contoh hewan arthropoda serangga

Contoh Hewan Arthropoda (Hewan Beruas)

Membicarakan tentang contoh hewan arthropoda, tentu contohnya banyak sekali. Arthropoda memiliki anggota yang sangat banyak dan beraneka ragam seperti laba-laba, kelabang, udang, dan serangga. Di antara kelompok arthropoda tersebut, kelompok yang jumlahnya paling banyak adalah serangga.

Arthropoda adalah hewan yang mempunyai kaki yang beruas-ruas atau berbuku-buku dan tubuh bersegmen. Jadi hewan arthropoda memiliki ciri kaki dan tubuh yang bertumpuk seperti buku atau bersusun, itulah yang membedakan arthropoda dengan hewan dari filum yang lain. Segmen pada tubuh arthropoda biasanya bersatu menjadi dua atau tiga area yang jelas, anggota tubuhnya bersegmen berpasangan, simetris bilateral dan tergolong triploblastik selomata (berongga tubuh sejati). Tubuh arthropoda dilindungi oleh rangka luar atau eksoskeleton. segmen pada tubuh arthropoda dibagi menjadi bagian kepala (kaput), dada (toraks) dan perut (abdomen).

Berikut adalah beberapa contoh hewan arthropoda yang dikelompokkan berdasarkan kelasnya.

Contoh hewan arthropoda dari kelas arachnoidea

contoh hewan arthropoda laba laba
pixabay.com

Arachnoidea merupakan arthropoda yang hidup di darat dan hidup bebas sebagai karnivora atau parasit.

Contoh arthropoda dari kelas ini antara lain:

  • Berbagai jenis laba-laba seperti tarantula, laba-laba serigala, laba-laba Huntsman, laba-laba black widow, laba-laba peloncat, laba-laba gudang, laba-laba kepiting, laba-laba pengembara, laba-laba pemancing, laba-laba perawat, dan lain sebagainya.
  • Berbagai jenis kalajengking dan ketonggeng seperti kalajengking hutan raksasa dan kalajengking kayu kecil.
  • Beberapa jenis kutu, caplak, dan tungau seperti caplak kudis dan caplak penghisap darah. Kutu ada yang masuk ke dalam kelas arachnoidea dan kelas insecta. Untuk membedakannya kita bisa melihat jumlah kakinya, jika kakinya ada empat pasang atau delapan makan masuk dalam kelas arachnoidea sedangkan jika jumlah kakinya ada tiga pasang atau enam maka masuk ke dalam kelas insecta. Ada juga kutu yang masuk ke dalam kelas crustacea yaitu kutu air. Semua itu disebut kutu karena ukuran yang sangat kecil.

Contoh hewan arthropoda dari kelas myriapoda

kelabang
pixabay.com

Myriapoda adalah kelas arthropoda yang memiliki kaki banyak. Hewan arthropoda dari kelas ini adalah kaki seribu dan kelabang.

Contoh hewan arthropoda dari kelas crustacea

crustacea
pixabay.com

Crustacea adalah hewan arthropoda yang memiliki eksoskeleton dari kulit tubuh yang keras. Hewan arthropoda dari kelas crustacea yang paling umum adalah udang dan kepiting.

Contoh hewan arthropoda dari kelas insecta

contoh hewan arthropoda serangga
pixabay.com

Insekta atau serangga adalah hewan arthropoda yang memiliki ciri memiliki kaki berjumlah enam. Hewan-hewan arthropoda dari kelompok insecta sangat banyak antara lain: kumbang, semut, lalat, lebah, nyamuk, kupu-kupu, belalang, ngengat, rayap, capung, kecoak, jangkrik, kepik, kutu, serangga sisik, undur-undur, serangga sayap jala, dan lain sebagainya.

Demikianlah beberapa contoh hewan arthropoda yang dikelompokkan berdasarkan kelasnya. kita bisa mengenali hewan arthropoda karena ciri-cirinya yang cukup jelas yaitu kaki yang beruas-ruas atau berbuku-buku dan tubuh yang bersegmen.

Referensi:
sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id
https://id.wikipedia.org/wiki/Artropoda

Berlangganan via Email

Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar