contoh hewan mollusca gastropoda siput
Biologi Pengetahuan Alam

Contoh Hewan Mollusca (Hewan Bertubuh Lunak)


Mollusca adalah hewan yang bertubuh lunak. Karena tubuhnya lunak, biasanya tubuh mollusca dilindungi oleh cangkang. Namun ada juga mollusca yang tidak mempunyai cangkang. Dari penjelasan tersebut, dapatkah kamu menyebutkan contoh hewan mollusca?

Contoh hewan yang termasuk mollusca bisa dengan mudah kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari terutama bagi orang yang suka menyantap seafood. Cumi-cumi sotong dan gurita adalah contoh hewan mollusca yang sering dimakan manusia. Tidak hanya 3 hewan itu, contoh hewan mollusca masih banyak lagi. Hewan mollusca yang hidup di air baik itu air laut, air tawar atau air payau; dan ada pula yang hidup di darat. Contoh mollusca yang hidup di darat adalah bekicot.

Baca Juga: Contoh Hewan Ovovivipar (Bertelur-melahirkan)

Berikut adalah beberapa contoh hewan mollusca:

Kerang

kerang
kerang via pixabay.com

Kerang adalah hewan yang memiliki sepasang cangkang untuk melindungi tubuhnya yang lunak. Di antara kedua cangkang terdapat semacam engsel dari ligamen untuk membuka dan menutup cangkang. Makanan kerang berupa plankton. Kerang memakan plankton dengan cara menyaringnya. Cumi-cumi dan hiu merupakan predator kerang. Pada waktu muda semua kerang adalah jantan. Seiring bertambahnya usia kerang ada yang menjadi betina dan ada yang tetap jantan.

Siput

contoh hewan mollusca gastropoda siput
siput via pixabay.com

Siput adalah anggota mollusca dari kelas gastropoda. Artinya siput menggunakan perutnya untuk berjalan. Siput mempunyai cangkang bergelung tetapi ada juga siput yang tidak mempunyai cangkang seperti siput telanjang yang dalam bahasa Jawa disebut dengan resrespo. Siput sebenarnya istilah umum untuk mollusca dari kelas gastropoda. Jadi sebenarnya masih bisa dibagi-bagi lagi menjadi jenis yang lebih kecil seperti bekicot, siput kebun, siput laut, dan siput air tawar.

Cumi-cumi

cumi cumi
cumi cumi via pixabay.com

Cumi-cumi adalah hewan mollusca dari kelas cephalopoda. Artinya cumi-cumi memiliki kaki yang ada di kepala. Kalau kita lihat, cumi-cumi memang memiliki banyak kaki yang mengelilingi kepalanya.

Sotong

sotong
sotong via unsplash.com

Sama seperti cumi-cumi, sotong juga termasuk mollusca dari kelas cephalopoda. Perbedaannya dengan cumi-cumi yaitu sotong memiliki tubuh yang pipih sedangkan cumi-cumi memiliki tubuh berbentuk silinder. Di samping itu cangkang sotong terdiri dari kapur yang keras sementara cangkang pada cumi-cumi lunak.

Baca Juga: Contoh Hewan Vertebrata (Bertulang Belakang)

Gurita

gurita
gurita via pixabay.com

Sama seperti cumi-cumi dan sotong, gurita juga termasuk hewan mollusca dari kelas cephalopoda. Gurita mempunyai delapan lengan. Pada delapan lengan tersebut terdapat bulatan-bulatan penghisap berbentuk cekung yang digunakan untuk bergerak di dasar laut dan menangkap mangsa. Gurita tidak memiliki cangkang dalam atau tulang sebagaimana sotong dan cumi-cumi. Paruh adalah bagian tubuh gurita yang paling keras dan berguna sebagai rahang untuk membunuh mangsanya dan menggigit mangsa tersebut.

Chiton SP

chiton
chiton via pxhere.com

Chiton SP adalah contoh hewan mollusca dari kelas polyplacophora. Tubuh chiton SP berbentuk bulat telur pipih berwarna gelap dan simetris bilateral. Chiton SP memiliki cangkang yang tersusun seperti atap. Chiton SP bisa kita temukan melekat pada batu di sepanjang pantai ketika pasang surut.

Dentalium vulgare

scaphopoda
scaphopoda via wikipedia.org

Dentalium vulgare adalah contoh hewan mollusca dari kelas scaphopoda. Dentalium vulgare hidup di laut atau pantai berlumpur. Dentalium vulgare memiliki cangkang yang tajam dan berbentuk seperti terompet atau taring.

Kelinci laut atau nudibranch

contoh hewan mollusca gastropoda nudibranch
nudibranch via pixabay.com

Nudibranch adalah salah satu hewan mollusca dari kelas gastropoda. Nudibranch merupakan hewan laut yang cantik karena warnanya yang mencolok dan beragam. Nudibranch sering disebut dengan nama kelinci laut. Nudibranch sendiri memiliki arti insang yang terbuka.

Referensi:
Wikipedia


Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar