi secara lisan.

Kalaupun terpaksa harus mendapatkan informasi dari buku, kamu akan membacanya dengan keras atau mengunduh versi audio dari buku tersebut. Selain itu, kamu juga lebih senang belajar melalui podcast, radio, atau video YouTube karena kamu bisa mendengarkan informasi yang disajikan.

Gaya Belajar Kinestetik

Menyibukkan diri dengan tugas adalah cara belajar yang kamu sukai. Selain itu, kamu mudah lupa jika seseorang menjelaskan sesuatu dan kamu juga merasa kesulitan untuk memahami informasi dari teks, bagan atau grafik. Namun, ketika orang lain mengajarimu dengan mempraktikkannya secara langsung, kamu bisa dengan mudah memahaminya.

Jika demikian, itu berarti kamu adalah tipe pembelajar kinestetik. Kamu lebih suka belajar dengan menggerakan tubuh dan lebih suka belajar dari pengalaman daripada sekadar mendengarkan.

Cara Mengetahui Gaya Belajar yang Cocok

Kamu harus tahu gaya belajar apa yang paling sesuai agar bisa belajar lebih efektif. Namun tampaknya, hal itu bukan perkara mudah. Kamu masih saja bingung meski sudah mengetahui jenis-jenis gaya belajar yang baru saja kamu baca.

Ada beberapa hal yang bisa membantumu mengetahui gaya belajar apa yang paling cocok.

1. Mengikuti Tes

Kuesioner bisa membantumu mengetahui gaya belajar yang paling sesuai. Isilah pertanyaan kuesioner tentang bagaimana kamu menerima informasi, menjalani hidup, berinteraksi dengan orang lain, berpartisipasi dalam tugas tertentu, dan lain sebagainya.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut didasarkan atas informasi tentang diri kamu. Penyelenggara tes bisa memberitahu bagaimana cara otakmu bekerja.

Mempraktekkan Masing-Masing Gaya Belajar dan Menganalisis Mana yang Paling Cocok

Setelah mengetahui jenis-jenis gaya belajar, cobalah praktekkan semua gaya belajar tersebut. Perhatikan dan pantau sejauh mana efektivitas dari masing-masing gaya belajar yang coba kamu lakukan. Hal itu berarti kamu menguji diri sendiri untuk mengetahui gaya belajar apa yang paling sesuai.

Baca Juga:  Cara Mendapatkan Teman Baru Agar Tidak Kesepian

Coba belajarlah dengan mendengarkan, lalu amati tingkat penguasaan dan pemahamanmu. Lakukan hal yang sama dengan melihat informasi visual seperti tabel, teks, dan grafik; serta perhatikan bagaimana orang lain melakukan sesuatu dan cobalah untuk mempraktikkannya.

Bagi tipe pembelajar visual, kamu bisa lakukan ini

  • Bacalah buku, perhatikan grafik, tonton video yang menjelaskan sesuatu secara visual.
  • Catatlah informasi dan aturlah menggunakan bagan, tabel, dan warna dan pastikan itu mudah dibaca.

Bagi tipe pembelajaran auditori, kamu bisa lakukan ini

  • Bicaralah dengan orang lain dan dengarkan penjelasan mereka, Cobalah berkonsultasi dengan orang yang ahli serta ajukan pertanyaan dan dengarkan jawabannya.
  • Lakukan diskusi online dengan obrolan audio atau obrolan video.
  • Kamu bisa merekam audio untuk mencatat informasi.

Bagi tipe pembelajar kinestetik, kamu bisa lakukan ini

  • Kamu bisa belajar sesuatu dengan menonton video tutorial yang ada di YouTube, lalu mempraktikkannya.
  • Berlatihlah dan ambil langkah daripada sekadar mendengarkan penjelasan.
  • Perhatikan bagaimana orang lain melakukan sesuatu dan cobalah melakukannya sendiri.
  • Untuk membantu mengingat sesuatu, kamu bisa melakukan arahan dan melakukan gerakan yang serupa.

Nah, itu tadi penjelasan tentang cara mengetahui gaya belajar yang sesuai dengan diri sendiri. Semoga bermanfaat!!

Referensi
https://www.arageek.com/edu/whats-your-learning-style

Subscribe
Notifikasi

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar