Cara Menulis Arab di Word

Menulis Arab di microsoft Word memang lebih ribet daripada menulis latin. Terutama bagi orang yang belum pernah melakukannya. Namun bagi yang sudah mahir, menulis Arab di word terasa mudah, semudah menulis latin.

Manambahkan Bahasa Arab di Windows 8.1

Untuk bisa mengetik huruf Arab di Word, harus dipersiapkan dulu pengaturan bahasa di Windows. Berikut ini langkah-langkah menambahkan huruf Arab di windows 8.1. Untuk versi windows lainnya, silakan disesuaikan. Ikuti Langkah-langkah berikut ini:

  1. Pada pojok kanan bawah layar desktop, ada tulisan ENG atau IND atau yang lain tergantung preferensi bahasa apa yang sedang Anda gunakan, klik tulisan tersebut!
language preference
  1. Setelah itu klik Language preferences.
language preferences windows 8.1
  1. Klik Add Language
Add language windows 8.1
  1. Pilih Arabic, lalu klik Open.
bahasa Arab windows 8.1
  1. Setelah itu akan tampil macam-macam varian bahasa Arab berdasarkan regional. Pilih salah satu, dalam hal ini saya pilih Arabic (Egypt). Lalu klik Add.
varian regional bahasa Arab windows 8.1
  1. Sekarang bahasa Arab sudah terpasang di komputer Anda. Anda bisa mengetik Arab di Word, Excel, Notepad, Browser, dan di manapun di komputer Anda.
bahasa arab sudah ditambahkan di windows 8.1

Selain bisa lewat language preferences di pojok kanan bawah desktop, cara menambahkan bahasa juga bisa lewat control panel. Caranya, klik Control Panel -> pilih Clock, Language, and Region -> Pilih Language -> Pilih Add Language. Selanjutnya caranya sama seperti di atas.

Cara Mengetik Arab di Microsoft Word

Setelah bahasa Arab berhasil ditambahkan di komputer Anda, selanjutnya Anda bisa mengetik tulisan Arab di microsoft word. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka microsoft word
  2. Untuk bisa mengetik Arab, pilih dulu preferensi bahasa Anda. Caranya klik tulisan IND atau ENG atau yang lainnya tergantung preferensi bahasa Anda sebelumnya. Selanjutnya pilih Arabic sampai tulisannya berubah menjadi ع atau AR.
memilih bahasa Arab di windows 8.1
  1. Supaya lebih cepat, Anda bisa mengganti preferensi bahasa dan beralih dari bahasa satu ke bahasa lainnya dengan kombinasi tombol windows+spasi.
  2. Karena huruf Arab ditulis dari kanan ke kiri. Silakan atur right to left di microsoft word. Caranya pada menu home, klik icon yang saya lingkari merah berikut:
Baca Juga:  Cara Mengirim Pulsa Sesama Tri
right to left microsoft word
  1. Gunakan font yang didesain untuk mengetik Arab seperti Traditional Arabic, Arabic Typesetting, atau font lainnya. Sebenarnya menggunakan font standar seperti Calibry atau Times New Roman juga bisa, tetapi menurut saya hasilnya kurang cocok untuk pengetikan Arab.
  2. Selanjutnya, Anda bisa mengetik Arab dengan menekan tombol di keyboard. Untuk mengetahui tata letak huruf Arab, Anda bisa menggunakan On screen Keyboard. Cara lainnya yaitu dengan menempelkan sticker tombol Arab pada keyboard. Sticker keyboard Arab bisa Anda beli di toko-toko online. Saya pribadi tidak memasang sticker keyboard Arab, karena sebetulnya tata letak huruf Arab bisa dihafal dengan mudah, caranya sering-seringlah mengetik Arab di komputer.
  3. Sebaiknya perbesar ukuran huruf. Karena jika tidak, huruf akan terlihat kekecilan.
  4. Untuk mengetik harakat atau huruf lainnya. Anda bisa menggunakan kombinasi tombol shift dan tombol lainnya. Misalnya untuk mengetik إ, caranya tekan shift+Y; Untuk menambahkan harakat fathah َ caranya tekan shift+Q, dan seterusnya.
  5. Ada satu lagi yang kurang. Jika Anda mengetik angka, angka yang ditampilkan ternyata belum Arab. Untuk menampilkan angka Arab di microsoft word. Caranya klik File -> klik Option -> klik Advanced -> pada show document content bagian numeral, pilih context -> selanjutnya klik OK.
menampilkan angka Arab di microsoft word

Subscribe
Notifikasi
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar