contoh hewan vertebrata

Contoh Hewan Vertebrata (Bertulang Belakang)

Contoh Hewan Vertebrata – Hewan dapat dibedakan menjadi hewan vertebrata dan hewan invertebrata. Hewan vertebrata adalah hewan yang mempunyai tulang belakang sedangkan invertebrata adalah hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Kalau kamu masih bingung tulang belakang itu apa, kamu bisa mengecek punggungmu sendiri, ada tulang memanjang dari leher sampai tulang ekor itulah yang disebut tulang belakang atau tulang punggung.

Tidak semua hewan mempunyai tulang belakang. Hewan yang mempunyai tulang belakang disebut dengan hewan vertebrata. Vertebrata sendiri merupakan salah satu subfilum dari chordata dan merupakan sebelum terbesar chordata.

Ada banyak sekali hewan yang mempunyai tulang belakang. Dari semua hewan-hewan yang memiliki tulang belakang, semuanya dikelompokkan menjadi di lima kelas yaitu: ikan (pisces), amfibi, reptil, burung (aves), dan mamalia.

Berikut adalah contoh hewan vertebrata yang dikelompokkan berdasarkan kelasnya:

Contoh hewan vertebrata dari kelas pisces

Ikan adalah hewan vertebrata yang berdarah dingin dan hidup di air serta bernapas dengan insang. ikan memiliki jenis yang bermacam-macam. Jumlah spesies ikan cukup banyak lebih dari 27.000 di seluruh dunia.

Contoh hewan vertebrata dari kelas Pisces antara lain: ikan koi, ikan cupang, ikan hiu, ikan pari, ikan tuna, ikan mas, ikan gupy, dan masih banyak lagi. Semua ikan baik itu ikan air tawar dan ikan air laut adalah contoh hewan vertebrata atau hewan yang memiliki tulang belakang.

Contoh hewan vertebrata dari kelas amfibi

Amfibi adalah hewan yang hidup di dua alam yakni di darat dan di air.

Contoh hewan vertebrata dari kelas amfibi antara lain: katak tomat, katak sejati, katak beracun, kodok sejati, katak hantu, katak Australia, kodok merah, sesilia (ulo duwel), dan salamander, dan lain sebagainya.

Bicara soal katak dan kodok, tahukah kamu apa perbedaan antara katak dan kodok? Perbedaannya adalah katak memiliki ciri-ciri seperti kulitnya nya halus, kaki berselaput, tidak memiliki cakar, panjang, pandai melompat, dan lain-lain. Sedangkan kodok memiliki ciri-ciri seperti kulitnya kasar dan berbintil, kaki tidak berselaput atau selaput nya kecil, pendek, memiliki cakar, tidak pandai melompat, dan lain-lain.

Contoh hewan vertebrata dari kelas reptil

Reptil yaitu binatang melata. Kita bisa mengenali reptil dengan cara melihat cara berjalannya yang melata atau merayap.

Beberapa hewan vertebrata dari kelas reptil antara lain:

  • Berbagai jenis buaya seperti buaya irian, buaya air asin, buaya Kuba, buaya siam, dan lain sebagainya.
  • Alligator, aligator mirip buaya akan tetapi sebenarnya berbeda. Perbedaan antara aligator dan buaya bisa dilihat dari mulut dan giginya. aligator memiliki mulut yang lebih beber serta bibir yang tampak rapi menutupi gigi. Sementara mulut buaya bentuknya agak memanjang dan berbentuk huruf v, penyebab terlihat gigi yang keluar dari bibir meskipun mulutnya tertutup.
  • Berbagai jenis kadal seperti bunglon, tokek, iguana, biawak, cicak, cicak terbang, dan lain-lain.
  • Berbagai jenis kura-kura dan penyu seperti kura-kura kaki merah, kura-kura raksasa aldabra, kura-kura Galapagos, penyu hijau, penyu sisik, penyu belimbing, bulus, dan lain sebagainya.
  • Dan lain sebagainya

Contoh hewan vertebrata dari kelas aves

Burung adalah hewan vertebrata yang mempunyai bulu dan sayap. Sebenarnya hewan-hewan yang bersayap dan memiliki bulu meskipun tidak bisa terbang seperti ayam dan pinguin juga termasuk jenis burung.

Beberapa hewan vertebrata dari kelas aves antara lain: ayam, burung cendrawasih, elang, burung kakak tua, burung kutilang, burung merpati, burung unta, bebek, angsa, penguin, burung pelikan, itik, dan lain sebagainya.

Contoh hewan vertebrata dari kelas mamalia

Mamalia adalah binatang menyusui yang memiliki kelenjar susu, memiliki rambut, dan berdarah panas. Sebenarnya bulu yang ada pada kucing, kambing, dan sapi itu dalam ilmu biologi disebut rambut bukan bulu. Bulu hanya ditemukan pada burung.

Beberapa hewan vertebrata yang termasuk kelas mamalia antara lain: kucing, sapi, kanguru, beruang, harimau, panda, dan lain sebagainya. Contoh mamalia yang hidup di air yaitu lumba-lumba. Lumba-lumba bukankah ikan tetapi lumba-lumba adalah mamalia. Ada juga mamalia yang bisa terbang yaitu kelelawar. Ada juga mamalia tetapi bertelur yaitu platypus. Walaupun bertelur, platipus adalah karena menyusui anaknya.

Demikianlah pembahasan tentang contoh hewan vertebrata atau hewan bertulang belakang dari 5 kelas. Hewan vertebrata memang sangat beragam. Ada ikan, burung, amfibi, binatang melata, binatang menyusui.

Berlangganan via Email

Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar