contoh hewan ovovivipar: hiu putih

Contoh Hewan Ovovivipar (Bertelur-melahirkan)

Contoh Hewan Ovovivipar – Ovovivipar adalah perkembangbiakan hewan secara generatif dengan bertelur-melahirkan. Maksudnya hewan tersebut bertelur tetapi telurnya masih ada di dalam tubuh induknya. Setelah menetas, anak hewan tersebut keluar dari tubuh induknya sehingga terlihat seperti melahirkan.

Perbedaan perkembangbiakan secara ovovivipar (bertelur-melahirkan) dan ovipar (bertelur) adalah pada ovipar telur dikeluarkan dari tubuh induknya sehingga kita bisa melihat dengan jelas telur tersebut dan keluarnya hewan dari telur tersebut. Sedangkan pada ovovivipar telur ada di dalam tubuh induk sampai menetas sehingga terlihat kalau anak hewan itu dilahirkan oleh induknya.

Perbedaan ovovivipar dan vivipar adalah pada vivipar embrio berkembang didalam rahim induknya dan mendapatkan makanan dari tubuh induknya melalui plasenta. Sedangkan pada ovovivipar, embrio berkembang di dalam telur dan mendapatkan makanan dari telur tersebut.

Setelah mengetahui apa itu ovovivipar dan perbedaannya dengan ovipar dan vivipar, sekarang mari kita pelajari hewan apa saja yang berkembang biak dengan cara ovovivipar. Berikut adalah contoh hewan pisang berkembang biak dengan cara ovovivipar:

1. Kuda laut

kuda laut
pixabay.com

Perkembangbiakan pada kuda laut cukup unik. Hal itu karena bukan kuda laut betina yang mengandung dan melahirkan bayinya akan tetapi kuda laut jantan lah yang mengandung dan melahirkan bayinya. Bagaimana itu bisa terjadi?

Kuda laut betina mengeluarkan dan menaruh telur telurnya di dalam kantong kuda laut jantan. lalu kuda laut jantan membuahi telur-telur tersebut dan mengandung telur telur tersebut di dalam kantung nya sampai telur-telur itu menetas. Setelah menetas, anak-anak kuda laut keluar dari kantong kuda laut jantan.

Seperti itulah perkembangbiakan pada kuda laut. perkembangbiakan tersebut merupakan perkembangbiakan secara ovovivipar atau bertelur-melahirkan. Karena kuda laut tersebut bertelur tapi telurnya berada di dalam tubuh induknya meskipun itu jantan.

2. Ikan hiu

ikan hiu
pixabay.com

Sebenarnya spesies ikan hiu sangat beragam. Tidak semua ikan hiu berkembang biak dengan cara ovovivipar. Ikan hiu ada yang berkembang biak dengan cara ovipar, vivipar, dan ovovivipar. Contoh ikan hiu yang berkembang biak dengan cara ovovivipar adalah hiu putih.

Ikan hiu yang berkembang biak dengan cara ovovivipar, menyimpan telur di dalam tubuhnya sehingga telur tersebut aman dari predator. Embrio berkembang di dalam telur sampai menetas. Setelah menetas bayi tersebut dilahirkan oleh induknya.

3. Ikan pari

ikan pari
pixabay.com

Ikan pari berkembang biak dengan cara ovovivipar. Induk ikan pari menyimpan embrio didalam rahim tanpa plasenta. Sebagai gantinya, embrio mendapatkan nutrisi dari kantong kuning telur. Kakak kandung nya habis, sang induk memberikan susu uterus. Setelah anak ikan pari lahir, mereka biasanya lepas dari induknya dan berenang. Anak-anak ikan pari tersebut setelah lepas dari tubuh induknya mempunyai insting untuk melindungi dan memberi makan diri mereka sendiri. Namun dalam beberapa spesies ikan pari seperti ikan pari air tawar raksasa, sang induk merawat anak-anaknya dengan mengajak berenang bersama-sama sampai anak-anak ikan pari tersebut tumbuh sebesar sepertiga ukuran tubuhnya.

4. Beberapa jenis ular

ular boa
pixabay.com

Ada beberapa jenis ular yang berkembang biak dengan cara ovovivipar contohnya yaitu ular boa. Sebagian besar spesies ular dalam famili boidae bereproduksi dengan cara ovovivipar atau bertelur-melahirkan. Hal ini berbeda dengan ular sanca yang keseluruhannya berkembang biak dengan cara ovipar atau bertelur.

5. Beberapa jenis kadal

kadal
pixabay.com

Sebagian besar kadal berkembang biak dengan cara ovipar atau bertelur. Namun ada beberapa jenis kadal kurang lebih 20% spesies yang berkembang biak dengan cara ovovivipar atau bertelur melahirkan. Saat kadal melahirkan, biasanya bagian tubuh yang muncul terlebih dahulu adalah ekor. Jenis kelamin kadal yang lahir di pengaruhi oleh suhu dimana ia dilahirkan.

6. Beberapa jenis salamander

salamander
pixabay.com

beberapa spesies salamander seperti salamander api berkembang biak dengan cara ovovivipar. Induk betina menyimpan dan mempertahankan telur di dalam tubuh sampai menetas.

7. Lalat daging

lalat daging
wikipedia.org

Lalat daging berbeda dari lalat pada umumnya karena belatung lalat daging menetas secara ovovivipar.

Itulah beberapa contoh hewan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar atau bertelur melahirkan. Memang jika dibandingkan dengan hewan ovipar dan vivipar, hewan ovovivipar memiliki jumlah yang lebih sedikit.

Referensi: Wikipedia

Berlangganan via Email

Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar